Sukses


5 Pesepak Bola Berstatus Kapten di Timnas dan Klub, Kisah yang Tak Dimiliki Cristiano Ronaldo

Bola.com, Jakarta - Kapten adalah seorang pemain yang dipilih sebagai pemimpin sebuah tim sepak bola. Keberadaan kapten di dalam sebuah tim punya peran cukup vital. Mereka yang mengatur koordinasi timnya di lapangan hijau.

Tidak semua pemain bisa menjadi kapten. Pemain yang terpilih sebagai kapten harus memenuhi syarat-syarat tertentu.

Seorang kapten biasanya adalah pemain yang lebih tua atau lebih berpengalaman. Selain itu, pemain yang memberi pengaruh besar di ruang ganti juga sering dipilih menjadi kapten.

Ada banyak pemain hebat yang menduduki jabatan sebagai kapten tim. Namun, hanya beberapa pemain yang mendapat kepercayaan untuk mengemban tugas sebagai pemimpin di klub dan juga negaranya sekaligus.

Seorang Cristiano Ronaldo pun termasuk yang tak beruntung kaitan hal ini. Ia didapuk sebagai pemimpin di Timnas Portugal, namun tidak di klubnya Juventus.

Berikut ini lima pesepak bola yang menjadi kapten di klub sekaligus timnas negaranya.

Video

2 dari 6 halaman

Lionel Messi

Lionel Messi merupakan pencetak gol terbanyak sepanjang masa untuk Barcelona dan Argentina. Namun, Messi juga menjabat sebagai kapten klub dan negaranya.

Messi menikmati kesuksesan besar selama bermain untuk Barcelona. Pemain berjuluk La Pulga itu sudah memenangkan banyak gelar termasuk La Liga dan Liga Champions.

Meski begitu, kesuksesan Messi tersebut masih belum menular ke level internasional. Sampai sekarang Messi masih mencari trofi pertamanya bersama Argentina.

3 dari 6 halaman

Sergio Ramos

Sergio Ramos punya koleksi gelar yang lengkap dalam kariernya. Ia pernah memenangkan gelar bersama Real Madrid dan Timnas Spanyol.

Bersama Los Blancos, Ramos total berhasil meraih 22 gelar. Itu termasuk lima gelar La Liga dan juga empat trofi Liga Champions.

Ramos juga meraih kesuksesan besar saat membela timnas Spanyol. Bek berusia 34 tahun tersebut memenangkan dua Europ dan satu Piala Dunia bersama La Furia Roja.

4 dari 6 halaman

Manuel Neuer

Manuel Neuer saat ini merupakan kiper utama Bayern Munchen. Ia mempunyai karier yang sangat sukses bersama klub asal Jerman tersebut.

Neuer sudah memenangkan delapan gelar Bundesliga sampai sejauh ini. Ia juga berhasil mengangkat trofi Liga Champions sebanyak dua kali.

Kiper berusia 35 tahun itu juga mencicipi kesuksesan saat membela negaranya. Ia berhasil mengantarkan Der Panzer menjuarai Piala Dunia 2014.

5 dari 6 halaman

Pierre-Emerick Aubameyang

Pierre-Emerick Aubameyang memperkuat Arsenal sejak Januari 2018. Bomber berusia 31 tahun itu sudah mencatatkan 140 penampilan untuk klub dengan mencetak 84 gol.

Selama memperkuat Arsenal, Aubameyang juga berhasil memenangkan trofi. Mantan pemain Borussia Dortmund tersebut berhasil mengangkat FA Cup dan Community Shield.

Aubameyang juga memiliki 66 caps bersama timnas Gabon. Prestasi terbaiknya di level internasional adalah mengantarkan negaranya menduduki peringkat ketiga di Piala Raja 2018.

6 dari 6 halaman

Hugo Lloris

Hugo Lloris merupakan salah satu kiper terbaik yang dimiliki Prancis. Sang kapten mempunyai karier yang sangat sukses bersama negaranya.

Lloris memimpin Prancis meraih kejayaan di Piala Dunia 2018 Rusia. Mereka menjadi juara setelah mengalahkan Kroasia di final.

Meski begitu, Lloris belum pernah mengangkat piala bersama Tottenham. Ia hanya mampu mengantarkan Spurs tampil di final Piala Liga dan Liga Champions.

Sumber: berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer