Sukses


Daftar Tim-tim Raksasa yang Absen di Piala Dunia 2022: Italia Gabung Tuh

Bola.com, Jakarta - Kualifikasi Piala Dunia 2022 masih terus bergulir. Sejauh ini, sudah ada 17 tim yang berhasil mengamankan tiket lolos ke putaran final turnamen akbar antarnegara di dunia tersebut.

Teranyar, Jepang dan Arab Saudi menjadi perwakilan Asia yang sukses menembus Piala Dunia 2022. Jepang memastikan diri melenggang ke putaran final Piala Dunia 2022 setelah membungkam Australia dengan skor 2-0, di Stadium Australia pada Kamis (24/3/2022) malam WIB.

Namun kejutan justru datang dari Eropa, Timnas Italia secara mengejutkan takluk 0-1 dari Makedonia Utara pada laga semifinal Patch C play-off Piala Dunia 2022 di Stadio Renzo Barbera, Jumat (25/3/2022) dini hari WIB.

Hasil minor itu membuat Italia gagal lolos ke putran final Piala Dunia. Sementara itu, Makedonia Utara dipastikan menembus final Path C dan akan bersua Portugal. Timnas Portugal sendiri sukses menggasak Turki 3-1.

Selain Italia, beberapa negara yang sebenarnya menjadi tradisi di Piala Dunia juga bernasib sama. Siapa saja tim-tim raksasa yang hanya akan menjadi penonton di Qatar pada akhir tahun mendatang? Berikut ulasan menarik dari Bola.com:

 

2 dari 5 halaman

Italia

Sungguh tragis nasib Timnas Italia yang kembali gagal tampil di ajang sebesar Piala Dunia untuk edisi 2022 di Qatar. Gli Azzurri dikenal sebagai satu di antara kekuatan besar sepak bola dunia, dengan status empat kali menjuarai Piala Dunia.

Kegagalan Italia tampil di Piala Dunia sekaligus mengulangi kiprah yang sama empat tahun lalu. Mereka saat itu juga gagal lolos saat berjuang di babak play-off melawan Swedia, hingga akhirnya hanya menjadi penonton di Piala Dunia Rusia.

Italia adalah juara dunia untuk edisi tahun 1934, 1938, 1982, dan 2006. Sementara terakhir kali mereka bermain di Piala Dunia pada tahun 2014 di Brasil yang tersingkir di babak penyisihan grup.

3 dari 5 halaman

Norwegia

Timnas Norwegia cukup disayangkan ikut gagal tampil di Piala Dunia 2022 Qatar. Kekuatan Eropa Utara tersebut bahkan sudah terdepak pada babak penyisihan grup saat kualifikasi.

Berada di grup G, Norwegia harus puas duduk di urutan ketiga dan dipastikan tersingkir. Mereka mengemas 18 poin dari 10 pertandingan, gagal mengejar Belanda dan Turki yang berada di atasnya.

Padahal, Nowegia sedang memiliki generasi emas di skuadnya. Terutama pada sosok Erling Haaland yang menjadi striker muda terbaik di dunia saat ini. Ia diperkirakan menjadi pemain termahal di dunia setelah penampilan memukau di level klub bersama Borussia Dortmund.

4 dari 5 halaman

Turki

Turki adalah satu di antara tim kuat dari wilayah Eropa, bahkan sejak beberapa dekade yang lalu. Turki banyak melahirkan pemain bintang dunia, termasuk adanya klub Galatasaray dan Fenerbahce yang menjadi kuda hitam di benua biru.

Di ajang Piala Dunia, Turki tidak dapat disepelekan begitu saja. Paling kentara adalah kejutan yang pernah mereka buat pada edisi 2022 di Korsel dan Jepang, dengan sosok kapten Hakan Sukur.

Sayangnya pada tahun ini, Turki harus mengubur impian lolos ke Piala Dunia untuk yang ketiga kalinya. Mereka kalah telak 1-3 dari Portugal, Jumat (25/3/2022) dini hari. Padahal Turki memiliki generasi emas dengan adanya pemain seperti Merih Demiral, Hakan Calhanoglu, dan Burak Yilmaz.

5 dari 5 halaman

Republik Ceska

Republik Ceska juga menjadi satu di antara kekuatan besar dari benua Eropa. Tercatat mereka sudah sembilan kali merasakan tampil di Piala Dunia.

Bahkan Republik Ceska adalah kekuatan besar pada era dulu, dengan tampil di partai final dua kali (1934 dan 1962). Republik Ceska pernah melahirkan bintang sepak bola dunia seperti Pavel Nedved, Jan Koller, Milan Baros, hingga Thomas Rosicky.

Jangan lupakan prestasi Republik Ceska saat menjadi runner-up Piala Eropa 1996, yang kala itu harus menyerah di tangan Jerman. Sayangnya kesempatan Republik Ceska tampil di Piala Dunia edisi 2022 harus sirna setelah kalah 0-1 dari Swedia di semifinal play-off kualifikasi.

Sumber: Berbagai Sumber

Video Populer

Foto Populer