Sukses


5 Transfer Pemain Paling Cuan dalam Sejarah Inter Milan: Ada yang Tembus Rp733 Miliar

Bola.com, Jakarta - Inter Milan merupakan klub dengan sejarah panjang di Italia dan dunia. Klub berjulukan Nerazzurri itu sejauh ini sudah mengoleksi 19 gelar Serie A.

Inter Milan selama ini juga dikenal kerap mendatangkan pemain bintang. Hal itu dilakukan supaya La Beneamata bisa terus bersaing dalam perebutan gelar juara.

Saat ini pembelian termahal Inter tercatat atas nama Romelu Lukaku. Striker asal Belgia tersebut ditebus dari Manchester United seharga 74 juta euro pada 2019.

Tidak hanya mendatangkan pemain, Inter juga cukup sering menjual para pemainnya ke klub lain. Beberapa pemain yang dijual bahkan menghasilkan keuntungan yang sangat besar.

Itulah skema yang selama ini dilakukan Inter untuk memperkuat keuangan finansial klub. Merekrut pemain atau mengorbitkannya menjadi pemain bintang, kemudian melepasnya ke klub lain dengan harga selangit.

Lantas, siapa saja pemain yang pernah dilepas Inter Milan dengan harga selangit? Berikut ini lima pemain paling cuan yang pernah dijual Inter Milan.

2 dari 6 halaman

Achraf Hakimi

Achraf Hakimi didatangkan oleh Inter Milan dari Real Madrid pada musim panas 2020. La Beneamata harus menggelontorkan biaya sebesar 43 juta euro untuk mendapatkan pemain asal Maroko.

Hakimi kemudian menjelma menjadi aset penting buat Inter. Dia mencetak 7 gol dan 11 assist dalam 45 penampilan serta membantu Nerazzurri meraih gelar Serie A.

Namun kebersaman Hakimi dengan klub Italia itu cuma berlangsung selama satu musim. Inter menjualnya ke PSG dengan harga 66,5 juta euro dan memberikan keuntungan buat Nerazzurri sebesar 23,5 juta euro atau Rp385 miliar.

3 dari 6 halaman

Mateo Kovacic

Inter Milan membeli Mateo Kovacic seharga 11 juta euro dari Dinamo Zagreb pada 2013. Hanya dua setengah tahun berselang, pemain asal Kroasia itu dijual ke Real Madrid senilai 38 juta euro.

Pada saat itu, Kovacic adalah pemain yang dicintai publik Giuseppe Meazza. Namun, Nerazzurri harus melepas sang pemain karena tak kuasa menolak tawaran yang disodorkan Los Blancos.

Kepindahan Kovacic membuat Inter mendapat untung sekitar 27 juta euro atau Rp443 miliar. Di sisi lain, Kovacic meraih banyak prestasi setelah hengkang ke Santiago Bernabeu.

4 dari 6 halaman

Mauro Icardi

Mauro Icardi merupakan salah satu striker tajam yang pernah dimiliki Inter Milan. Nerazzurri membelinya dari Sampdoria seharga 13 juta euro pada 2013.

Icardi berhasil mencetak 124 gol dalam 219 penampilan di semua kompetisi bersama Inter. Namun, Icardi pada akhirnya harus meninggalkan La Beneamata karena hubungan yang buruk dengan manajemen klub.

Icardi dilepas ke PSG secara permanen dengan harga 50 juta euro pada 2020. Penjualan Icardi ke klub Prancis ini membuat Inter menghasilkan keuntungan sebesar 37 juta euro atau sekitar Rp607 miliar.

5 dari 6 halaman

Romelu Lukaku

Romelu Lukaku datang ke Inter Milan dari Manchester United pada tahun 2019. Nerazzurri ketika itu mengeluarkan biaya senilai 74 juta euro untuk mendapatkan striker asal Belgia tersebut.

Bersama Inter, Lukaku sukses mencetak 64 gol dari 95 penampilan di semua kompetisi. Mantan pemain Chelsea tersebut juga meraih gelar Serie A selama kariernya di Giuseppe Meazza.

Pada musim panas 2021, Lukaku secara mengejutkan memilih kembali ke Chelsea dengan biaya transfer 113. Walau para penggemar sangat kecewa, Inter mendapatkan keuntungan sebesar 39 juta euro atau senilai Rp640 miliar dari penjualan Lukaku.

6 dari 6 halaman

Zlatan Ibrahimovic

Setelah Juventus tersandung kasus Calciopoli, Zlatan Ibrahimovic hengkang ke Inter Milan. Sang pemain pindah ke Giuseppe Meazza dengan biaya transfer 24,8 juta euro pada 2006.

Ibrahimovic kemudian menjadi pemain penting dalam kesuksesan Inter. Striker asal Swedia tersebut berhasil membantu La Beneamata meraih tiga gelar Serie A.

Karena ingin memenangkan Liga Champions, Ibrahimovic kemudian bergabung dengan Barcelona pada 2009. Dengan biaya transfer yang mencapai 69,5 juta, Inter mendapat keuntungan sebesar 44,7 juta euro atau sekitar Rp733 miliar.

Sumber: Transfermarkt

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, Published 9/2/2022)

Video Populer

Foto Populer