Sukses


Liga Italia: Marotta Puyeng, Pemain Inter Milan Sudah Pemanasan di Stadion Tiba-Tiba Duel Vs Bologna Batal

Bola.com, Bologna - Liga Italia Serie A menghadapi gangguan serius pada jadwal pertandingannya menyusul serentetan wabah COVID-19 di klub-klub Italia. Terbaru menimpa laga antara Bologna vs Inter Milan, di mana para pemain tuan rumah tak hadir meski tim tamu sudah melakukan pemanasan di Stadio Renato Dall'Ara, Kamis (6/1/2022) sore waktu setempat.

Sehari sebelumnya, Bologna sebenarnya telah mengumumkan bahwa Gary Medel, Federico Santander, Sydney van Hooijdonk dan Emanuel Vignato diketahui positif COVID-19. Manajemen klub bersikeras bahwa otoritas kesehatan telah diberitahu.

Menjelang pertandingan, Bologna mengeluarkan pernyataan yang mengonfirmasi bahwa mereka telah meminta Serie A untuk menunda duel kontra Inter Milan serta laga tandang mereka ke Cagliari pada akhir pekan. Mereka juga menyatakan bahwa Azienda Unita Sanitaria Locale di Bologna, otoritas kesehatan setempat, telah memerintahkan seluruh skuad untuk dikarantina selama minimal lima hari dan melarang mereka mengikuti pertandingan hingga minggu depan.

Lucunya, Inter Milan tetap datang ke Stadio Renato Dall'Ara dan melakukan pemanasan menjelang pertandingan yang pada akhirnya tidak digelar. Bologna juga mengklaim telah mengumumkan bahwa stadion akan ditutup untuk umum, yang berarti tidak ada penonton sebelum, selama, dan setelah pertandingan.

Dalam wawancara internal dengan situs web klub, CEO Inter Beppe Marotta mengungkapkan rasa frustrasinya atas situasi tersebut. Ia merasa kalau Bologna siap tampil. "Pertama-tama kami menegaskan kembali tujuan utama dari semua; untuk menjaga kesehatan para pemain, para penggemar, semua orang yang berputar di sekitar olahraga ini," katanya.

"Bologna sudah siap turun ke lapangan tapi mereka harus tunduk pada keputusan ASL [otoritas kesehatan setempat]. Kami membutuhkan protokol yang membatasi kewenangan ASL, jika tidak, situasi ini akan terulang."

"Masalah protokol telah dibahas di Dewan Liga, yang akan diumumkan dengan komunikasi resmi. Kami puyeng dengan situasi ini."

 

2 dari 4 halaman

Tidak Sinergis?

Marotta mengklaim ASL bertindak tanpa komunikasi jelas dengan operator Liga Italia. Ia heran kenapa laga Bologna vs Inter Milan ditunda, sementara Spezia kontra Hellas Verona akan tetap dimainkan meski ada banyak pemain Venezia yang positif COVID.

"Ada pertandingan yang ditunda dan lainnya yang akan dimainkan, ini karena setiap ASL memutuskan secara mandiri. Jadi ada kasus seperti Bologna vs Inter, yang tidak akan dimainkan, atau kasus Spezia vs Hellas Verona yang akan tetap dimainkan."

Marotta juga menyerukan pembicaraan dengan pemerintah Italia dan kementerian terkait.

"Saya tentu berharap untuk pengenalan kewajiban vaksinasi penuh untuk semua pemain. Jika semua pemain mendapat dosis ketiga, penyebaran virus dan kerusakan kesehatan akan sangat terbatas. Hari ini kita memiliki skenario yang berarti kita tidak tahu seperti apa akhirnya. Saya berharap semua atlet memiliki vaksin lengkap."

3 dari 4 halaman

Inter Milan Bisa Menang 3-0

Serie A pada dasarnya memutuskan tidak akan menunda apapun pertandingan pada pekan ke-20. Artinya laga Bologna versus Inter Milan harus terus dilakukan.

Karena situasi tidak memungkinkan untuk Bologna, maka Inter Milan berpotensi menang dengan skor 3-0 atas Bologna tanpa harus memeras keringat.

Mengutip situs Football Italia, syaratnya Inter Milan tetap harus hadir ke stadion Bologna dan melakukan persiapan pertandingan dengan anggapan tidak ada yang terjadi.

Setelah 45 menit menunggu lawan, laga bakal dinyatakan batal. Bologna pun dihukum kekalahan 0-3 dan kehilangan satu poin di klasemen akibat COVID-19.

Untuk diketahui hal sama sempat terjadi pada laga Napoli versus Juventus pada tahun 2020. Kala itu tim Napoli meminta banding karena dianggap kalah 0-3 akibat banyaknya kasus COVID-19 di tim. Banding disetujui dan laga dijadwal ulang.

4 dari 4 halaman

Persaingan di Liga Italia Serie A 2021/2022

Video Populer

Foto Populer