Sukses


3 Gol Kontroversial ala Tangan Tuhan Diego Maradona, Salah Satunya Dicetak Lionel Messi

Bola.com, Jakarta - Sepanjang kariernya di lapangan hijau, Diego Armando Maradona menciptakan banyak keajaiban. Kaki kiri legenda asal Argentina ini sukses menghadirkan sihir di lapangan hijau. Namun, bukan hanya kaki kiri yang membuat Maradona tenar. Sepanjang kariernya, Maradona juga dikenal dengan sebutan Si Tangan Tuhan.

Julukan ini bukan tanpa alasan. Semua berawal dari gol yang dicetak Maradona ke gawang Timnas Inggris, yang dikawal Peter Shilton, pada laga Perempat Final Piala Dunia 1986. Bukan menggunakan kaki atau kepala, golnya ini dicetak dengan tangan, tepatnya tangan kirinya.

Gol handsball ini tentu bukan yang pertama dalam sejarah sepak bola. Namun, saking tenarnya gol tersebut, gol-gol handsball yang hadir setelahnya, kerap disebut sebagai gol Tangan Tuhan.

"Gol ini sedikit karena kepala saya, dan sebagian karena tangan Tuhan," aku Maradona usai laga tersebut.

Ada sejumlah gol dengan tangan lain yang tercipta setelah gol Tangan Tuhan yang dicetak Maradona. Bukan hanya oleh pesepak bola semenjana, sejumlah pemain bintang pun tertangkap basah mencetak gol dengan tangan seperti Maradona.

Siapa saja para pemain bintang yang berusaha mencetak 'gol Tangan Tuhan' seperti Diego Maradona? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

Video

2 dari 4 halaman

Paul Scholes

Paul Scholes dikenal sebagai pemain yang memiliki umpan akurat. Selain itu, gelandang Manchester United ini juga memiliki sepakan keras dan terarah. Banyak gol tercipta melalui sepakan-sepakan jarak jauhnya.

Namun, selain melalui sepakan, Scholes juga pernah berusaha mencetak gol melalui tangannya. Menerima umpan silang Wes Brown pada laga Piala Super UEFA 2008, Scholes menyambut bola dan mengarahkannya dengan tangan ke gawang Zenit Saint Petersburg.

Bola memang masuk ke gawang Zenit. Namun, wasit Claus Bo Larsen menganulir gol tersebut dan memberi Scholes kartu kuning keduanya. Dalam pertandingan tersebut, United harus menelan kekalahan 1-2 dari Zenit.

3 dari 4 halaman

Raul Gonzales

Pangeran Madrid, Raul Gonzalez pun pernah mencetak gol dengan menggunakan tangannya. Gol ini ia cetak pada laga Grup D Liga Champions 2000/2001 kontra Leeds United.

Dalam pertandingan yang dihelat di Santiago Bernabeu, 6 Maret 2001, kedua tim bermain imbang 2-2. Namun, keadaan berubah setelah Raul sukses memanfaatkan umpan silang Luis Figo menjadi gol yang membawa timnya unggul 3-2.

Gol ini kemudian memantik protes para penggawa Leeds United. Mereka melihat Raul menceploskan bola menggunakan tangannya. Namun, wasit Riszard Woljic bergeming dengan keputusannya dan tak menganulir gol tersebut.

Kontroversi pun berlanjut. Setelah melakukan penyelidikan, UEFA menjatuhkan hukuman kepada Raul.

4 dari 4 halaman

Lionel Messi

Lionel Messi sering dijuluki sebagai penerus legenda Diego Armando Maradona. Kemampuan mereka berdua identik. Messi pun memiliki kelebihan mengolah bola dan kaki kiri yang sama-sama dominan.

Messi pun kerap menciptakan gol seperti Maradona, tak terkecuali gol Tangan Tuhan. Sama seperti seniornya, pemain asal Argentina itu juga pernah mencetak gol menggunakan tangannya.

Gol Tangan Tuhan dicetak Messi pada laga kontra Espanyol pada musim 2006/2007. Dalam derby Catalan, yang dihelat pada 09 Juni 2007 tersebut, ia menyambut umpan silang Gianluca Zambrotta dan meneruskan bola ke gawang Espanyol dengan tangannya. Tangan yang digunakannya mencetak gol itu pun sama dengan tangan yang digunakan Maradona kala mencetak gol Tangan Tuhan, tangan kiri.

Gol ini mengundang protes para penggawa Espanyol. Namun, wasit bergeming dengan keputusannya, mengesahkan gol tersebut.

Sumber asli: Twitter, berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Dendy Gandakusumah, Published 26/11/2020)

Video Populer

Foto Populer