Sukses


Data dan Fakta Menarik Duel Australia Vs Amerika Serikat di Perebutan Perunggu Olimpiade Tokyo 2020

Bola.com, Jakarta - Timnas Australia akan bertanding melawan Timnas Amerika Serikat pada pertandingan perebutan perunggu sepak bola putri Olimpiade Tokyo 2020 di Stadion Ibaraki Kashima, Kamis (5/8/2021) pukul 15.00 WIB.

Anda dapat menyaksikan pertandingan sepak bola putri Australia versus Amerika Serikat melalui link streaming Olimpiade Tokyo 2020.

Sebelumnya, Timnas Australia mengalami kekalahan di semifinal yang diselenggarakan Senin (02/08/2021). Tim asuhan Tony Gustavsson ini gagal melaju ke final setelah Swedia berhasil mencetak gol tunggal lewat Fridolina Rolfo pada menit ke-46.

Di satu sisi, Amerika Serikat juga gagal dalam pertandingan semifinal. Negara yang sempat digadang-gadang mendapatkan medali emas ini menelan kekalahan di semifinal melalui gol tunggal pemain Kanada, Jessie Fleming di menit ke-74.

Meski kedua tim tumbang di semifinal, bukan berarti harapan medali telah pupus. Mereka akan kembali dipertemukan pada pertandingan perebutan perunggu Olimpiade Tokyo 2020.

Lalu, siapa yang akan memenangkan pertandingan ini? Sembari menunggu laga berlangsung, yuk sama-sama kita tengok beberapa fakta menarik yang meliputi pertemuan ini. 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 5 halaman

Perbandingan Jumlah Medali

Dalam hal perolehan jumlah medali, timnas sepak bola putri Amerika Serikat unggul jauh atas Australia.

Amerika Serikat sudah memenangkan lima medali sepanjang sejarah Olimpiade, di mana lima medali tersebut terdiri dari empat medali emas dan satu medali perak.

Amerika Serikat bahkan memenangkan tiga medali emas secara back to back pada ajang Olimpiade. Yakni Olimpiade Athena 2004, Olimpiade Beijing 2008, dan Olimpiade London 2012.

Di satu sisi, performa timnas Australia jauh di bawah Amerika Serikat. Bahkan Australia belum pernah memenangkan satupun medali lewat cabor sepak bola.

Meskipun begitu, Australia berpeluang memperoleh medali pertamanya saat bersua Amerika Serikat di pertandingan nanti.

3 dari 5 halaman

Imbang di Pertandingan Sebelumnya

Sebelumnya kedua tim pernah saling berhadapan di matchday 3 fase grup Olimpiade Tokyo 2020, 27 Juli lalu. 

 

Walaupun Amerika Serikat sempat diunggulkan di pertandingan ini, Alex Morgan dkk gagal mencatatkan namanya di papan skor saat melawan Australia. Seperti diketahui, pada pertandingan tersebut, skor berakhir imbang 0-0. 

Kala itu, kedua tim tampil solid. Amerika Serikat berhasil mencatatkan shoot sebanyak tujuh kali dan shoot on goal total empat kali. Di satu sisi, Australia juga mencatatkan shoot delapan kali dan shoot on goal sebanyak dua kali.

Meskipun Amerika diperkuat oleh para pemain hebat seperti Carli Lloyd dan Alex Morgan, Australia unggul jauh dalam hal penguasaan bola, yakni sebesar 61 persen.

4 dari 5 halaman

Penyerang Australia Lebih Unggul

Dalam urusan performa ujung tombak kedua tim, ternyata Australia lebih unggul atas Amerika Serikat berkat penyerang Sam Kerr.

Dari 17 shoot yang dilakukan dalam lima pertandingannya di Olimpiade, ia berhasil mencatatkan lima gol. Selain gol, ia juga berhasil mencatatkan satu assist.

Sedangkan Amerika Serikat hanya berhasil mencatatkan satu gol dan satu assist dari Lynn Williams. Penyerang Amerika Serikat lainnya, Christen Press juga mencatatkan hal yang sama.

5 dari 5 halaman

Performa Kedua Tim Di Olimpiade

Dalam lima pertandingan terakhirnya di ajang Olimpiade Tokyo 2020, Amerika Serikat memperoleh dua kemenangan, satu kali seri, dan dua kali kekalahan.

Dua kemenangan mereka sendiri diperoleh saat membantai Selandia Baru 6-1 pada Sabtu (24/07/2021) dan ketika mengalahkan Belanda 4-2 pada adu penalti 30 Juli.

Sedangkan kekalahan mereka dapatkan ketika dikandaskan Swedia di pertandingan pertama fase grup dengan skor 0-3 dan pertandingan semifinal 0-1 atas Kanada.

Di satu sisi, Australia juga memperoleh statistik yang sama dengan dua kemenangan, satu seri, dan dua kekalahan. Kemenangan Australia diperoleh ketika mengalahkan Selandia Baru (2-1) dan Inggris (4-3). Sedangkan kekalahan mereka terima dari Swedia (2-4) dan (0-1).

Di atas kertas, Amerika Serikat tetap akan diunggulkan untuk memenangkan perunggu nanti. Namun Australia tidak bisa dipandang sebelah mata.

Saksikan gelaran pertandingan perebutan perunggu antara Australia versus Amerika Serikat dengan mengklik tautan ini: link streaming Olimpiade Tokyo 2020.

 

Sumber: Olympics

 

Ajang multievent Olimpiade Tokyo 2020 bisa pembaca Bola.com saksikan melalui TV teresterial INDOSIAR dan O Channel. Selain itu juga bisa di layanan over the top (OTT) VIDIO baik gratis maupun berbayar dengan 12 channel tambahannya, serta channel Champions TV 1, 2 dan 3 yang dikelola IEG (Indonesia Entertainment Group), salah satu anak perusahaan di Emtek Group. Yuk nikmati sajian live streamingnya dengan mengklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer