Sukses


Piala Dunia 2022: Jerman Trauma Bersua Spanyol, Jepang Juga Bisa Jadi Batu Sandungan

Bola.com, Jakarta - Putaran final Piala Dunia 2022 langsung disuguhkan persaingan grup neraka. Timnas Jerman mendapat undian yang sulit pada fase grup Piala Dunia 2022, karena tergabung dalam satu grup dengan Spanyol.

Berada di Grup E, Jerman harus berjumpa Spanyol dan Jepang. Sementara, satu slot lain di grup ini akan menjadi milik pemenang duel Selandia Baru dan Kosta Rika.

Jerman jelas menjadi unggulan di Piala Dunia 2022. Pada era pelatih Hansi Flick, Jerman tampil bagus dan performanya sangat stabil.

Jerman lolos ke Piala Dunia 2022 tanpa kendala yang berarti. Jerman lolos langsung dari babak kualifikasi. Tapi, Jerman memang sejak awal diprediksi akan mendapat lawan sulit karena berada di pot 2 pada fase drawing.

Tentu akan menjadi final kepagian saat dua negara tradisi di Piala Dunia harus saling sikut di babak awal atau penyisihan grup E. Kapten Der Panzer, Manuel Neuer, secara terang-terangan mengakui masih trauma ketika berjumpa Spanyol dan tidak ingin kembali meraih hasil buruk.

 

 

2 dari 3 halaman

Tragedi di UEFA Nation League

Pada November 2022 lalu, Jerman berjumpa Spanyol pada ajang UEFA Nations League. Bermain di Stadion Olimpico de Sevilla, Jerman kalah dengan skor telak 6-0. Der Panzer menderita kekalahan buruk dan Manuel Neuer adalah bagian dari tim itu.

"Saya punya kenangan buruk tentang Timnas Spanyol, tetapi saya tidak berpikir ini akan terjadi pada kami dua kali," kata Neuer dikutip dari Diario AS.

Neuer punya banyak pengalaman berjumpa Spanyol. Selain kekalahan 6-0, Neuer juga menjadi bagian dari skuad Spanyol saat kalah dengan skor 1-0 pada Piala Dunia 2010 lalu. Tapi, Neuer percaya diri bisa mengatasi pengalaman buruk itu.

"Jelas bahwa kami bakal punya lawan sulit di fase grup. Kami memiliki kenangan negatif, tetapi hal seperti ini tidak terjadi pada kami dua kali. Kami memiliki perasaan yang baik untuk memainkan turnamen yang sukses," tegas Neuer.

3 dari 3 halaman

Waspadai Jepang

Spanyol mendapat atensi yang besar dari Neuer. Tapi, Hansi Flick menambahkan bahwa Spanyol bukan satu-satunya lawan yang harus ditakuti.

Sang pelatih tidak ragu menyebut Jepang sebagai lawan yang patut diwaspadai. Wakil dari benua Asia ikut mengingatkan Jerman saat dikalahkan Korea Selatan pada fase grup Piala Dunia 2018 di Russia.

"Ini grup yang menarik dan tidak mudah, bukan hanya karena Spanyol," kata Hansi Flick.

"Jepang adalah tim yang selalu tampil di Piala Dunia, mereka memiliki pemain yang bermain di Bundesliga dan di liga Eropa lainnya dan mereka punya kualitas. Kami sebenarnya ingin memainkan pertandingan persahabatan melawan mereka sebelum Piala Dunia, tapi sekarang tidak mungkin," tutup Flick.

Sumber: Diario AS

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, published 2/4/2022)

Video Populer

Foto Populer