Sukses


Jurnalis Italia Sebut Jorginho Lebih Layak Menang Ballon d'Or 2021 ketimbang Lionel Messi, Ini Alasannya

Bola.com, Jakarta - Lionel Messi memenangi Ballon d'Or 2021. Ini merupakan trofi ketujuh bagi La Pulga.

Pemenang Ballon d'Or 2021 ditentukan lewat voting, sudah pasti tidak semua suara setuju bahwa Lionel Messi pantas menang. Jurnalis asal Italia bernama Paolo Condo punya penjelasan mengapa Jorginho lebih pantas meraihnya.

France Football menghelat gala penghargaan Ballon d'Or di Paris pada Selasa (30/11/2021) dini hari WIB. Penghargaan ini akhirnya kembali diberikan setelah sempat dibatalkan pada tahun 2020 lalu karena pandemi COVID-19.

Gelar Ballon d'Or jatuh kepada Lionel Messi dengan perolehan 613 poin, jauh melebihi Robert Lewandowski yang berada di peringkat ketiga dengan 580 poin. Peringkat ketiga dihuni Jorginho yang mengantongi 460 poin.

Keputusan tersebut membuat banyak orang kecewa. Sebab Messi, terlepas dari kemampuan olah bolanya dii lapangan yang tidak menurun, tidak meraih prestasi membanggakan selain trofi Copa America 2020 bersama Timnas Argentina.

Ketimbang Messi, publik sebenarnya lebih menjagokan Jorginho sebagai peraih gelar tersebut. Jorginho adalah pemain vital dalam keberhasilan Chelsea menjuarai Liga Champions dan Timnas Italia di ajang Euro 2020.

Memang, Jorginho tidak memiliki kemampuan olah bola yang sama baiknya seperti Messi, juga mata untuk membidik gawang lawan dan mencetak gol. Tetapi Jorginho bisa memainkan peran sebagai pengatur serangan dengan sangat baik.

Itulah yang menjadi alasan Condo memilih Jorginho. Seperti yang diketahui, pemenang Ballon d'Or ditentukan oleh suara 180 jurnalis dari seluruh dunia, dan Condo merupakan salah satu pemegang hak tersebut setiap tahunnya.

"Chelsea bukan unggulan pemenang Liga Champions pada awal musim dan sama halnya dengan Italia di Euro. Jorginho memegang peran kunci buat kedua tim. Itulah mengapa saya memilih dia," ujarnya kepada Sky Sport Italia.

  

2 dari 3 halaman

Penilain Subjektif

Dalam sistem pemungutan suara, para jurnalis diberi kebebasan untuk memilih lima pemain jagoan sesuai dengan urutan. Condo memilih Jorginho, disusul Karim Benzema, Messi, Robert Lewandowski dan Simon Kjaer.

Pemilihan Condo mungkin bisa bersifat bias, mengingat dirinya adalah warga Italia sama seperti Jorginho. Namun ia mengaku kalau pada edisi-edisi sebelumnya tidak pernah menjagokan pemain yang memiliki latar belakang seperti dirinya.

"Itulah mengapa saya memilih dia, bukan karena dia adalah orang Italia. Saya tidak pernah memilih kompatriot pada edisi sebelumnya," ujar Condo yang bekerja buat La Reppublica dan Sky Sport Italia.

Sumber: Sky Sport Italia

Disadur dari: Bola.net (Yaumil Azis, 30/11/2021)

3 dari 3 halaman

Daftar Penghargaan

Ballon d'Or - Lionel Messi

Yashin Trophy - Gianluigi Donnarumma

Kopa Trophy - Pedri

Striker of the Year - Robert Lewandowski

Club of the Year - Chelsea

Women's Ballon d'Or - Alexia Putellas

Sumber: France Football

Video Populer

Foto Populer