Sukses


Liga Italia: Buka-bukaan Del Piero soal Anggapan Cristiano Ronaldo Proyek Gagal di Juventus

Bola.com, Jakarta - Legenda Juventus, Alessandro Del Piero, tidak melihat transfer Cristiano Ronaldo sebagai kegagalan. Juventus sudah tepat membelinya tapi gagal membangun tim untuk mendukungnya.

Juventus membeli Cristiano Ronaldo dari Real Madrid dengan harga 100 juta euro pada 2018 lalu. Juventus kemudian juga memberikan gaji sangat tinggi bagi pemain asal Portugal, 31 juta euro per musim.

Misi besar Juventus bersama Ronaldo adalah meraih gelar juara Liga Champions. Ronaldo selalu meraih gelar penting itu pada dua klub yang pernah dibelanya, Real Madrid dan Manchester United.

Ronaldo gagal memberikan gelar juara Liga Champions kepada Juventus. Bahkan, pada musim terakhirnya, Ronaldo juga tidak mampu membawa Juventus mempertahankan gelar scudetto yang diraih sembilan musim beruntun.

Tapi, Del Piero merasa transfer Ronaldo bukan sebuah kegagalan.

"Ronaldo adalah seorang juara dan dia harus direkrut. Sebaliknya, masalahnya adalah kegagalan tim untuk tumbuh di sekitar superstar," ucap Del Piero dikutip dari Gazzetta dello Sport.

2 dari 4 halaman

Contoh Proyek Manchester City

Menurut Del Piero, gelar juara tidak selalu menjadi ukuran sukses dari sebuah proyek. Eks penyerang timnas Italia itu kemudian menunjuk Manchester City yang belum meraih gelar juara walau sudah mengeluarkan banyak uang.

"Kami sering menilai penampilan Cristiano Ronaldo hampir tidak ada hubungannya dengan Juventus dan itu merupakan gejala dari sesuatu yang tidak berhasil," kata Del Piero.

"Hasil di Eropa belum normal, tetapi jika kami berpikir bahwa Manchester City belum memenangkan Liga Champions, kami memahami bagaimana investasi tidak selalu identik dengan kemenangan," tegas Del Piero.

3 dari 4 halaman

Juventus Tetap Kompetitif

Ronaldo telah menjadi pemain yang sangat dominan di lini depan Juventus dalam tiga musim terakhir. Kini, tanpa pemain 36 tahun, Del Piero masih yakin bahwa Juventus tetap punya skuad yang cukup kompetitif.

"Saya tidak berpikir kita harus berbicara tentang siap atau tidak siap. Jelas, Ronaldo tidak ingin bertahan," kata Del Piero.

"Jika pertanyaannya mengacu pada bagaimana dia digantikan, saya katakan bahwa kita harus mengukur diri kita dengan sumber daya ekonomi. Saya masih berpikir bahwa serangan Juventus bisa sangat kompetitif," tutupnya.

Sumber: Gazzetta dello Sport

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, Published 15/09/2021)

4 dari 4 halaman

Di Mana Posisi Juventus Saat Ini?

Video Populer

Foto Populer