Sukses


AC Milan dan 6 Klub Serie A yang Dimiliki Miliarder Asing: Dominasi Bos Amerika Serikat

Bola.com, Jakarta - Satu per satu klub-klub Liga Italia Serie A mulai membuka diri pada investor asing. Pada musim 2020/2021, dari 20 klub Serie A, tujuh klub dimiliki oleh orang atau perusahaan dari luar Italia.

Kasus paling baru terjadi pada klub Spezia. Klub yang baru promosi ke Serie A pada musim 2019/2020 itu resmi diakusisi oleh pengusaha Amerika Serikat, Robert Platek.

Platek menjadi pemilik saham mayoritas Spezia. Kami senang atas akuisisi Spezia Calcio," bunyi pernyataan Platek dikutip dari Football Italia.

“Serie A adalah kompetisi elit dan untuk beberapa waktu kami telah mencari peluang untuk bermitra dengan klub Italia yang misi, etos, dan etikanya kami harga," katanya.

Awal musim 2020/2021 lalu, situasi yang hampir sama juga terjadi pada Parma. Saham mayoritas klub dibeli pengusaha Amerika Serikat, Kyle Krause.

Serbuan investor asing mulai marak di Serie A dalam satu dekade terakhir. Bukan hanya menimpa klub-klub papan tengah, tapi juga klub papan atas seperti AC Milan dan Inter Milan.

Pasca era Silvio Berlusconi, Milan dua kali berganti pemilik dari luar Italia. Milan awalnya dimiliki pengusaha asal Hongkong, Yonghong Li. Namun, kini Milan menjadi milik Elliott Grup dari Amerika.

Inter Milan pun mengalami situasi yang sama. Lepas dari tangan Massimo Morratti, Inter sempat dipimpin Erick Thohir. Namun, Inter kini menjadi milik Stephen Zhang lewat perusahaan Suning Grup.

Video

2 dari 3 halaman

Miliarder Italia Tetap Berpengaruh

Walau serbuan modal asing sulit dibendung, ada beberapa klub yang masih bertahan dengan pemilik asli Italia. Napoli contohnya. Mereka masih dimiliki Aurelio De Laurentiis.

Juventus pun demikian. Di bawah kendali Keluarga Angelli, Si Nyonya Tua menjadi klub yang sangat dominan di Serie A. Mereka meraih sembilan scudetto secara beruntun.

Klub-klub lain yang juga masih dimiliki orang Italia adalah Lazio dengan Claudio Lottito dan Torino dengan Urbano Cairo.

3 dari 3 halaman

Daftar Klub Serie A yang Dimiliki Orang Asing

Bologna - Joey Saputo (Montreal Impact & Stade Saputo, Kanada)

Fiorentina - Rocco Commisso (Mediacom, Amerika Serikat)

Inter Milan - Suning (China)

AC Milan - Elliott (Amerika Serikat)

Parma - Kyle Krause (Amerika Serikat)

AS Roma - Dan Friedkin (Amerika Serikat)

Spezia - Robert Platek (Amerika Serikat)

 

Sumber: Football Italia

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, published 12/2/2021)

Video Populer

Foto Populer