Sukses


Yanto Basna Sempat Menemui Duo Timnas Indonesia di Sela Play-off Kualifikasi Piala Asia 2023, Netizen: Ajak Main di Thailand!

Bola.com, Buriram - Pemain Indonesia yang tengah berkarier di Thailand, Yanto Basna, menyempatkan diri untuk menemui Timnas Indonesia saat tengah berada di Buriram untuk menjalani dua leg play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 pada 7 dan 11 Oktober 2021. Yanto Basna pun bertemu dengan dua pemain asal Papua yang turut dalam skuad Garuda, Ramai Rumakiek dan Ricky Kambuaya.

Dua pemain asal Papua tersebut memang memberikan kontribusi yang luar biasa dalam kemenangan yang diraih Timnas Indonesia dalam dua leg pertandingan play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 menghadapi Chinese Taipei. Ramai Rumakiek mencetak gol dalam laga debutnya bersama Tim Garuda dan membantu tim asuhan Shin Tae-yong menang 2-1 pada leg pertama.

Sementara Ricky Kambuaya mencetak gol ketika Timnas Indonesia meraih kemenangan 3-0 atas tim yang sama empat hari berselang. Timnas Indonesia pun melangkah ke babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 berkat kemenangan dengan agregat 5-1 itu.

Ketika tengah berada di Thailand itu, dua pemain asal Papua itu kedatangan kakak mereka, Rudolof Yanto Basna, pemain Indonesia asal Papua yang tengah berkarier di Thailand. Yanto Basna memang tidak mendapatkan panggilan dari Timnas Indonesia karena masih dalam kondisi cedera.

Kebersamaan Yanto Basna dan kedua pemain Timnas Indonesia itu pun diabadikan dalam foto dan diunggah oleh pemain berposisi stoper itu ke media sosialnya, baik Instagram maupun Facebook. Dalam unggahan di Facebook, Yanto Basna menuliskan pesan yang mendalam.

"Pada kesempatan yang sama, sekalian mengunjungi adeku berdua, langkah awal yang baik. Kalau Tuhan sayang, di tahun-tahun yang akan datang bisa terbang berkarier di luar lagi. Tetap fokus dan konsisten #anakpapuabisa We can do it! Welcome to Thailand," tulis Yanto Basna untuk dua pemain Timnas Indonesia itu di laman Facebook miliknya.

2 dari 3 halaman

Netizen: Ajak Main di Thailand

Tidak hanya mengunggah kebersamaan tersebut di laman Facebook miliknya, Yanto Basna juga mengunggahnya melalui Instagram miliknya.

Dalam caption foto kebersamaannya dengan dua pemain Timnas Indonesia asal Papua itu, Yanto Basna menuliskan, "Trus melangkah maju adeku."

Unggahan tersebut pun mendapatkan begitu banyak respons dari netizen. Banyak dari warganet asal Indonesia yang mengikuti media sosial Yanto Basna mengusulkan agar pemain berusia 26 tahun itu mengajak dua pemain Timnas Indonesia itu juga berkarier di Thailand seperti yang dilakukannya.

"Ajak main di luar negeri bang, keluar dari zona nyaman. Bang Yanto Basna bisa menjadi role model anak-anak Papua," tulis @banoy.jpg memberikan dukungan.

Senada dengan respons warganet tersebut, ada pula yang meminta agar Yanto Basna membujuk kedua pemain tersebut untuk segera mengikuti jejaknya.

"Hasut mereka dong biar pada abroad. Mereka bakal lebih berkembang jika bermain di liga profesional," tulis @ardi_stwn_

 

3 dari 3 halaman

Bertemu juga dengan Shin Tae-yong dan Yoo Jae-hoon

Tidak hanya bertemu dengan Ramai Rumakiek dan dua pemain Timnas Indonesia asal Papua itu, Yanto Basna juga bertemu dengan rekan seangkatannya yang berkembang bersama dari masa remaja, yaitu Yabes Roni.

Selain itu Yanto Basna bertemu dengan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, dan asistennya yang juga mantan kiper Persipura Jayapura asal Korea Selatan, Yoo Jae-hoon.

Yanto Basna dan dua pelatih di Timnas Indonesia itu pun tampak asyik berbincang dan kemudian berfoto bersama yang diunggah oleh Yanto Basna ke laman Facebook miliknya.

"Senang bisa bertemu dan berbincang dengan Coach Shin dan kaka Yoo Jae-hoon. Semoga di lain kesempatan bisa bekerja sama #comebackstronger," tulis Yanto Basna yang di dalam foto tersebut tampak menggunakan tongkat siku elboy yang membantunya untuk berdiri.

Video Populer

Foto Populer