Sukses


4 Aturan Anyar Ballon d'Or 2022, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo Auto Gagal Menang?

Bola.com, Jakarta - France Football resmi mengumumkan adanya perubahan aturan dalam pemilihan pemenang Ballon d'Or 2022. Format baru tersebut membuat Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo terancam gagal merengkuh trofi Bola Emas.

Messi dan Ronaldo merupakan dua pesepak bola dengan koleksi penghargaan Ballon d'Or terbanyak. La Pulga sukses mengoleksi tujuh gelar, sedangkan CR7 telah mengumpulkan lima trofi.

Pada Ballon d'Or 2021, Lionel Messi berhasil keluar sebagai pemenang. Messi berhasil mendulang 613 poin, unggul atas Robert Lewandowski (580 poin) di posisi kedua dan Jorgingo (460 poin) di tempat kedua.

Keberhasilan La Pulga meraih Ballon d'Or tahun lalu menuai kritikan. Pasalnya, performa Lionel Messi tak bagus-bagus amat sepanjang musim lalu.

Dia gagal membawa Barcelona menjuarai La Liga dan Liga Champions. Meski begitu, Messi berhasil mempesembahkan titel juara Copa del rey, serta memenangkan gelar Copa America 2021 bersama Timnas Argentina.

Memasuki musim ini, penampilan Lionel Messi semakin merosot. Sejak bergabung dengan Paris Saint-Germain pada musim panas tahun lalu, Messi baru mencetak tujuh gol dari 25 laga. Dia juga gagal membawa PSG lolos ke perempat final Liga Champions.

Namun, jika berhasil membawa Timnas Argentina menjuarai Piala Dunia 2022 dan tampil bagus pada paruh pertama musim depan, Lionel Messi berpeluang untuk mendapatkan Ballon d'Or tahun ini.

Sayangnya, hal tersebut tidak akan terealisasi. Pasalnya, France Football telah menerapkan aturan baru terkait pemilihan pemenang Ballon d'Or dan mulai berlaku tahun ini. Apa sajakah itu? Berikut ini adalah ulasannya.

 

2 dari 5 halaman

Menurut Musim Bukan Tahun

Hingga edisi terakhir, pemenang Ballon d'Or diukur dari penampilan selama satu tahun kalender, yakni dari Januari sampai Desember. Tetapi untuk Ballon d'Or 2022 bakal terjadi perubahan format.

Trofi Bola Emas akan diberikan kepada pemain yang tampil moncer dalam satu musim, mulai Agustus hingga Juli. Alhasil, penampilan di Piala Dunia 2022 yang berlangsung pada November sampai Desember tahun ini tidak masuk dalam hitungan.

Situasi tersebut membuat Lionel Messi kemungkinan besar gagal meraih Ballon d'Or 2022. Pasalnya, Messi tak mampu membawa PSG lolos ke perempat final Liga Champions musim ini, dan juga tampil kurang meyakinkan.

 

3 dari 5 halaman

Kriteria Pemenang

Untuk edisi tahun ini, kriteria pemenang berdasarkan prestasi individu pemain, bukan lagi pencapaian kolektif secara tim. Beberapa hal lain yang menjadi pertimbangan adalah kemampuan pemain dan rasa fair play di lapangan.

 

4 dari 5 halaman

Jumlah Voter

Mulai edisi tahun ini, France Football memutuskan untuk memangkas jumlah voter. Nantinya hanya jurnalis dari negara peringkat 100 besar ranking FIFA yang berhak memilih untuk kategori pria, dan 50 teratas untuk sepak bola wanita.

Sebelumnya, para voter berasal dari jurnalis peringkat 170 besar ranking FIFA.

 

5 dari 5 halaman

Lebih Banyak Spesialis

Pada Ballon d'Or 2022, France Football memutuskan untuk melibatkan lebih banyak spesialis dalam menentukan 30 nomine. Sebelumnya, daftar calon pemenang disusun oleh Staf redaksi France Football dan L'Equipe.

Namun kali ini, duta Ballon d'Or, Didier Drogba, juga memiliki hak untuk ikut memilih nomine edisi 2022. Selain itu, jurnalis Vietnam, Truong Anh Ngoc, jurnalis Selandia Baru, Gordon Watson, dan Karolina Hlavackova dari Republik Ceska bakal ikut ambil bagian dalam proses tersebut.

Sumber: Marca

Video Populer

Foto Populer