Sukses


MOTION GRAFIS: 5 Pemain Paling Berharga di Dunia Tahun 2004, Ronaldinho Kalahkan David Beckham

Bola.com, Jakarta - Jika membahas pemain terbaik pada era awal 2000-an, tidak akan lepas dari nama seperti David Beckham, Ronaldo Nazario dan juga Ronaldinho. Sederet prestasi mereka torehkan bagi tim nasional maupun untuk klub yang mereka bela. Ronaldo dan Ronaldinho juga merupakan peraih trofi Ballon d'Or dan pemain terbaik FIFA.

Ronaldinho mengawali karier sepak bola profesional bersama Gremio. Dua taun membela tim senior, talentanya dilirik PSG dan dibeli pada 1 juli 2001.

Berselang 2 tahun, Barcelona tertarik dengan bakat Ronaldinho dan membayar 32,25 juta euro atau senilai Rp 552,3 miliar sebagai mahar transfer.

Meskipun membeli dengan nilai yang cukup tinggi, namun kontribusinya terhadap tim Catalunya cukup baik. Ia mengantarkan Blaugrana meraih 2 trofi La Liga, 2 Trofi Piala Super Spanyol serta 1 gelar Liga Champions. Bahkan ia 2 kali menjadi pemain terbaik FIFA serta 1 gelar Ballon d'Or.

Selama bersama Barcelona, Ronaldinho mencatatkan 207 penampilan dengan 94 gol dan 71 assist.

Peforma apik selama bermain untuk Blaugrana menjadikannya pemain dengan nilai pasar tertinggi pada tahun 2004. Kemampuannya dihargai 50 juta euro atau setara dengan Rp 856,2 saat ini.

Meskipun baru berusia 24 tahun saat itu, catatan yang diraih Ronaldinho mengalahkan pemain-pemain senior seperti David Beckham, Ruud van Nistelrooy juga rekan senegaranya, Ronaldo Nazario. Lalu berapakah nilai pasar dari pemain-pemain tersebut tersebut?

Video Populer

Foto Populer