Sukses


5 Pelatih yang Sukses Mempersembahkan Gelar Liga Italia buat Inter Milan, Sukses Mana Antonio Conte atau Jose Mourinho?

Bola.com, Jakarta - Lewat perjuangan yang panjang, Inter Milan berhasil mengunci gelar Serie A pada musim ini. Nerazzurri pun akhirnya kembali merengkuh scudetto setelah berpuasa lebih dari satu dekade.

Hasil imbang yang diraih Atalata di kandang Sassuolo memastikan Inter merengkuh gelar Serie A ke-19. Dengan menyisakan empat laga, Romelu Lukaku dkk. sudah tidak bisa dikejar lagi oleh para pesaingnya.

Bagi Inter Milan, ini merupakan gelar Serie A pertama mereka sejak 2010. Ketika itu, La Beneamata meraih treble winners di bawah asuhan Jose Mourinho.

Kesuksesan Inter pada musim ini tidak bisa lepas dari sosok Antonio Conte. Pelatih asal Italia itu berhasil membawa timnya mengakhiri dominasi Juventus.

Berikut ini lima pelatih Inter Milan terakhir yang berhasil mempersembahkan gelar Liga Italia. Kisah sukses mereka tak akan pernah dilupakan penggemar Nerazzurri di seantero dunia.

Video

2 dari 6 halaman

Antonio Conte

Pada musim perdananya, Antonio Conte membawa Inter Milan ke final Liga Europa. Tidak hanya itu, Nerazzurri juga hampir memenangkan scudetto.

Conte sejatinya sempat berpikir meninggalkan Inter karena tidak sejalan dengan pemilik Klub. Namun, Conte akhirnya tetap bertahan dan terus membangun skuadnya.

Conte akhirnya berhasil menebus kegagalannya di musim sebelumnya pada musim ini. Inter dibawanya menjadi juara Serie A dengan menyisakan empat pertandingan.

3 dari 6 halaman

Jose Mourinho

Jose Mourinho menjadi pelatih Inter Milan pada periode 2008-2010. Selama dua musim itu, Mourinho mampu memberikan kesuksesan besar untuk Nerazzurri.

Pada musim perdananya, Mourinho berhasil memenangkan gelar Serie A dan Supercoppa Italiana. Pria asal Portugal itu meraih kesuksesan yang lebih besar pada musim berikutnya.

The Special One berhasil meraih treble bersama Inter. Selain Serie A, Nerazzurri menggondol Coppa Italia dan juga Liga Champions.

4 dari 6 halaman

Roberto Mancini

Roberto Mancini sempat dua periode menangani Inter Milan. Namun, kesuksesan Mancini terjadi pada periode pertamanya bersama Nerazzurri.

Tiga gelar Scudetto secara beruntun direngkuh pasukan biru-hitam di bawah kendali Mancini. Masing-masing pada musim 2005-2006, 2006-2007, dan 2007-2008.

Mancini juga mampu mempersembahkan dua trofi Coppa Italia. Selama empat tahun kebersamaan mereka, Mancini berhasil mempersembahkan tujuh gelar untuk Inter.

5 dari 6 halaman

Giovanni Trapattoni

Giovanni Trapattoni meraih kesuskesan besar saat menangani Juventus. Hal itulah yang membuat Inter Milan kepincut untuk merekrutnya pada musim 1986-1987.

Selama lima tahun menangani Inter, Trapattoni berhasil mempersembahkan satu gelar Serie A. Hal itu terjadi pada musim 1988–1989.

Selain di pentas domestik, Inter juga berjaya dalam ajang Eropa. Nerazzurri berhasil menyabet Piala UEFA pada musim 1990-1991.

6 dari 6 halaman

Eugenio Bersellini

Eugenio Bersellini diangkat menjadi pelatih Inter Milan pada tahun 1977. Pria asal Italia itu menghabiskan lima tahun di Giuseppe Meazza.

Bersellini berhasil mengantarkan Inter meraih gelar Serie A pada musim 1979-1980. Dia juga memenangkan Coppa Italia pada musim 1977-1978 dan 1981-1982.

Bersellini hanya memenangkan gelar Serie A bersama Inter. Namun, dia juga pernah menjuara Coppa Italia saat menangani Sampdoria.

Sumber asli: Berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, Published 3/5/2021)

Video Populer

Foto Populer