Sukses


5 Maestro Hebat yang Pensiun Tanpa Pernah Sekalipun Memenangi Ballon d’Or, Tega!

Bola.com, Jakarta - Ballon d'Or dianggap sebagai penghargaan individu paling bergensi di sepak bola. Setiap pesepak bola kelas dunia di planet ini bermimpi untuk bisa memenangi penghargaan ini.

Mulai digelar pada tahun 1956 oleh media olahraga France Football, ide dasar menghidupkan Ballon d'Or berawal dari pikiran mantan pesepak bola dan jurnalis Prancis, Gabriel Hanot.  Ia juga merupakan otak di balik penyelenggaeaan Piala Eropa.

Dalam anggukan kepada akar jurnalistik pendirinya, pemenang Ballon d'Or dipilih berdasarkan suara dari jurnalis sepak bola. Para pelatih timnas dan kapten tim nasional hanya diberikan hak untuk memilih setelah tahun 2007.

Pemenang perdana penghargaan tersebut adalah Stanley Matthews yang tampil hebat di klub Inggris Blackpool. Ia salah satu penyerang terbaik sepanjang masa.

Terlepas dari prestise Ballon d'Or, kelayakannya secara eksklusif terbatas pada warga negara Eropa, yang membuat banyak talenta internasional kehilangan kesempatan memenangi penghargaan tersebut. Konsep dasar berjalan sampai tahun 1990-an sebelum mencuat era terobosan untuk Ballon d'Or. Pemain asing yang bermain di Eropa memenuhi syarat untuk mendapatkan penghargaan untuk pertama kalinya pada tahun 1995.

Striker AC Milan asal Liberia, George Weah menjadi penerima Ballon d'Or yang pertama di luar Benua Biru. Ronaldo dari Inter Milan menjadi penerima penghargaan Amerika Selatan pertama dua tahun kemudian.

Sejauh ini, semua pemenang Ballon d'Or telah mengambil hadiah atas pencapaian mereka di Eropa meskipun ada perubahan peraturan tahun 2007 yang membuat pemain yang berkiprah di seluruh dunia memenuhi syarat untuk mendapatkan penghargaan tersebut.

Ballon d'Or sempat digabungkan dengan Pemain Terbaik Dunia FIFA, dan kemudian dikenal sebagai FIFA Ballon d'Or, sebelum France Football mengakhiri asosiasi, mengembalikan penghargaan ke nama aslinya.

Selama lebih dari satu dekade, Ballon d'Or didominasi oleh Lionel Messi (6 kali) dan Cristiano Ronaldo (5). Kemenangan Luka Modric pada 2018 sempat memutus dominasi kedua superstar.

Sejumlah faktor, termasuk kriteria kelayakan, faktor kejutan, bias dalam pemungutan suara, dan beberapa alasan lain telah menyebabkan beberapa legenda game tidak pernah mengangkat trofi penghargaan ini.

Mari kita lihat lima pemain kelas dunia yang pensiun tanpa pernah memenangkan Ballon d'Or.

Video

2 dari 6 halaman

Thierry Henry

Thierry Henry, tidak diragukan lagi salah satu penyerang terhebat yang pernah ada dalam permainan ini. Henry adalah pemain yang telah melihat dan memenangkan semuanya, tetapi ia tak pernah dianggap di Ballon d'Or.

Striker asal Prancis itu hanya nyaris memenanginya saja. Pada tahun 2003, di tengah-tengah musim Invincibles, yang merupakan musim paling produktif bagi Henry dengan seragam Arsenal, striker itu menjadi runner-up pemenang di bawah Pavel Nedved.

Pada tahun 2006, ia berada di urutan ketiga di belakang Gianluigi Buffon dan pemenang penghargaan, Fabio Cannavaro.

Henry juga harus puas menjadi runner-up Pemain Terbaik Dunia FIFA pada dua kesempatan (2003 dan 2004). Ia kalah dari Zinedine Zidane dan Ronaldinho.

Situasi yang menyedihkan bagi seorang pemain yang menggemparkan Eropa dan sepak bola secara umum. Namun demikian, kehilangan Ballon d'Or selama karier bermainnya tidak akan merusak warisan emas Theyry Henry, dengan beberapa pemain bahkan hampir menyamai level kehebatannya.

3 dari 6 halaman

Xavi

Selama hari-hari bermainnya, Xavi adalah maestro lini tengah dalam segala hal.

Barcelona dan Spanyol tidak akan pernah bisa menjadi tim hebat dunia seperti di pertengahan 2000-an tanpa kejeniusannya. Sayangnya, Xavi juga mencapai puncaknya di era Lionel Messi, yang membuatnya menempati posisi ketiga di Ballon d'Or pada tiga kesempatan berturut-turut (2009-2011).

