Sukses


Jadi Pahlawan Chelsea di Piala Super Eropa, Thomas Tuchel Sebut Kepa Arrizabalaga Jago Banget Menahan Penalti

Bola.com, Belfast - Kepa Arrizabalaga kembali dieluk-elukan penggemar Chelsea. Kiper asal Spanyol itu menjadi pahlawan timnya di Piala Super Eropa.

Chelsea berhasil meraih gelar Piala Super Eropa setelah mengalahkan Villarreal 6-5 melalui babak adu penalti seusai bermain 1-1 selama 120 menit di Windsor Park, Belfast, Irlandia Utara, Kamis (12/8/2021) dini hari WIB.

Kepa Arrizabalaga baru bermain di pengujung babak tambahan alias pada menit ke-119 untuk menggantikan Edouard Mendy demi dipersiapkan di adu tos-tosan.

Kepercayaan dari pelatih Chelsea, Thomas Tuchel mampu dimanfaatkan oleh Kepa Arrizabalaga. Penjaga gawang berusia 26 tahun ini sukses menggagalkan dua eksekutor Villarreal.

Tuchel mengungkapkan alasan lebih percaya kepada Kepa Arrizabalaga ketimbang Edouard Mendy pada adu penalti. Semua berawal dari informasi yang didapatkannya ketika melawan Barnsley pada babak kelima Piala FA musim lalu.

"Ketika saya datang ke Chelsea dan tim bermain melawan Barnsley di Piala FA, saya mendapatkan statistik dan saya menyiapkannya," kata Tuchel dinukil dari laman klub.

"Kepa Arrizabalaga punya persentase paling baik dalam menyelamatkan penalti. Tim analisis dan pelatih kiper menunjukkan datanya. Lalu kami berbicara dengan Kepa bahwa pergantian pemain bisa terjadi ketika kami memainkan pertandingan gugur," jelas Tuchel.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Perbandingan Kepa Arrizabalaga dan Edouard Mendy

Pernyataan Tuchel ada benarnya. Berdasarkan statistik Transfermarkt, Kepa Arrizabalaga lebih jago daripada Edouard Mendy soal menahan tendangan penalti meski tidak terjadi di babak adu penalti.

Dari 22 penalti yang pernah dihadapinya, Kepa Arrizabalaga berhasil menepis lima di antaranya. Sementara Edouard Mendy, hanya memblok dua dari 24 tendangan 12 pas.

"Sejak saat itu, keduanya tahu. Sungguh luar biasa bagaimana Edouard Mendy menerimanya. Sungguh luar biasa pula bagaimana pembicaraan yang berlangsung pada pagi hari sebelum melawan Barnsley," imbuh Tuchel.

"Orang-orang ini adalah pemain sejati di dalam tim. Saya senang untuk Kepa dan saya juga senang untuk Edouard Mendy," tutur Tuchel.

Sumber: Chelsea, Transfermarkt

Video Populer

Foto Populer