Sukses


Daftar Tim yang Sudah Raih Tiket 16 Besar Liga Champions: RB Leipzig Lolos, PSG Tertunda

Bola.com, Jakarta - RB Leipzig menyusul tim-tim lain untuk memastikan diri melangkah ke 16 besar Liga Champions. RB Leipzig menjadi tim pertama yang lolos dari Grup H setelah menang 3-2 atas Manchester United, Rabu (9/12/2020) dini hari WIB. Sementara itu, Paris Saint-Germain yang seharusnya juga memastikan diri melangkah ke 16 besar pada dini hari tadi, tapi tertunda lantaran pertandingan dihentikan.

Bermain di Redbull Arena RB Leipzig tampil menyerang sejak menit awal. Gol cepat diraih tim tuan rumah lewat Angelino yang membobol gawang Manchester United pada menit kedua. Tim tuan rumah menggandakan keunggulan pada menit ke-13 lewat gol Amado Haidara.

RB Leipzig kemudian unggul 3-0 pada awal babak kedua lewat Justin Kluivert. Setelah itu, Manchester United baru mencoba bangkit.

Sayang, The Red Devils hanya mencetak dua gol lewat Bruno Fernandes dan Paul Pogba. Kekalahan 2-3 dari RB Leipzig membuat Manchester United tersingkir dari Liga Champions.

Penyebabnya, Manchester United memiliki jumlah poin yang sama dengan PSG, yaitu 9 poin. Bedanya, Manchester United mengoleksi 9 poin setelah melewati enam laga.

Sementara itu, PSG memiliki 9 poin sebelum menjalani laga terakhirnya, di mana laga kontra Istanbul Basaksehir harus ditunda satu hari karena insiden rasis yang terjadi pada menit ke-13 pertandingan tersebut.

RB Leipzig pun sudah psti berada di puncak klasemen Grup G dengan 12 poin. Leipzig harus menunggu hasil pertandingan PSG untuk bisa menentukan diri lolos ke 16 besar Liga Champions sebagai juara grup atau runner-up.

Pasalnya PSG memiliki keunggulan agregat gol tandang secara head to head atas Leipzig, jika raksasa Prancis itu bisa memastikan kemenangan atas Istanbul Basaksehir dan memiliki jumlah poin yang sama.

2 dari 4 halaman

Mengenai Nasib Laga Kontra Istanbul Basaksehir

Laga di Parc des Princes harus dihentikan pada pertengahan babak pertama laga matchday keenam Liga Champions itu. Hal ini karena adanya tindakan rasis yang dilakukan ofisial keempat pertandingan terhadap asisten Basaksehir, Pierre Webo. Kedudukan masih 0-0 saat laga ditangguhkan.

Pertandingan dihentikan lantaran adanya kasus rasisme yang terjadi di pinggir lapangan. Asisten pelatih Basaksehir, Pierre Webo, terlihat mengamuk ke arah ofisial keempat yang bertugas mengawasi area VAR dalam pertandingan tersebut.

Webo kemudian mendapatkan kartu merah sebagai bagian dari argumen tersebut. Namun, Webo dan klub menyatakan bahwa perangkat pertandingan melakukan tindakan rasisme.

"Asisten pelatih kami, Pierre Webo, menjadi korban rasisme. Namun Webo dikeluarkan dari permainan. Pertandingan pun dihentikan untuk sementara," tulis Basaksehir melalui media sosial Twitter.

UEFA pada akhirnya memutuskan bahwa laga antara PSG dan Istanbul Basaksehir ditunda selama satu hari dan akan digelar pada Kamis (10/12/2020) dini hari pukul 00.55 WIB.

Bicara di atas kertas, PSG yang akan melaju ke babak 16 Besar, walau nantinya kalah dari Basaksehir. Sebab, PSG unggul head to head dari United. Sementara, Setan Merah akan berlaga di Liga Europa pada musim ini. Namun, jika PSG menang, mereka mampu lolos ke 16 besar Liga Champions sebagai juara grup.

3 dari 4 halaman

Daftar Tim yang Sudah Lolos ke 16 Besar Liga Champions

Bayern Munchen

Manchester City

FC Porto

Liverpool

Chelsea

Sevilla

Barcelona

Juventus

Borussia Dortmund

Lazio

RB Leipzig

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, published 9/12/2020)

4 dari 4 halaman

Video

Gol Tunggal Olivier Giroud Bawa Chelsea Menang atas Atletico Madrid

Video Populer

Foto Populer