Sukses


Superstar: Romelu Lukaku, Si Pengoleksi Rekor di Timnas Belgia

Bola.com, Jakarta - Romelu Lukaku menghindarkan Timnas Belgia dari kekalahan saat menghadapi Republik Ceska pada kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup E di Stadion Sinobo, Minggu (28/3/2021) dini hari WIB. Berkat gol Lukaku tersebut Belgia bermain imbang 1-1. 

Pada pertandingan tersebut, beberapa pemain kunci dari kedua tim tidak bisa diturunkan karena pembatasan perjalanan Covid-19. Lima pemain Timnas Belgia yang bermain di Bundesliga juga tidak bisa tampil. 

Republik Ceska unggul lebih dulu pada awal babak kedua, tepatnya pada menit ke-50. Tendangan jarak jauh dengan kaki kanan dengan mulus merobek jala kiper Belgia, Thibaut Courtois.   

Namun, keunggulan Republik Ceska itu hanya bertahan 10 menit. Romelu Lukaku berhasil membalas pada menit ke-60. Setelah mengecoh bek Ceska, Ondrej Celutska, dia berhasil memperdaya kiper tim lawan, Republik Ceko Tomas Vaclik.

Belgia sebenarnya punya kans membawa Belgia balik menang, tapi upayanya pada menit ke-70 masih membentur tiang gawang. Pertandingan itu akhirnya tetap berkesudahan 1-1. 

Meski Belgia hanya imbang, Romelu Lukaku menorehkan beberapa catatan istimewa pada laga itu. Apa saja? 

 

2 dari 3 halaman

Rekor Istimewa

Menurut catatan Opta Joe dan Squawka, Lukaku telah menyumbangkan 59 gol dalam 91 laga untuk Timnas Belgia. Dia menempati peringkat kesembilan pemain tersubur di Eropa. 

Mantan striker Manchester United itu sejajar dengan tiga pemain lain, yaitu Edin Dzeko, David Villa, dan Imre Schlosser, yang juga sudah menyumbangkan 59 gol untuk negaranya. 

Posisi pertama dalam daftar ini ditempati oleh Cristiano Ronaldo, yang mengoleksi 102 gol untuk Timnas Portugal.  

Romelu Lukaku juga menjadi pemain pertama di Eropa yang mencetak gol untuk timnas sebelum usia 28 tahun sejak Gerd Muller. 

Lukaku semakin meneguhkan diri sebagai mesin gol andalan Belgia. Dia sudah menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa di Timnas Belgia sejak masih berusia 24 tahun. Lukaku juga mencapai 50 gol lebih cepat daripada Messi, CR7, dan Zlatan Ibrahimovic.

Sumber: Opta, Squawka  

 

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Video Populer

Foto Populer