Sukses


Liga Italia: Gianluigi Buffon Bela Keputusan Cristiano Ronaldo Hengkang dari Juventus

Bola.com, Turin - Mantan kiper Juventus, Gianluigi Buffon, mengomentari langkah Cristiano Ronaldo yang meninggalkan Bianconeri pada musim panas 2021. Menurutnya, Ronaldo sudah mengambil keputusan yang tepat.

Buffon menghabiskan dua musim bersama Cristiano Ronaldo di Turin. Pemain asal Portugal itu memilih meninggalkan Juventus untuk kembali ke Manchester United pada musim panas 2021. 

Padahal, Ronaldo merupakan mesin gol andalan di Juventus. Pemain berjuluk CR7 tersebut mengemas 101 gol dalam 134 penampilan bersama Bianconeri. Meski Ronaldo tetap subur pada musim lalu, Juventus gagal juara Serie A maupun Liga Italia. 

Dia kemudian memilih mencari tantangan baru, kembali ke tim yang membesarkan lamanya. Sebelumnya, Ronaldo pernah bermain bersama Setan Merah pada periode 2003-2009.  

"Jika Cristiano Ronaldo tidak yakin bertahan, pergi adalah keputusan yang tepat," kata Buffon, seperti dikutip dari Football Italia, Selasa (23/11/2021). 

 

2 dari 3 halaman

Tak Salahkan Donnarumma

Buffon juga tidak menyalahkan Gianluigi Donnarumma yang hijrah ke PSG dengan berstatus bebas transfer setelah kontraknya di AC Milan habis pada musim panas 2021. 

Kiper berusia 22 tahun tersebut meneken kontrak di PSG hingga Juni 2026, tapi masih kesulitan mendapatkan menit bermain. Bahkan, ia mengaku resah gara-gara persaingannya dengan Keylor Navas yang masih jadi kiper utama. 

"Saya rasa keputusan Gigio (panggilan Donnarumma) sangat dibenarkan," ujar Buffon, kepada Calciomercato. 

"Dia menghadapi beberapa momen silit. Tapi, saya rasa dia akan menjadi starter reguler pada masa mendatang," imbuh Buffon. 

 

3 dari 3 halaman

Tak Buang Kesempatan

Buffon, yang kini bermain di Parma, juga pernah menghabiskan satu musim di PSG. Dia meninggalkan Juventus pada 2018 setelah kontraknya habis, kemudian gabung ke klub raksasa Ligue 1 itu. 

Namun, ia hanya bertahan semusim di PSG, kemudian malah kembali ke Turin pada 2019. 

"Saya sudah bilang kepada agen ingin pensiun.  Saya pikir saya akan bermain di Piala Dunia dan di sanalah saya ingin mengakhiri karier saya," jelasnya.

“Saya bisa berubah pikiran hanya jika Real Madrid, Barcelona, atau PSG telah menelepon. Setelah 20 hari, saya menerima telepon dari Paris dan saya pikir sayang untuk menyia-nyiakan kesempatan," imbuhnya. 

Sumber: Football Italia 

 

Video Populer

Foto Populer