Sukses


Mohamed Salah dan 4 Pemain Liverpool Lainnya yang Bisa Bikin Ajax Merana

Bola.com, Jakarta - Liverpool akan menjamu Ajax Amsterdam pada matchday kelima Grup D Liga Champions, Rabu (2/12/2020) dini hari WIB, dalam kondisi yang tidak ideal. Banyak pemain kunci The Reds yang terpaksa absen karena cedera.  

Liverpool tak bisa diperkuat bek andalannya, Virgil van Dijk sejak kompetisi paling bergengsi di Benua Eropa itu digulirkan. Pemain berkebangsaan Belanda tersebut mengalami cedera anterior cruciate ligament (ACL).

Penderitaan The Reds bertambah setelah Trent Alexander-Arnold, Nabiy Keita, Joe Gomez, Thiago Alcantara, dan Alex Oxlade Chamberlain menyusul Van Dijk di ruang pemulihan. Sebelumnya, Liverpool sudah kehilangan Xerdan Shaqiri.

Namun, Liverpool tidak kekurangan pemain berkulitas untuk menggantikan pos yang ditinggalkan Van Dijk dan kawan-kawan. Meski diakui berpengaruh terhadap performa tim, pasukan Juergen Klopp tetap bisa meraih hasil positif.

Ada lima pemain yang sejauh ini menjadi andalan Liverpool untuk meraih angka dan menjadi ancaman bagi Ajax. Berikut ulasan satu persatu mengenai kontribusi mereka terhadap tim.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 6 halaman

Diogo Jota

Diogo Jota adalah salah satu pembelian Liverpool tersukses musim ini. Kontribusinya untuk The Reds cukup besar meski baru tampil sebanyak 9 kali di liga domestik maupun kompetisi internasional.

Di Premier League, Diogo Jota sudah mengemas 5 gol dari 5 kali penampilannya. Begitu pun di Liga Champions, dia menyumbang 4 gol yang tiga di antaranya melalui hattrick ke gawang Atalanta.

Punya kemampuan pressing yang tinggi, Diogo Jota cocok dengan gaya permainan Juergen Klopp. Penyerang timnas Portugal itu menjadi ancaman serius bagi gawang Ajax Amsterdam tengah pekan ini.

 

3 dari 6 halaman

Mohamed Salah

Mohamed Salah telah kembali ke skuad usai dinyatakan sembuh dari Covid-19. Pemain timnas Mesir itu bahkan sudah dimainkan sebagai starter pada laga kontra Brighton & Hove Albion.

Salah juga sempat membobol gawang Mathew Ryan pada menit ke-34, namun gol tersebut dianggap tidak sah oleh wasit setelah berdiskusi dengan video assistant refree (VAR).

Didatangkan dari Roma pada tahun 2017 dengan mahar 42 juta euro, Salah telah menjadi andalan Liverpool dalam empat tahun terakhir. Musim ini, penyerang 28 tahun itu sudah mencetak 10 gol dengan 2 di antaranya di Liga Champions.

 

4 dari 6 halaman

Sadio Mane

Meski baru mencetak 5 gol di semua ajang, peran Sadio Mane tidak bisa diabaikan. Dia tetap bisa menjadi andalan Liverpool di lini serang bersama Salah, Jota dan Firmino.

Pemain asal Senegal itu menjadi salah kunci di balik kesuksesan Liverpool menjuarai Premier League musim lalu. Dia menyumbang 18 dari 85 gol The Reds.

 

5 dari 6 halaman

Fabinho

Sempat mengalami masalah adaptasi pada awal kedatangannya di Anfield, Fabinho kini menjadi salah satu kunci permainan Liverpool di lini tengah. Dia mampu memainkan ritme dengan penguasaan bola yang baik.

Kepercayaan pun didapatkan, gelandang 27 tahun itu terus diberikan menit bermain oleh Klopp. Musim ini dia sudah tampil sebanyak 11 kali di semua ajang.

Sebagai gelandang, Fabinho punya kemampuan bertahan dan menyerang sama bagusnya. Dia bisa menjadi pembeda pada laga Liverpool kontra Ajax tengah pekan ini.

 

6 dari 6 halaman

Alisson Becker

Krisis pemain di lini pertahanan membuat tugas Alisson Becker di bawah mistar gawang semakin berat. Namun, kiper asal Brasil itu mampu melaksanakan tugasnya dengan baik.

Lewat penyelamatan-penyelamatan gemilang, Alisson mampu membukukan cleansheet bersama Liverpool. Musim ini, dia sudah empat kali tak kebobolan di Premier League dan Liga Champions.

Mantan penjaga gawang Roma itu diyakini bisa meredam ancaman Ajax Amsterdam yang dikomandoi Lassina Traore.

Sumber: berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Penulis Mustopa El Abdy/Editor Serafin Unus Pasi, published 30/11/2020)

 

 

 

Video Populer

Foto Populer