Sukses


Liga Champions: Duel Pelatih Barcelona Vs Juventus, Ronald Koeman Unggul Pengalaman dan Andrea Pirlo Punya Raihan Poin Lebih Baik

Bola.com, Jakarta - Ronald Koeman dan Andrea Pirlo akan kembali beradu strategi dalam matchday terakhir Grup G Liga Champions 2020/2021. Laga antara Barcelona kontra Juventus di Camp Nou, Rabu (9/12/2020) dini hari WIB, akan menjadi adu kreasi Ronald Koeman yang kaya pengalaman dan Andrea Pirlo yang bergairah besar sebagai pelatih baru.

Bagi Ronald Koeman dan Andrea Pirlo, pertemuan dalam laga ini merupakan yang kedua dalam karier mereka sebagai pelatih. Dua pelatih beda generasi ini sebelumnya bertemu dalam matchday kedua Grup Liga Champions musim ini.

Ketika itu, Ronald Koeman memimpin armada Barcelona tengah melawat ke markas Juventus. Hasilnya, Blaugrana sukses mengalahkan Juventus dengan dua gol tanpa balas.

Selama berstatus sebagai pemain, baik Koeman dan Pirlo merupakan pemain terbaik pada masanya. Namun, ketika masuk ke dunia kepelatihan, Koeman jelas lebih banyak pengalaman ketimbang Pirlo.

Koeman masuk dunia kepelatihan pada 1997, ketika pria yang kini berusia 57 tahun itu menjadi asisten Guus Hiddink di Timnas Belanda. Pada 1997, ketika Koeman sudah meretas karier kepelatihan, Pirlo baru saja mengawali karier sepak bola profesional dengan bergabung bersama Brescia. Andrea Pirlo baru masuk ke dunia kepelatihan pada Juli 2020.

Sejauh ini, Ronald Koeman sudah melakoni 689 pertandingan, termasuk 20 laga bersama Timnas Belanda. Sementara itu, dibandingkan Koeman yang sudah banyak makan asam garam dunia kepelatihan, Andrea Pirlo bisa dibilang masih bau kencur. Pelatih berusia 41 tahun itu baru melakoni 15 laga sebagai pelatih.

Video

2 dari 2 halaman

Lemari Trofi Koeman Vs Rataan Poin Pirlo

Tak hanya unggul dalam hal pengalaman, Ronald Koeman juga sudah meraih begitu banyak trofi juara ketimbang Andrea Pirlo.

Nyari seperempat abad berada di dunia kepelatihan, Ronald Koeman sudah meraih delapan trofi. Gelar juara yang diraih Koeman, antara lain Piala Super Spanyol, Eredivisie, KNVB Cup, Piala Super Belanda, Piala Super Portugal.

Sementara itu, Andrea Pirlo sebagai pelatih debutan pada musim ini tentu belum memiliki satu trofi pun.

Kendati kalah pengalaman dan raihan trofi, Andrea Pirlo juga juga punya keunggulan ketimbang Ronald Koeman. Rataan poin per laga milik pelatih asal Italia ini jauh lebih bagus ketimbang seniornya

Selama berstatus sebagai pelatih, Pirlo memiliki rataan poin per pertandingan sebesar 2,13.

Sementara itu, Ronald Koeman, secara total, memiliki rataan poin per pertandingan sebesar 1,82. Rataan poin ini membaik ketika ia menangani Barcelona. Dalam 15 laga menjadi pelatih Blaugrana, Koeman memiliki rataan poin sebesar 1,93.

Sumber: Bola.net

Disadur dari: Bola.net (Dendy Gandakusumah/Asad Arifin, published 8/12/2020)

Video Populer

Foto Populer