Sukses


Royston Drenthe dan 8 Bintang yang Merana karena Bangkrut, Ada yang Pernah Main di Indonesia

Bola.com, Jakarta Cerita bintang dunia bergelimang harta, kemudian merana jatuh bangkrut bukan sekali-dua kali menghiasai kancah sepak bola. Yang terbaru, dialami mantan pemain Real Madrid, Royston Drenthe

Pada usia 20 tahun, Royston Drenthe memulai perjalanannya di puncak dunia di Real Madrid dan sekarang, 13 tahun kemudian, dia telah dinyatakan bangkrut. Ia dilaporkan kehilangan kekayaan sebesar 3,2 juta pounds setelah kariernya di dunia musik dan akting berantakan.

Real Madrid membeli Drenthe setelah musim yang mengesankan di Feyenoord. Saat itu, Drenthe disebut-sebut bakal jadi legenda Los Blancos di masa depan. Akan tetapi, ia tidak berhasil mewujudkan label tersebut, dan kisahnya bakal jadi pelajaran buat pesepak bola lain. 

Sebelas tahun setelah menginjakkan kaki di Santiago Bernabeu, Drenthe tidak dapat menemukan klub setelah dilepas Tim Liga Pro UEA, Baniyas. Ia lantas memutuskan untuk gantung sepatu pada usia 29 tahun.

Dan sekarang, di usia 33 tahun, dia bermain untuk tim divisi tiga Belanda Kozakken Boys. Tetapi permasalahan daang bertubi-tubi, puncaknya ketika sidang pengadilan di Breda menyatakan dia bangkrut. 

"Saya tidak tahu seluk-beluknya dan saya tidak tahu persis apa yang terjadi, tapi jika ini sesuai dengan apa yang saya pikirkan, itu tidak terlalu penting. Saya selalu di bawah kaca pembesar, tapi itu akan diselesaikan seperti seharusnya," kata Drenthe dilansir dari voetbalzon

Selain Royston Drenthe, delapan pesepak bola dunia ini juga pernah mengalami kebangkrutan. Berikut kisahnya seperti dilansir The Sun, Minggu (6/12/2020).  

 

2 dari 9 halaman

1. Asamoah Gyan

Mantan striker Sunderland tersebut biasanya mengendarai Rolls-Royce, tapi belakangan ini mengklaim hanya memiliki 600 pounds (Rp10,7 juta) di rekening banknya. Ia bahkan mengaku tak mampu membiayai keluarganya. 

Asamoah Gyan pernah menerima gaji senilai 227 ribu pounds (Rp4,07 miliar) saat bermain di Shanghai Shenhua (China) pada 2015-2017 itu. Pemain yang kini tanpa klub itu dikabarkan kehilangan semua pundi-pundi uangnya gara-gara berselisih dengan keluarganya. 

3 dari 9 halaman

2. David James

Mantan kiper Timnas Inggris, David James, menyatakan bangkrut pada 2014. Padahal sepanjang kariernya dia diperkirakan mengumpulkan dana senilai 20 juta pounds (Rp358,4 miliar). 

Selain menikmati karier yang mewah di klub raksasa Premier League seperti Liverpool dan Manchester City, ia juga menjadi model untuk Armani dan memiliki properti yang banyak. 

Namun, perceraian yang mahal pada 2005 menyebabkan utang mulai menumpuk dan pengadilan menginstruksikan James untuk menjual memorabilia olahraganya, peralatan DJ, dan van Vauxhall Astra.

   

4 dari 9 halaman

3. Ronaldinho

Legenda sepak bola Brasil, Ronaldinho, dikabarkan hanya memiliki 5 pounds (Rp89.711) di rekening banknya pada tahun lalu. Ronaldinho juga masih punya utang senilai 1,75 juta pounds (Rp31,3 miliar). 

Ia kena denda sangat besar atas pembangunan ilegal di area terlarang di Brasil. Meskipun telah menggadaikan propertinya, mantan bintang Barcelona itu gagal melunasi utangnya. Alhasil, pemerintah Brasil mencekal paspor Ronaldinho. 

5 dari 9 halaman

4. Diego Maradona

Almarhum Diego Maradona dianggap sebagai satu di antara pesepak bola terbaik dalam sejarah. Dia bahkan dinobatkan sebagai Pemain Terbaik FIFA Abad Ini. Namun, kehidupannya tak selalu manis. 

Pria Argentina itu dua kali memecahkan rekor transfer dunia, tapi pernah mengajukan status bangkrut pada 2009. Otoritas Pajak Italia juga menuntut Maradona membayar 42 juta pounds (Rp753,5 miliar) pajak yang tak dibayarkannya saat bermain di Napoli pada era 1980-an. 

6 dari 9 halaman

5. Paul Merson

Berjudi, minuman keras, dan obat-obatan terlarang membuat legenda Arsenal ini kehilangan kekayaan senilai 7 juta pounds (Rp125 miliar).

Paul Merson kini telah pulih dan bekerja sebagai pundit untuk Sky Sports. Tetapi, pada suatu masa dia pernah mempertimbangkan untuk mematahkan jari-jarinya supaya tak bisa menelepon untuk bertaruh di arena judi. 

Merson bangkrut setelah menguangkan uang pensiun senilai 800 ribu pounds (Rp14,3 miliar) untuk melepaskan diri dari kegilaan judi. 

7 dari 9 halaman

6. John Arne Riise

Dua tahun setelah menjuarai Liga Champions bersama Liverpool, sang bek dinyatakan bangkrut. Bek kiri asal Norwegia tersebut saat itu baru berusia 26 tahun dan menerima gaji 50 ribu pounds (Rp897 juta) per pekan di Anfield. 

Tetapi ia punya utang yang belum dibayar sekitar 100 pounds yang dilaporkan terkait dengan dugaan investigasi penipuan senilai 3 juta pounds (Rp53,8 miliar) di Norwegia dan Riise dinyatakan bangkrut.

   

8 dari 9 halaman

7. Eric Djemba-Djemba

Pernah bermain bersama Cristiano Ronaldo dan Ryan Giggs di Manchester United, Djemba-Djemba dinyatakan bangkrut empat tahun setelah pindah ke Aston Villa. 

Pemain asal Kamerun itu menghabiskan waktu dengan bermain di St Mirren, India Super League dan Persebaya Surabaya (2015) untuk memulihkan kondisi finansialnya. 

Saat ini, Djemba-Djemba bermain untuk klub divisi 5 di Swiss yang biasanya hanya ditonton 88 suporter. 

9 dari 9 halaman

8. Paul Gascoigne

Pria yang akrab disapa Gazza itu berhasil terhindar dari kebangkrutan pada 2016 meskipun menghadapi tunggakan pajak senilai 42 ribu pounds ke HMRC. 

Mantan pahlawan Timnas Inggris itu dikabarkan juga pernah memiliki utang hingga 200 ribu pounds (Rp3,58 miliar). Gascoigne bermasalah dengan depresi dan penyalahgunaan zat-zat terlarang.

Sumber: The Sun 

Video Populer

Foto Populer