Sukses


Inilah 5 Tim Sepak Bola Putri Tersukses dalam Sejarah Olimpiade

Bola.com, Jakarta - Jika sepak bola putra terkenal dengan timnas Brasil atau Spanyol, maka timnas sepak bola putri terkenal dengan timnas Amerika Serikat.

Pasalnya, negeri Paman Sam ini sukses meraup banyak prestasi di berbagai ajang kompetisi bergengsi di dunia, salah satunya adalah Olimpiade.

Seperti diketahui, timnas sepak bola putri Amerika Serikat baru saja berhasil meraih medali perunggu pertamanya atas Australia dengan skor tipis 4-3 di ajang Olimpiade Tokyo 2020 pada pertandingan yang diselenggarakan Kamis (5/8/2021) kemarin.

Dengan kemenangan tersebut, maka timnas sepak bola putri Amerika Serikat berhasil menambah koleksi medalinya dalam ajang Olimpiade, menjadi negara dengan timnas sepak bola putri paling sukses sepanjang sejarah.

Lalu apakah hanya Amerika Serikat saja yang berhasil memperoleh medali di sepanjang sejarah Olimpiade? Apakah ada timnas sepak bola putri lain yang juga masuk kedalam kategori ‘tersukses’ di ajang Olimpiade? Yuk disimak selengkapnya!

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 6 halaman

1. Amerika Serikat

Dalam hal sepak bola putri, Amerika Serikat tentunya merupakan negara yang paling sukses mendulang banyak prestasi di ajang Olimpiade ini.

Pasalnya, Amerika Serikat berhasil mendapatkan enam medali Olimpiade semenjak cabang olahraga ini dipertandingkan pada Olimpiade Atlanta 1996.

Adapun enam medali tersebut terdiri dari empat medali emas, satu medali perak, dan terakhir satu medali perunggu.

Bahkan tidak hanya itu, timnas Amerika Serikat sudah pernah berhasil meraih tiga medali emas secara back to back, yakni pada Olimpiade Beijing 2008, Olimpiade London 2012, dan Olimpiade Rio 2016.

3 dari 6 halaman

2. Jerman

Timnas Jerman berhasil menduduki posisi kedua dalam hal timnas sepak bola putri tersukses dalam sejarah Olimpiade.

Der Panzer berhasil meraih empat medali di ajang empat tahunan ini. Yakni, satu medali emas (2016), dan tiga buah medali perak (2000,2004,2008) secara back to back.

Meskipun begitu, timnas sepak bola putri Jerman gagal lolos ke Olimpiade Tokyo 2020 ini setelah tersingkir di perempat final Piala Dunia Wanita FIFA 2019 kemarin.

4 dari 6 halaman

3. Norwegia

Sebagai negara yang ‘kurang diunggulkan’ dalam sepak bola, ternyata Norwegia juga termasuk kedalam salah satu negara tersukses di ajang Olimpiade.

Pasalnya, negeri dengan julukan “Land of Midnight Sun” ini berhasil meraih medali emas pada Olimpiade Sydney tahun 2000 silam.

Selain itu, Norwegia juga berhasil meraih satu medali perak pada Olimpiade sebelumnya, yakni Olimpiade Atlanta 1996.

Seperti diketahui, Norwegia sukses meraih medali emasnya ketika berhasil mengalahkan tim samba Brasil 2-0 melalui brace dari Aarones.

5 dari 6 halaman

4. Brasil

Sudah tidak heran jika Brasil selalu dijuluki sebagai negara sepak bola. Baik melalui putra dan putri pasti saja selalu memenangkan kejuaraan bergengsi dari berbagai ajang.

Begitu juga di Olimpiade, tim samba sukses meraih dua medali perak di dua Olimpiade. Yakni Olimpiade Athena 2004 dan Olimpiade Beijing 2008.

Meskipun begitu, timnas sepak bola putri Brasil di Olimpiade Tokyo 2020 kali ini tampil kurang impresif, dimana tim yang dikapteni oleh Marta ini tumbang di perempat final setelah dikalahkan Kanada lewat babak adu penalti (3-4) pada pertandingan yang diselenggarakan Jumat (30/07/2021) silam.

6 dari 6 halaman

5. Jepang

Sebagai salah satu negara dengan sepak bola terhebat di Asia, Jepang juga berhasil masuk kedalam negara dengan sepak bola putri tersukses.

Negeri matahari terbit ini berhasil meraih satu medali perak pada ajang Olimpiade London 2012, dimana saat itu Jepang harus tumbang dari Amerika Serikat 1-2.

Seperti diketahui, sebagai tuan rumah di Olimpiade kali ini, timnas sepak bola putri Jepang juga gagal tampil impresif setelah knock 1-3 oleh Swedia di perempat final.

Itulah 5 negara dengan timnas sepak bola putri tersukses sepanjang sejarah Olimpiade. Dengan lolosnya Swedia dan Kanada di semi final kemarin, maka mereka akan dipertemukan dalam pertandingan final Olimpiade yang diselenggarakan Jumat (6/8/2021) ini. Dengan begitu, posisi lima tim sepak bola putri tersukses di Olimpiade bisa berubah setelah hasil pertandingan kedua tim selesai.

Video Populer

Foto Populer