Sukses


Superstar: Burak Yilmaz, Momok bagi Belanda dan Salip Rekor Cristiano Ronaldo

Bola.com, Istanbul - Timnas Turki langsung tancap gas pada matchday pertama kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa dengan melibas Belanda 4-2, di Istanbul, Kamis (25/3/2021) dini hari WIB. Striker Turki, Burak Yilmaz, layak didapuk sebagai superstar pada laga tersebut. 

Burak Yilmaz benar-benar menjadi mimpi buruk bagi Belanda. Pemain Lille itu mengemas hattrick ke gawang Belanda, satu di antaranya melalui titik putih, masing-masing pada menit ke-15, 34 dan 81  

Belanda sama sekali tidak punya jawaban untuk meredam permainan Yilmaz. Belanda makin hancur karena Hakan Calhanoglu juga menyumbang satu gol. Tim tamu hanya mampu membalas dua gol melalui Davy Klaassen dan Frenkie De Jong. 

Tak heran, Yilmaz didapuk sebagai man of the match pada pertandingan itu. Dia memang layak setelah menyuguhkan permainan yang membuat Belanda sengsara. 

"Saya sadar dengan tanggung jawab besar kami. Laga tim nasional menyatukan kami. Saya ingin berterima kasih kepada pelatih dan juga rekan-rekan. Saya sangat bangga. Malam ini begitu indah," kata Burak Yilmaz di situs resmi UEFA.

 

 

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Catatan Spesial

Situs Whoscored bahkan memberikan nilai 9,5 atas penampilan gemilang Burak Yilmaz. Adapu menurut catatan Squawka, pemain berusia 35 tahun itu menunjukkan tampil sangat efektif, mencatat tiga peluang dan seluruhnya.

Catatan umpan panjangnya juga 100 persen, delapan memenangi duel, melakukan 40 kali sentuhan, dan lima kali memenangi duel udara.  Ia juga merampungkan satu upaya menggiring bola. 

Hattrick Yilmaz ke gawang Belanda juga jadi catatan spesial. Dia total telah mencetak lima gol ke gawang Belanda, yang  terbanyak di antara pemain lain dalam 50 tahun terakhir, melampaui torehan empat gol Cristiano Ronaldo. 

Bisa dibilang Burak Yilmaz memang momok dan mimpi buruk bagi Belanda. 

Sumber: UEFA, Squawka, Whoscored 

 

Video Populer

Foto Populer