Namun demikian, kontribusi Xavi dalam permainan ini ada untuk dilihat semua orang, dan ia masih akan selalu diakui sebagai salah satu gelandang terhebat yang memenangkan semuanya meski kehilangan kesempatan memenangi Ballon d'Or.

4 dari 6 halaman

Raul Gonzales

Selain menjadi pencetak gol yang produktif, Raul adalah loyalis yang sangat baik untuk klub masa kecilnya Real Madrid. Ia membela klub tersebut selama 16 tahun yang gemerlap. Selalu ingin menempatkan klub di atas dirinya sendiri, dapat dikatakan bahwa Raul adalah sosok istimewa jika bicara loyalitas yang menjadi barang langka di sepak bola internasional.

Namun, terlepas dari eksploitasi pencetak golnya yang luar biasa untuk Los Blancos, Raul tidak pernah memenangkan Ballon d'Or. Secara kontroversial ia kehilangan hadiah dari rekan setimnya Michael Owen pada tahun 2001.

Sekarang Owen dianggap sebagai salah satu pemain Inggris terhebat yang pernah ada, tetapi pencapaian Raul selama setahun terakhir– termasuk Liga Champions, di mana ia menjadi pencetak gol terbanyak, kemenangan La Liga dan Piala Super dipandang jauh lebih unggul dari Owen.

Faktanya, kemenangan pemain Inggris itu dikabarkan sebagai akibat dari politik karena tidak ada pemain Inggris yang memenangkan hadiah tersebut sejak kemenangan Kevin Keegan pada 1979. Ballon d'Or akan menjadi penghargaan yang pantas untuk kejeniusan Raul, tetapi warisan emasnya akan tetap ada sekalipun tanpa penghargaan individu bergengsi tersebut.

5 dari 6 halaman

Diego Maradona

Terlepas dari sosok kontroversialnya, Diego Maradona diakui sebagai salah satu pesepak bola hebat yang pernah ada di muka bumi.

Meskipun dia bermain di Eropa, terutama untuk Barcelona dan Napoli, di mana dia dihormati sebagai Dewa, aturan Ballon d'Or yang berkaitan dengan kebangsaan di masa jayanya membuat legenda sepak bola Argentina tersebut harus gigit jari.

Pada saat peraturan diubah pada tahun 1995, Maradona sudah melewati masa keemasan.

Namun demikian, Maradona memberi kami momen jenius yang tak terhitung jumlahnya di lapangan. Itu adalah kinerja yang fenomenal sepanjang Piala Dunia 1986, di mana ia tidak hanya mengangkat trofi sebagai kapten tetapi juga memenangkan Bola Emas sebagai pemain terbaik turnamen serta Sepatu Perak (Top Scorer bersama Gary Lineker).

Warisannya, yang diabadikan oleh penghargaan FIFA Player of the Century bersama Pele, akan tetap hidup sepanjang masa.

6 dari 6 halaman

Pele

Perdebatan tentang siapa pesepakbola terhebat sepanjang masa akan berkecamuk selama berabad-abad, tetapi yang tidak dapat diperdebatkan adalah status Pele sebagai salah satu pemain terhebat sepanjang masa. Prestasi fenomenal Brasil dengan tiga trofi Piala Dunia dan 643 gol untuk Santos tidak mungkin ditiru oleh banyak orang, dan mungkin tidak akan pernah.

Belum lagi keterampilan menggiring bola yang fenomenal, keserbagunaannya di garis depan, keterampilan passing yang visioner, dan kecakapan dengan kedua ciri kaki yang menjadikan Pele menjadi maestro lapangan hijau.

Faktanya, bagi banyak orang yang tumbuh dari tahun 1950 hingga 1970-an, Pele yang merupakan pencetak gol terbanyak Brasil sepanjang masa dengan 77 gol adalah raja sepak bola.

Sayangnya, aturan Ballon d'Or selama karier bermain Pele membuat dia tidak pernah memenuhi syarat untuk memenangkan trofi bergengsi ini. Ada Ballon d'Or yang tak terhitung jumlahnya selama beberapa dekade yang lalu, tapi ini mungkin yang paling menyedihkan dari semuanya.

Pele - yang tidak pernah memenangkan penghargaan individu dari FIFA selama karier bermainnya. Ia dianugerahi Ballon d'Or kehormatan pada tahun 2013 tetapi rasanya tidak sama.

Namun demikian, pengaruh O Rei pada permainan indah itu, ungkapan yang dia ciptakan, tidak terhapuskan. Tolok ukur yang dia tetapkan akan dilihat oleh generasi pemain sepak bola untuk waktu yang sangat lama.

Sumber: Sportskeeda

Video Populer

Foto Populer