Sukses


Sadio Mane Vs Mohamed Salah di Final Piala Afrika 2021: Duo Sehati Liverpool yang Pernah Tak Harmonis

Bola.com, Jakarta - Timnas Senegal dan Timnas Mesir bakal saling berhadapan pada laga final Piala Afrika 2021. Duel ini sekaligus mempertemukan duo sehati di Liverpool, Sadio Mane dan Mohamed Salah.

Mane berhasil membawa Senegal lolos ke partai puncak Piala Afrika 2021 setelah membungkam Burkina Faso. Menjalani laga semifinal di Stade Omnisport Ahmadou Ahidjo, Kamis (3/2/2022) dini hari WIB, Timnas Senegal menang 3-1.

Ketiga gol Senegal disarangkan Abdou Diallo pada menit ke-70, Ahmadou Bamba Dieng menit ke-76, dan Sadio Mane menit ke-87. Adapun gol tunggal Burkina Faso dicetak Ibrahim Blati Toure menit ke-82.

Di sisi lain, Timnas Mesir harus bersusah payah untuk bisa mengalahkan Kamerun. Bermain di Stade Omnisport Paul Biya, Jumat (4/2/2022) dini hari WIB, kedua tim hanya mampu bermain imbang 0-0 selama 120 menit.

Alhasil, penentuan pemenang harus dilakukan lewat adu penalti. Pada babak tos-tosan, Mohamed Salah dkk. berhasil keluar sebagai pemenang dengan skor 3-1.

Kini, kedua tim akan bersua pada laga final yang akan berlangsung di Stade Omnisport Paul Biya, Senin (7/2/2022) dini hari WIB. Bagi Senegal dan Mesir, ini adalah pertemuan kesembilan di seluruh ajang.

Dari delapan duel sebelumnya, Timnas Mesir lebih unggul ketimbang Senegal dengan meraih empat kemenangan. Adapun Timnas Senegal merengkuh tiga kemenangan, dan satu laga sisa berakhir imbang.

 

2 dari 3 halaman

Pertemuan Mane dan Salah di Final

Pertandingan ini juga mempertemukan Sadio Mane dan Mohamed Salah, yang merupakan duo sehati di Liverpool. Mane lebih dulu membela Liverpool pada 2016, sedangkan Salah menyusul bergabung setahun berselang.

Berkat kontribusi keduanya di lini serang, Liverpool tampil moncer di kompetisi domestik, Eropa, dan juga dunia. Skuad Si Merah berhasil merengkuh empat gelar juara, yakni Premier League, Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub.

Bakal saling bentrok pada laga final Piala Afrika 2021, Sadio Mane dan Mohamed Salah sama-sama akan mengerahkan seluruh kemampuan terbaiknya. Kemenangan bakal membawa negara masing-masing keluar sebagai kampiun.

Di Piala Afrika edisi kali ini, Mane dan Salah juga tampil moncer. Sadio Mane berhasil mendulang tiga gol dan dua assist dari enam laga yang sudah dimainkan, sedangkan Mohamed Salah mengoleksi dua gol dan satu assist dari enam pertandingan.

 

3 dari 3 halaman

Sempat Tak Harmonis

Meskipun duo sehati, Sadio Mane dan Mohamed Salah sempat tak akur di Liverpool. Hubungan keduanya pernah memanas pada Oktober 2019. Ketika itu, Mane mengamuk karena menilai Salah bermain terlalu egois pada laga lawan Burnley.

Masalah di antara keduanya diklaim sudah diselesaikan. Akan tetapi, masih banyak fans yang merasa Mane dan Salah sama-sama tidak akur. Terlebih di atas lapangan performa mereka terlihat kurang padu.

Namun, Mohamed Salah memastikan tidak ada masalah dengan Sadio Mane. Dia menegaskan hubungannya dengan Mane tetap harmonis di dalam dan luar lapangan.

"Kami adalah rekan satu tim di lapangan dan di ruang ganti, kami memiliki hubungan yang sangat profesional. Kami berdua memberikan semua yang kami miliki untuk membantu tim menang," kata Salah pada Desember 2021.

"Mungkin kami bersaing untuk menunjukkan siapa yang terbaik, dan ini normal di tim mana pun dan hak yang sah untuk pemain mana pun, tetapi pada akhirnya, kami melayani tim," lanjutnya.

Lantas, siapa yang berhasil membawa negaranya meraih kemenangan dan menjuarai Piala Afrika 2021? Sadio Mane atau Mohamed Salah. Layak untuk dinantikan.

Sumber: Berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer