Sukses


Timnas Portugal Tak Lagi Bergantung kepada Cristiano Ronaldo

Bola.com, Jakarta - Timnas Portugal kerap bergantung dengan sang kapten, Cristiano Ronaldo. Namun kini, Portugal tetap memperlihatkan performa impresif meski tak diperkuat Ronaldo.

Hal itu terlihat ketika A Selecao menjuarai Piala Eropa 2016. Menjalani laga final kontra Prancis, Cristiano Ronaldo terpaksa ditarik keluar karena cedera. Dia hanya bisa mendukung rekan-rekannya dari tepi lapangan, yang berakhir dengan kemenangan 1-0 untuk Timnas Portugal.

CR7 pertama kali memperkuat Portugal di turnamen internasional pada 2004 silam. Dia masih 19 tahun, bukan bintang utama, dan harus belajar dari nama-nama top seperti Luis Figo, Rui Costa, dan Deco.

10 tahun berselang, Ronaldo memimpin Portugal sebagai kapten di ajang Piala Dunia 2014. Pada saat itu, Portugal sudah sangat bergantung dengannya. Ronaldo hampir tidak pernah absen.

Ketergantungan itu tidak salah, bagaimanapun Cristiano Ronaldo merupakan pemain terbaik di dunia, tetapi tidak sepenuhnya benar pula. Dampak buruknya adalah Portugal main buruk setiap kali Ronaldo tidak bisa turun.

Kini, Portugal telah melewati masa-masa sulit tersebut. Sang pelatih, Fernando Santos, boleh percaya diri mencadangkan Cristiano Ronaldo ketika situasinya tidak mendukung dan timnya yang turun di lapangan akan tetap tangguh.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Miliki Penyerang Muda Berkualitas

Santos punya beberapa penyerang muda yang mulai memukau seperti Diogo Jota, Bruno Fernandes, Joao Felix, Fernando Silva, bahkan Trincao.

Ronaldo memang masih ada dan masih penting. Namun kini, dia bisa berbagi beban mencetak gol dan beban menang. Dia tidak sendiri membidik trofi mayor lainnya untuk Portugal.

Dua tahun terakhir, Portugal pun terbukti bisa main apik tanpa Ronaldo. Mereka mencapai semifinal UEFA Nations League 2019 tanpa Cristiano Ronaldo, yang baru bermain di semifinal dan final.

Lalu musim ini, Timnas Portugal bisa terus menang ketika kehilangan Ronaldo beberapa pertandingan karena virus corona. Portugal menang, bukti bahwa tidak lagi bergantung hanya pada Ronaldo.

Sumber: Sportskeeda

Disadur dari: Bola.net (Penulis: Richard Andreas/Published: 13/11/2020)

Video Populer

Foto Populer