Sukses


Dramatis Bekuk Swedia, Kanada Sabet Medali Emas Sepak Bola Putri Olimpiade Tokyo 2020

Bola.com, Jakarta - Timnas Kanada meraih medali emas cabang sepak bola putri Olimpiade Tokyo 2020 setelah menang adu penalti 3-2 atas Swedia di Yokohama International Stadium, Jumat (6/8/2021) malam WIB.

Pada babak pertama, Swedia maupun Kanada berusaha menjebol gawang lawannya masing-masing. Meskipun begitu, kiper kedua tim berhasil menangkis serangan yang dilancarkan secara bertubi-tubi tersebut.

Pada menit ke-34, Swedia mencetak gol pertama lewat tendangan Stina Blackstenius berkat umpan pendek Asllani dari sisi kanan lapangan. Dengan ini, Swedia unggul satu gol atas Kanada di babak pertama.

Memasuki babak kedua, pelatih Kanada Bev Priestman memasukkan Julia Grosso dan Leon Adriana untuk meningkatkan frekuensi serangan.

Kanada akhirnya menyamakan kedudukan di menit ke-67 melalui penalti dari Jessie Fleming setelah Amanda Ilestedt melakukan pelanggaran terhadap Christine Sinclair di kotak penalti.

Kedudukan tetap seri sampai peluit babak kedua pertandingan ditiupkan oleh wasit. Karena berakhir imbang, maka kedua tim menjalani babak extra times, yang tetap berujung imbang. Pemenang laga tersebut harus ditentukan melalui adu penalti. 

Pada drama adu penalti, Kanada sempat di ujung tanduk. Dari empat penendang, hanya satu yang masuk yakni Fleming. Tiga pemain lainnya Ashley Lawrence, Vanessa Gilles dan Adriana Leon gagal menunaikan tugasnya dengan baik.

Swedia bisa merebut emas jika penendang kelima, Caroline Seger, mampu menjebol gawang Kanada. Tapi, tendangannya malah melambung. 

Kanada bisa menyamakan skor menjadi 2-2, adapun penendang keenam Swedia Jonna Andersson gagal mengeksekusi penalti. Kanada memastikan medali emas setelah Julia Grosso yang menjadi penendang keenam bisa menaklukkan kiper Swedia.

Kanada berhasil meraih medali emasnya di ajang Olimpiade Tokyo 2020 ini, sedangkan Swedia harus puas medali perak. 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Medali Emas Pertama Sepanjang Sejarah

Dengan kemenangannya di ajang Olimpiade Tokyo 2020, ini menjadi medali emas pertama yang berhasil diraih tim sepak bola putri Kanada sepanjang sejarah Olimpiade.

Sebelumnya, Kanada hanya memperoleh dua medali perunggu pada Olimpiade London 2012 dan Olimpiade Rio 2016.

Kanada telah mengoleksi tiga medali lewat cabang olahraga sepak bola putrinya. Raihan ini menjadikan Kanada sebagai peraih medali terbanyak ketiga setelah Amerika Serikat dan Jerman.

Jika melewatkan pertandingan antara Swedia dan Kanada, anda dapat menyaksikan highlights pertandingannya melalui video di bawah ini.

 

Ajang multievent Olimpiade Tokyo 2020 bisa pembaca Bola.com saksikan melalui TV teresterial INDOSIAR dan O Channel. Selain itu juga bisa di layanan over the top (OTT) VIDIO baik gratis maupun berbayar dengan 12 channel tambahannya, serta channel Champions TV 1, 2 dan 3 yang dikelola IEG (Indonesia Entertainment Group), salah satu anak perusahaan di Emtek Group. Yuk nikmati sajian live streamingnya dengan mengklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer