Sukses


Lionel Messi Bak Magnet, PSG Dapat 8 Sponsor Baru

Bola.com, Jakarta - Lionel Messi baru lima bulan berada di Paris Saint-Germain (PSG) dan belum benar-benar memberikan efek yang luar biasa di lapangan hijau. Namun, bagi PSG kehadiran bintang asal Argentina itu sudah cukup memberikan keuntungan.

Lionel Messi terbilang belum memberikan kontribusi yang luar biasa di PSG. Ia baru mencetak enam gol dan lima assist dalam 16 pertandingan untuk klub ibu kota Prancis itu.

Namun, untuk di luar lapangan hijau, pemain yang didatangkan dari Barcelona itu telah membantu PSG mengamankan delapan sponsor baru dan sejumlah kontrak kerja sama sponsor yang berlanjut.

Bisa dibilang PSG sudah mulai menuai hasil dari perekrutan Lionel Messi yang berlangsung pada musim panas lalu. Dana yang dikeluarkan sebesar 80 juta yang mereka habiskan untuk setiap tahun kontraknya praktis seperti diamortisasi.

"Peningkatan pendapatan kami pada 2021 akan signifikan. Ini akan lebih dari 10 persen lebih banyak dari 2020," ujar Direktur Sponsorship PSG, Marc Amstrong, kepada EFE.

"Lionel Messi berada di puncak permainannya di Copa America 2021, dan dia telah memperlihatkan permainan bagus di Liga Champions. Namun, ia tidak sendirian, tapi bersama Gianluigi Donnarumma, Achraf Hakimi, dan Kylian Mbappe," lanjutnya.

 

2 dari 3 halaman

8 Sponsor Baru

Bicara pemasukan 2020, PSG mendapatkan 235 juta euro dari pendapatan komersial, yang mewakili 54 persen dari total pendapatan mereka. Angka itu harus naik lagi untuk 2021.

Sejak perekrutan Lionel Messi pada 10 Agustus, delapan mitra baru telah datang dan mencapai kesepakatan dengan PSG. Dior adalah satu di antaranya, begitu pun dengan crypto.com.

Nike akan terus menjadi penyedia perlengkapan PSG hingga setidaknya sampai 2032 dengan nilai 75 juta euro per tahun. Sementara Coca Cola baru-baru ini memperbarui kerja sama hingga 2024, seperti halnya beberapa sponsor lain.

 

3 dari 3 halaman

Peningkatan di Media Sosial dan Penjualan Jersey

PSG mengalami peningkatan sekitar 15 juta pengikut di sosial media sejak kehadiran Lionel Messi. Hak siar untuk Ligue 1 pun meningkat, telah dijual lebih murah dibandingkan sebelum perekrutan Lionel Messi.

Menurut sumber pasar yang dikonsultasikan oleh EFE, PSG telah menjual lebih dari satu juta jersey pada 2021, jauh melebihi jumlah tahun-tahun sebelumnya. Bahkan diperkirakan Lionel Messi berkontribusi dalam peningkatan sekitar 30 hingga 40 persen.

Sumber: Marca

 

Video Populer

Foto Populer