Sukses


15 Quotes Legendaris Diego Maradona dari Masa Kecil hingga Sebelum Menutup Mata

Bola.com, Jakarta - Diego Maradona telah meninggal dunia akibat henti jantung pada usia 60 tahun, Rabu (25/11/2020). 

Kehebatan Maradona tidak pernah diragukan. Marca merangkum kutipan-kutipan sang legenda, yang mengiringi perjalanan kariernya dari Argentina. 

Sepanjang kariernya, Maradona tidak pernah takut untuk mengatakan apa yang dia pikirkan.

Karier pemilih nomor punggung 10 yang legendaris itu berlangsung selama 21 tahun. Sampai saat ini, dia masih dihormati di Argentina dan seluruh dunia.

Berikut adalah beberapa kutipan paling terkenal dari Maradona:

"Bagi saya, bermain sepak bola, memberi saya kedamaian yang unik. Masalahnya adalah mengejarnya, memilikinya, bermain. Saya selalu memiliki perasaan itu. Beri saya bola dan biarkan saya melakukan apa yang saya tahu, di mana saja," inilah satu di antara kutipan Diego Maradona yang paling terkenal.

Video

2 dari 11 halaman

Masa Kecil di Los Cebollitas

Diego Maradona mengawali karier junior di Estella Roja pada 1968, lalu Los Cebollitas pada 1970.

"Dengan Los Cebollitas, kami mengalahkan semua orang yang menghadapi kami. Kami memainkan 136 pertandingan tanpa kalah. Oh, bagaimana kami bermain! Dan mereka sudah mengambil foto saya."

"Saya masuk pada awal babak kedua. Di tepi lapangan, (Juan Carlos) Montes berkata kepada saya, 'Pergilah, Diego, bermainlah seperti yang Anda tahu ... dan jika Anda bisa, lakukan. Saya mendengarkannya: Saya menerima bola pertama dengan punggung membelakangi Juan Cabrera, saya mengelabuhinya dan meletakkan bola di antara kedua kakinya. Bola itu masuk gawang dan saya mendengar 'Oooole' dari para penggemar"

Dia melakukan debut bersama Argentinos Juniors melawan Talleres pada 20 Oktober 1976, 10 hari sebelum ulang tahunnya yang ke-16.

3 dari 11 halaman

Piala Dunia U-20 1979

"Saya pikir saya bisa bermain di Piala Dunia 1978. Saya banyak menangis. Saya tidak dan tidak akan pernah memaafkan [Cesar Luis] Menotti, tapi saya tidak pernah membencinya. Saya telah mempersiapkan diri untuk pertandingan ulang. Dan di Jepang saya melakukannya."

"Loco Gatti, hal yang buruk. Dia mengatakan bahwa saya seorang yang gemuk. Saya tidak tahu bahwa kemarahan adalah bahan bakar saya. Jorge Cyterszpiler meminta saya untuk mencetak dua gol dan saya berkata, 'Tidak, saya akan mencetak empat'. Saya mencetak empat."

Maradona mencetak enam gol di Piala Dunia U-20 1979, termasuk dua gol ke gawang Timnas Indonesia. Ia menjadi pemain terbaik dalam ajang itu.

4 dari 11 halaman

Boca Juniors

Maradona bergabung dengan raksasa Argentina, Boca Juniors pada 1981.

"Pindah ke Boca adalah keinginanku. Boca bahkan tidak punya sup untuk membayarku! Warna apa, demi Tuhan!"

5 dari 11 halaman

Piala Dunia 1982

"Piala Dunia pertamaku dimulai dengan buruk, sangat buruk. Dan begitulah berakhirnya juga. Claudio Gentile terus membayangiku, tapi bagaimana dia melakukan itu! Bertahun-tahun kemudian, Gentile mengaku kepadaku bahwa dengan wasit yang bagus, dia tidak akan berada di lapangan lebih dari 20 menit. Dia menendang saya! "

"Momen paling menyakitkan dalam karier saya. Ditandu, cedera. Saya sudah tahu, saya sudah tahu. Saya merasakan kebisingan setelah Andoni Goikoetxea masuk. Suara kayu pecah. Dan sakitnya, mengerikan. Tidak ada yang membayangkan bahwa tiga bulan kemudian saya kembali ke lapangan."

6 dari 11 halaman

Barcelona

"Josep Lluis Nunez adalah penyebab dari semua yang terjadi di Barcelona, satu-satunya penyebab. Orang itu tidak pernah menerima bahwa dia tidak pernah bisa lebih penting dari seorang pesepak bola. Dan dia menganiaya saya, seperti orang lain."

Maradona memperkuat Barcelona pada 1982-1984.

7 dari 11 halaman

Tahun Emas di Napoli

"Ketika saya tiba di Naples, saya berada di titik nol dan terkerat uutang. Saya melakukan apa saja. Tahun-tahun saya di Italia spektakuler. Ketika saya mendarat, saya menemukan bahwa di musim sebelumnya Napoli telah diselamatkan dari degradasi dengan satu poin. Itulah mengapa tidak ada yang percaya pada saya ketika saya mengatakan kami akan menjadi juara. Saya mewujudkannya di musim 86/87. Pesta di San Paolo tak terlupakan."

8 dari 11 halaman

Piala Dunia 1986

"Momen terindah dalam karir saya, yang paling indah. Ketika saya berada di sana, dengan Piala Dunia di tangan saya [tahun 1986], saya merasa bahwa saya menyentuh langit. Bahwa semua impian saya menjadi kenyataan. Dan saya juga memikirkan betapa bahagianya semua orang Argentina itu. Terlepas dari segalanya, saya mengatakannya. Itu adalah tim yang dianiaya. Tapi itu tim nasional saya; milik saya dalam segala hal."

9 dari 11 halaman

Gol Tangan Tuhan

Maradona melewati lima pemain Inggris di Piala Dunia 1986, lalu menyambut bola umpan lambung dengan tangannya.

"Tangan Tuhan. Bahkan fotografer tidak bisa melihat apa yang terjadi. Dan [Peter] Shilton, yang melompat dengan mata tertutup, tersinggung dan tidak mengundang saya ke pertandingan testimonialnya. Saya merasa bahwa saya mencuri dompet Inggris setelah perang Falkland"

“Apa lagi yang bisa saya katakan tentang gol itu. Sederhananya: Saya memimpikannya, ketika saya bahkan tidak memiliki sepatu untuk dipakai. Dan saya melakukannya di Piala Dunia, melawan Inggris. Saya mulai kembali ke sana, di tengah lapangan. Dan kemudian saya melewati satu, lalu satu lagi, lalu yang lain dan saya memasukkan bola."

10 dari 11 halaman

Akhir Karier di Klub

"Kembali ke Boca seperti melahirkan setelah 14 tahun hamil."

11 dari 11 halaman

Saat Pandemi Terjadi, Sebelum Menutup Mata..

"Saya tidak mau apa-apa. Saya hanya ingin virus corona hilang dari dunia ini." 

"Saya ingin dia meninggalkan semua orang dalam damai, terutama negara-negara di mana orang-orang dan anak-anak itu begitu miskin sehingga mereka bahkan tidak bisa membela diri."

 

Sumber: Marca, Il Corriere dello Sport

Video Populer

Foto Populer