Sukses


Liga Italia: Torino Harus Menjalani Karantina, Penyebab Laga Kontra Lazio Batal

Bola.com, Roma - Pertandingan giornata 25 Serie A Liga Italia antara Lazio kontra Torino yang seharusnya digelar pada Rabu (3/3/2021) dini hari WIB resmi dibatalkan.

Setelah menunggu selama 45 menit, tim tamu tetap tidak tiba di stadion tempat pertandingan digelar. 10 pemain dan staf Torino terpapar COVID-19, yang membuat otoritas setempat di Turin melarang pemain dan staf melakukan perjalanan dan tetap melakukan karantina.

Seperti dilansir dari Football Italia, pertandingan Liga Italia yang seharusnya digelar pada Rabu dini hari WIB itu tak terlaksana karena adanya larangan bagi Torino untuk berpergian ke Roma. Mereka diminta untuk tetap melakukan karantina oleh otoritas kesehatan setempat di Turin hingga tengah malam waktu setempat.

Operator Serie A menolak untuk menunda pertandingan, menegaskan Torino sudah menggunakan 'bonus' mereka dengan pertandingan menghadapi Sassuolo.

Lazio dan wasit yang bertugas menunggu di Stadion Olimpico selama 45 menit hingga akhirnya pertandingan diputuskan batal karena tidak hadirnya Torino di Stadion.

Protokol kesehatan Serie A untuk COVID-19 memang tengah disorot. Napoli baru-baru ini mengajukan banding, di mana seharusnya otoritas kesehatan memiliki kewenangan yang lebih untuk menjalankan protokol tersebut.

Artinya, jika Torino otomatis kalah 0-3 karena pertandingan dianggap batal, tentunya mereka akan mengajukan banding dan punya peluang untuk membalikkan situasi. Jika mereka melakukannya, 7 April tampaknya adalah tanggal yang akan digunakan untuk laga ulangan dari pertandingan Liga Italia ini.

Video

2 dari 2 halaman

Bukan yang Pertama

Ini bukan pertama kalinya Torino batal bertanding karena masalah COVID-19. Sebelumnya, Torino juga batal menghadapi Sassuolo pada pertandingan giornata Liga Italia sebelumnya.

Namun, pertandingan itu akhirnya berstatus ditunda dan protokol Serie A memang menegaskan hanya ada satu kesempatan untuk menunda pertandingan karena masalah ini. Pertandingan kontra Sassuolo pun ditunda dan bakal digelar pada 17 Maret mendatang.

Sayangnya, Torino masih tetap sial. Otoritas kesehatan setempat khawatir dengan situasi ini karena Torino merupakan tim Serie A pertama yang mendapatkan kasus positif COVID-19 untuk varian baru yang berasal dari Inggris, yang lebih mudah menular dan bisa memberikan efek yang lebih serius.

Ada penegasan jelas dari Presiden FIGC selaku federasi sepak bola Italia, Gabriele Gravina, yang mengatakan, "Mustahil memainkan pertandingan ini."

Namun, ada perbedaan pendapat dengan operator kompetisi  Serie A yang menolak menunda pertandingan Lazio kontra Torino karena protokol dan aturan yang mereka miliki, di mana Torino sudah diberikan kesempatan menunda pertandingan kontra Sassuolo karena masalah yang sama.

Selain itu, operator Serie A menilai apa yang terjadi dalam kasus ini berbeda dengan yang dialami Napoli ketika gagal pergi ke Turin untuk menghadapi Juventus pada Oktober lalu. Saat itu, skuat Napoli sudah berada di bandara, tapi tidak mendapatkan izin untuk melanjutkan perjalanan.

Sumber: Football Italia

Video Populer

Foto Populer