Sukses


Rusia Ancang-ancang Tinggalkan UEFA, Mau Gabung ke Konfederasi Asia?

Bola.com, Moskow - Federasi Sepak Bola Rusia dikabarkan ancang-ancang berpisah dengan UEFA menyusul sanksi yang dijatuhkan terhadap Timnas Rusia dan klub-klub negara tersebut sebagai buntut invasi terhadap Ukraina. Rusia diklaim ingin gabung ke Konferasi Sepak Bola Asia alias AFC.  

Timnas Rusia dan klub-klub Rusia dilarang ambil bagian di kompetisi UEFA setelah Vladimir Putin memulai invasi ke Ukraina pada Februari 2022. 

"Menyusul keputusan awal yang diadopsi oleh Dewan FIFA dan Komite Eksekutif UEFA, yang mempertimbangkan penerapan langkah-langkah tambahan, FIFA dan UEFA hari ini telah memutuskan bersama bahwa semua tim Rusia, baik tim perwakilan nasional atau tim klub, akan ditangguhkan dari partisipasi dalam kompetisi-kompetisi FIFA dan UEFA hingga pemberitahuan lebih lanjut," bunyi pernyataan bersama UEFA dengan FIFA pada Februari lalu.

Spartak Moscow didepak dari Liga Europa setelah menembus babak 16 besar, sedangkan Timnas Rusia langsung dicoret dari playoff Piala Dunia 2022. 

Saat ini, situs web Rusia Championat menanyakan pendapat sosok-sosok terkenal tentang apakah Rusia sebaiknya meninggalkan UEFA dan bergabung dengan AFC.

 

2 dari 3 halaman

Pindah ke AFC, Mengapa Tidak?

"Federasi Sepak Bola Asia? Saya bahkan tidak tahu apakah itu bisa terjadi," kata mantan winger Manchester United, Andrei Kanchelskis, kepada Championat, seperti dikutip Marca, Rabu (30/3/2022). 

“Meskipun ini semua pada tingkat percakapan, saya tidak berpikir UEFA akan memberikan penanggugan [terhadap Rusia] yang begitu serius. Meskipun kami semua berpikir, [atau] berharap, semuanya segera berubah."

“Baik tim nasional Rusia dan klub kami harus terus maju, dan bermain, tidak peduli bagaimana situasinya berkembang. Jika Konfederasi Sepak Bola Asia adalah opsi nyata bagi Rusia, mengapa tidak? Saya pernah bekerja di Asia dan bermain di Arab Saudi. Akan menarik melihat pertandingan-pertandingan semacam itu," imbuh Kanchelskis.  

3 dari 3 halaman

Beralih ke Piala Asia

Jika langkah ini berhasil, klub Rusia akan beralih dari Liga Champions Eropa ke Liga Champions Asia, sementara yang lain akan bersaing di Piala AFC setelah meninggalkan Liga Europa.

Sementara itu, timnas akan bertanding di Piala Asia alih-alih Piala Eropa jika federasi Asia menyetujui Rusia menjadi bagian dari AFC.

Sumber: Marca 

Video Populer

Foto Populer