Sukses


6 Messi dari Seluruh Dunia: Selain Egy Maulana Vikri, Ada Siapa Lagi?

Bola.com, Jakarta - Bintang sepak bola asal Argentina, Lionel Messi, telah menjadi pesepak bola legendaris dunia meski masih aktif bermain. Bintang yang dibesarkan oleh Barcelona dan kini bermain bersama Paris Saint-Germain (PSG) itu pun kerap menjadi label bagi pemain lain yang dinilai punya kemiripan dengannya, baik secara postur tubuh maupun permainan.

Lionel Messi boleh dibilang merupakan pemain terbaik dalam sejarah permainan sepak bola. Sebagai sebuah bukti nyata, Lionel Messi telah menyabet tujuh Ballon d'Or dalam sepanjang kariernya, terbanyak di antara pemain lain, bahkan rivalnya, Cristiano Ronaldo, sekalipun.

Begitu hebatnya Lionel Messi, yang didukung dengan karakter yang jelas, seorang pesepak bola bertubuh mungil yang punya kecepatan tinggi dan akurasi tembakan yang luar biasa untuk mencetak gol, telah menjadi label bagi banyak pesepak bola lain dari seluruh dunia.

Sebagai sebuah contoh, pada 2011 lalu, bintang muda sepak bola Indonesia, Andik Vermansah, pernah mencuri perhatian banyak media asing karena permainannya bersama Persebaya Surabaya.

Tubuhnya yang mungil dan kecepatan yang luar biasa membuat Andik sempat mendapatkan label Messi dari Indonesia, label yang kini disematkan kepada Egy Maulana Vikri.

Egy Maulana Vikri yang namanya mulai besar kala membela Timnas Indonesia U-19 sempat mendapatkan julukan serupa, Messi dari Indonesia. Bahkan dengan kualitas yang dimilikinya, Egy kini berkarier di Eropa bersama klub Slovakia, FK Senica, setelah sempat bermain di Polandia bersama Lechia Gdansk.

Lalu siapa lagi pemain-pemain yang mendapatkan label yang melibatkan Messi?

2 dari 3 halaman

Pemain Berlabel Messi

Permainan Lionel Messi memang telah menjadi role model untuk pemain-pemain di seluruh dunia yang memiliki postur tubuh yang mungil dan memiliki kecepatan tinggi. Selain nama Andik Vermansah atau kini Egy Maulana Vikri di Indonesia, ada pula sejumlah pemain dari belahan dunia lain yang juga mendapatkan julukan serupa.

Tidak perlu terlalu jauh. Bintang Timnas Thailand yang baru saja menjuarai Piala AFF 2020 dengan mengalahkan Timnas Indonesia di laga final, Chanathip Songkrasin, juga mendapatkan julukan Messi dari Thailand.

Dengan tubuh yang mungil, kecepatan tinggi, serta akurasi tembakan yang membawanya mencetak banyak gol, jelas menjadi alasan kuat dirinya mendapatkan julukan tersebut.

Selain itu ada pula Takefusa Kubo, pemain asal Jepang yang kini berkarier di Spanyol bersama Mallorca sebagai pemain pinjaman dari Real Madrid. Menariknya, Takefusa Kubo memang sebelumnya merupakan jebolan La Masia, akademi Barcelona yang juga membesarkan Messi. Hal itu membuatnya makin santer disebut sebagai Messi dari Jepang.

Namun, setelah kembali ke Jepang dan bergabung bersama Tokyo FC dan sempat dipinjamkan ke Yokohama Marinos, Takefusa Kubo kembali ke Spanyol tapi tak lagi bergabung bersama Barcelona, melainkan rival bebuyutan mereka, Real Madrid.

Kembali ke Asia Tenggara, ada pula Messi dari Vietnam yang dilekatkan kepada Nguyen Quang Hai. Bintang Timnas Vietnam ini memang memiliki atribut yang sangat mirip dengan Messi.

Ia berpostur 168 cm, berkaki kiri, dan terbiasa bermain sebagai penyerang sayap. Sebuah media Vietnam sempat memberinya julukan Messi dari Dong Anh, di mana itu merupakan sebuah distrik di Kota Hanoi yang menjadi tempat kelahiran sang pemain.

 

3 dari 3 halaman

Daftar Pemain dengan Label Messi

  • Takefusa Kubo = Messi dari Jepang
  • Chanathip Songkrasin = Messi dari Thailand
  • Nguyen Quang Hai = Messi dari Vietnam
  • Egy Maulana Vikri = Messi dari Indonesia
  • Ardan Azmoun = Messi dari Mesir
  • Xherdan Shaqiri = Messi dari Alpen

Sumber: Berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer