Sukses


Gianluigi Buffon dan 5 Bintang Sepak Bola yang Mungkin Pensiun Tahun Depan

Bola.com, Jakarta - Ada banyak faktor yang membuatĀ pemain sepak bola profesional harus pensiun. Satu di antaranya adalah usia yang sudah tidak muda lagi.

Sehebat apa pun pemain, mereka sering mengalami penurunan kondisi fisik saat memasuki usia senja. Mereka tak mampu lagi tampil dalam performa terbaiknya.

Pesepak bola profesional umumnya pensiun pada usia sekitar 35 tahun. Meski begitu, ada juga pemain yang sanggup bermain hingga usia 40 tahun.

Saat ini ada sejumlah pemain ternama yang tengah memasuki usia pensiun. Bisa jadi mereka akan memutuskan untuk gantung sepatu pada tahun depan.

Berikut ini enam pemain sepak bola top yang bisa pensiun pada tahun 2022.

2 dari 7 halaman

Gianluigi Buffon

Gianluigi Buffon punya karier yang sangat sukses bersama Juventus. Di berhasil meraih 10 gelar Serie A serta lima gelar Coppa Italia selama bermain di Turin.

Buffon juga pernah memperkuat PSG selama satu musim. Namun, mantan kiper timnas Italia tersebut memutuskan untuk kembali ke Parma awal musim ini.

Buffon saat ini sudah berusia 43 tahun. Sangat wajar apabila sang kiper akan pensiun pada 2022.

3 dari 7 halaman

Luka Modric

Luca Modric merupakan salah satu gelandang terbaik di generasinya. Pemain asal Krosia tersebut sudah bemain untuk Real Madrid sejak tahun 2012 silam.

Ada banyak prestasi yang diraih Modric bersama Los Blancos. Itu termasuk dua gelar La Liga dan empat Liga Champions. Modric juga meraih penghargaan Ballon d'Or 2018.

Pada usia 36 tahun, Modric masih mendapat kesempatan bermain di Santiago Bernabeu. Dengan kontraknya yang akan habis pada 2022, Modric berpeluang mengakhiri karier yang luar biasa tahun depan.

4 dari 7 halaman

Thiago Silva

Thiago Silva memutuskan untuk datang ke Chelsea pada musim lalu. Dia ingin mencicipi kerasnya Premier League setelah bermain bersama PSG selama bertahun-tahun.

Meski sudah tidak muda lagi, Silva mampu menjadi salah satu pemain terpenting di lini pertahanan Chelsea. Dia berhasil membantu klub memenangkan Liga Champions pada musim pertamanya di klub.

Meski masih tampil di level teratas, Silva saat ini sudah berusia 36 tahun. Kontraknya di Stamford Bridge habis pada 2022 dan dia bisa saja mengakhiri kariernya setelah itu.

5 dari 7 halaman

Giorgio Chiellini

Giorgio Chiellini merupakan pemain yang sudah cukup lama membela Juventus. Dia menghabiskan 17 tahun bersama raksasa Italia tersebut.

Setelah bergabung dengan Juventus pada 2004, Chiellini telah mencatatkan lebih dari 530 penampilan untuk klub. Dia juga telah meraih berbagai trofi bergengsi.

Pemain berusia 37 tahun itu meneken kontrak baru bersama Juventus pada musim panas ini. Namun, musim 2021/22 bisa menjadi musim terakhir dalam karier bermainnya.

6 dari 7 halaman

David Silva

David Silva mengawali karier bermainnya di Valencia. Gelandang asal Spanyol tersebut kemudian pindah ke Manchester City pada tahun 2010.

Karier Silva semakin melejit setelah pindah ke Premier League. Dia berhasil memenangkan banyak gelar bergengsi dan menjadi legenda di Etihad Stadium.

Setelah menghabiskan 10 musim bersama The Citizens, Silva kembali ke Spanyol dengan bergabung Real Sociedad. Pemain berusia 35 tahun itu bisa mengakhiri kariernya yang luar biasa pada akhir musim nanti.

7 dari 7 halaman

Zlatan Ibrahimovic

Zlatan Ibrahimovic merupakan salah satu striker terbaik dalam dunia sepak bola. Dia pernah membela sejumlah klub top Eropa seperti Juventus, Inter Milan, Barcelona, PSG dan sekarang AC Milan.

Meski sudah tidak muda lagi, Ibrahimovic masih sanggup mencetak gol untuk Rossoneri. Dia sampai sejauh ini sudah mencatatkan 485 gol dalam sepanjang kariernya di level klub.

Namun demikian, Ibrahimovic akan berusia 40 tahun bulan depan. Sangat mungkin bahwa dia akhirnya akan gantung sepatu di tahun 2022 nanti.

Sumber: Berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, 23/9/2021)

Komentar Xavi Hernandez usai Barcelona turun kasta

Video Populer

Foto Populer