Sukses


Termasuk Arjen Robben, 5 Pesepak Bola Top Ini Berhasil Sembuh dari Kanker

Bola.com, Jakarta - Penyakit kanker sangat berbahaya dan tentunya tidak diinginkan setiap orang. Karena penyakit kanker berpotensi merenggut nyawa bagi yang mengidapnya.

Penyakit ini tidak pandang bulu. Semua orang dari berbagai kalangan dari latar belakang apapun, termasuk para atlet pesepak bola profesional..

Baru-baru ini, nama pemain Bournemouth, David Brooks, mencuat karena mengidap kanker di usianya yang masih menginjak 24 tahun. Brooks mundur dari skuad timnas Wales untuk laga Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Alasan kesehatan membuatnya mengundurkan diri. Beberapa waktu kemudian, Brooks juga diketahui mengidap kanker getah bening.

Bournemouth mengonfirmasi bahwa dirinya segera mendapatkan perawatan intensif untuk kesembuhan dirinya. Namun, Brooks harus semangat, karena beberapa pesepak bola berhasil menang dari pertarungan melawan kanker dan bisa melanjutkan karier.

Berikut ini daftar pesepak bola yang menang dalam pertarungan melawan penyakit kanker. 

 

2 dari 6 halaman

Jonas Gutierez

Pemain asal Argentina yang pernah bermain di kancah Premier League dalam beberapa waktu ini, pernah menderita penyakit kanker pada masanya.

Namun, saat itu Jonas Gutierrez yang baru sembuh dari kanker testis pada 2013. Ia mendapatkan perlakuan kurang mengenakan dari klub yang saat ini menjadi klub paling kaya di Premier League, Newcastle.

Gelandang senior asal Argentina ini menjelaskan saat dua bulan dirinya menjalani penyembuhan, sang manager saat itu menghubungi dirinya dan mengatakan bahwa dirinya sudah tidak dibutuhkan oleh The Magpies dan dipersilahkan untuk pergi dari Newcastle.

Dirinya yang tak kehabisan akal menggugat kasus tersebut yang padahal pada musim 2014/15 kehadiran dirinya lah yang membantu Newcastle lolos dari zona merah degradasi. Dan benar, musim selanjutnya setelah Newcastle melepas dirinya mereka terdegradasi dalam satu musim.

3 dari 6 halaman

German Burgos

Sang asisten pelatih dari Diego Simeone ini merupakan nama selanjutnya yang pernah berjuang melawan kanker. German Burgos merupakan salah satu dalang kesuksesan Los Rojiblancos yang mampu menjadi pesaing berat Barcelona dan Real Madrid dalam beberapa dekade terakhir.

Burgos didiagnosis menderita kanker stadium pada ginjalnya saat dirinya masih bermain untuk Atletico Madrid pada 2003 silam. Saat itu usianya masih menginjak 33 tahun, tetapi dirinya yang tak kenal menyerah mampu menjalani operasi dan kembali kelapangan dengan baik.

Dalam sebuah wawancara pada 2017 oleh El Mundo, pria asal Argentina tersebut mengatakan bahwa, beberapa orang yang mendapatkan diagnosis penyakit tersebut banyak yang meminta nasihat kepada dirinya. Perlu diingat dirinya mendapatkan penyakit yang sama dengan sang legenda Belanda, Johan Cruyff.

4 dari 6 halaman

Jose Francisco Molina

Kiper berkebangsaan Spanyol yang menghabiskan sebagian besar waktunya di La Liga ini, pernah didiagnosis dan berjuang menghadapi kanker testis.

Saat itu dirinya meminta pensiun sebentar untuk kesembuhannya, tetapi tiga bulan kemudian setelah dirinya mendapatkan izin dari dokter, dirinya diberikan lampu hijau untuk kembali bermain sampai tahun 2007.

Dirinya merupakan kiper yang cukup hebat yang pernah membela nama Villarreal, Atletico Madrid, Deportivo, dan Levante. Kini setelah pada 2007 silam dirinya memutuskan pensiun saat ini dirinya tengah bekerja sebagai direktur olahraga timnas Spanyol.

5 dari 6 halaman

Eric Abidal

Eric Abidal merupakan pemain yang sangat terkenal dalam cerita dirinya yang berjuang menghadapi kanker. Pemain yang besar bersama Barcelona ini pernah berjuang melawan kanker hati pada 2011 silam.

Namun, hebatnya pemain bertahan tersebut mampu bermain sangat baik di final UCL yang pada saat itu mereka berhadapan dengan tim kuat Manchester United. Abidal mampu menjadi sosok yang paling inspiratif setelah dirinya beberapa kali melawan kanker.

Tragedi tersebut kembali menimpanya pada 2012 silam, Abidal harus kembali menjalani pengobatan usai terdapat komplikasi yang belum sepenuhnya selesai dari operasi pertama pada 2011. Saat itu dirinya juga belum diprediksi kapan dirinya bisa comeback. Namun, berkat kerja kerasnya, pada 2013 ia diberikan lampu hijau oleh sang dokter untuk kembali kelapangan.

Namun, sayangnya dirinya tidak mendapatkan perpanjangan kontrak oleh Blaugrana dan memutuskan bergabung dengan AS Monaco selama beberapa waktu dan menutup karirnya di Olympiakos pada 2015 silam.

6 dari 6 halaman

Arjen Robben

Pemain sayap yang pernah berjaya bersama Chelsea, Real Madrid, dan Bayern Munchen ini pernah menemukan sebuah benjolan pada testis kirinya yang membuat dirinya stres.

Namun, beruntung saat itu dirinya langsung mendapatkan operasi saat pada 2004 silam, dirinya baru bergabung dengan Chelsea. Arjen Robben mendapatkan penyakit tersebut pada usianya yang masih 20 tahun,

Namun, usai berbagai perawatan yang sukses, karirnya pun melejit dan menjadi salah satu pemain terbaik dunia. Dirinya dikenal dengan duetnya di Bayern bersama Ribery dengan julukan Robbery selama beberapa waktu yang cukup lama berada disana.

Saat ini Robben sudah memutuskan pensiun dari dunia sepak bola di usianya yang sudah menginjak 37 tahun.

Sumber: berbagai 

Disadur dari Bola.net (Serafin Unus Pasi, published 14/10/2021)

Video Populer

Foto Populer