Sukses


Starting XI Pemain Elite Eropa yang Puasa Ramadan: Ada Paul Pogba Hingga Benzema

Bola.com, Jakarta - Puasa Ramadan bukan sesuatu yang asing buat para pesepak bola di dunia. Banyak pesepak bola yang dikenal sebagai muslim taat dan tetap berpuasa Ramadan selama pertandingan.

Saat ini, banyak pesepak bola muslim yang tersebar di klub-klub elite Eropa. Memang ada pemain yang memilih tak berpuasa ketika ada jadwal pertandingan dan menggantinya pada waktu lain.

Namun, ada pula pemain yang tetap berpegang teguh pada kewajiban agama untuk berpuasa sambil bermain. Pada kenyataannya, puasa Ramadan sama sekali tak berpengaruh pada penampilan di lapangan.

Mereka tetap mampu memberikan kontribusi besar untuk timnya. Bahkan, pemandangan pemain melakukan buka puasa saat pertandingan sudah tak asing lagi di Eropa.

Klub Eropa memang tak melarang pemainnya untuk meninggalkan rukum Islam ketiga tersebut. Toh kenyataannya sampai saat ini toleransi yang diberikan tak merugikan sang pemain dan klubnya.

Lantas, siapa saja pemain klub elite puasa yang tetap menjalankan ibadah puasa Ramadan? Berikut ini susunan pemain dengan skema 4-3-3 versi Planet Football.

2 dari 12 halaman

Edouard Mendy

Edouard Mendy membuat beberapa kesalahan fatal belakangan ini. Meski begitu, pemain asal Senegal tersebut masih tetap kiper yang sangat luar biasa di bawah mistar gawang Chelsea.

Mendy membantu Chelsea meraih gelar Liga Champions pada musim pertamanya setelah bergabung di musim panas 2021. Dia masih bisa menambahkan koleksi trofinya jika Chelsea mengalahkan Liverpool di final FA Cup.

3 dari 12 halaman

Achraf Hakimi

Achraf Hakimi saat ini bermain untuk PSG setelah direkrut dari Inter Milan seharga 66,5 juta euro pada musim panas kemarin. Dia tampil reguler untuk tim asuhan Mauricio Pochettino pada musim ini.

Hakimi baru saja membantu PSG meraih gelar Ligue 1. Itu merupakan gelar liga kedua yang diraih pemain timnas Maroko tersebut setelah memenangkan Serie A bersama Inter pada musim lalu.

4 dari 12 halaman

Wesley Fofana

Wesley Fofana merupakan pemain andalan di lini belakang Leicester City asuhan Brendan Rodgers. Bek berkebangsaan Prancis tersebut membela The Foxes sejak tahun 2020 setelah didatangkan dari Saint-Etienne.

Sayang, Fofana harus absen membela Leicester untuk jangka waktu yang lama pada musim ini karena mengalami cedera patah tulang kaki. Dia baru tampil sebanyak enam kali untuk Leicester pada musim ini.

5 dari 12 halaman

Antonio Rudiger

Antonio Rudiger merupakan salah satu bek tangguh yang dimiliki Chelsea. Pemain asal Jerman tersebut sudah memainkan 196 pertandingan untuk The Blues dan berhasil memenangkan Liga Champions selama berada di Stamford Bridge.

Sayangnya, kebersamaan Rudiger dengan Chelsea akan berakhir pada akhir musim nanti. Penggawa berusia 29 tahun tersebut sudah memutuskan untuk meninggalkan The Blues setelah kontraknya tuntas.

6 dari 12 halaman

Sead Kolasinac

Sead Kolasinac melanjutkan kariernya di Prancis bersama Marseille setelah memutus kontraknya dengan Arsenal. Dia bergabung dengan klub asuhan Jorge Sampaoli tersebut pada bursa transfer Januari 2022.

Kolasinac sampai sejauh ini masih sering tampil dari bangku cadangan untuk klub barunya. Pemain belakang asal Bosnia tersebut sudah memainkan 14 pertandingan di semua kompetisi dengan menyumbang satu assist.

7 dari 12 halaman

N'Golo Kante

N'Golo Kante merupakan pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan milik klub Premier League, Chelsea. Dia sudah membela The Blues sejak tahun 2016 setelah didatangkan dari Leicester City.

Sampai sejauh ini, Kante sudah memainkan 256 pertandingan di semua kompetisi untuk Chelsea. Pemain berusia 31 tahun tersebut juga berhasil memenangkan Premier League, Liga Europa dan Liga Champions selama waktunya di Stamford Bridge.

8 dari 12 halaman

Paul Pogba

Paul Pogba pulang ke Manchester United dalam sebuah kesepakatan £89 juta dari Juventus pada tahun 2016 lalu. Selama berada di Old Trafford, gelandang Prancis itu berhasil memenangkan Liga Europa dan Piala Liga.

Pogba akan segera mengakhiri kariernya bersama Setan Merah. Juara Piala Dunia 2018 tersebut diprediksi akan cabut dari Old Trafford begitu kontraknya habis pada akhir musim nanti.

9 dari 12 halaman

Ilkay Gundogan

Ilkay Gundogan bermain untuk Manchester City sejak tahun 2016 setelah tampil sangat mengesankan bersama Borussia Dortmund. Penggawa timnas Jerman tersebut mampu menemukan kesuksesan setelah datang ke Etihad Stadium.

Tiga gelar Premier League berhasil dimenangkan Gundugan selama mengenakan seragam The Citizens. Dia kini sudah tampil dalam 248 pertandingan untuk klub dengan mencetak 47 gol dan 33 assist.

10 dari 12 halaman

Mohamed Salah

Mohamed Salah merupakan mesin gol di skuat Liverpool saat ini. Penyerang asal Mesir tersebut menunjukkan performa yang sangat luar biasa pada musim ini.

Sejauh musim ini, Salah sudah mencetak 30 gol dan 13 assist dari 43 pertandingan di semua kompetisi untuk Liverpool. Dia berpeluang besar membawa The Reds meraih quadruple atau empat gelar dalam semusim.

11 dari 12 halaman

Karim Benzema

Karim Benzema tampil sangat luar biasa untuk Real Madrid pada musim ini meski usianya sudah tidak muda lagi. Bomber asal Prancis tersebut masih belum berhenti mencetak gol untuk Los Blancos.

Benzema sudah mengoleksi 41 gol dan 13 assist dari 41 pertandingan di semua kompetisi musim ini. Pemain berusia 34 tahun tersebut berpeluang besar mengantarkan timnya meraih gelar La Liga dan Liga Champions.

12 dari 12 halaman

Sadio Mane

Pada 28 Juni 2016, Sadion Mane bergabung dengan Liverpool dari Southampton. The Reds mengeluarkan 34 juta poundsterling untuk menghadirkan Mane ke Anfield dan hasilnya tidak sia-sia.

Mane mampu menunjukkan performa yang sangat mengesankan untuk Liverpool. Pemain Senegal berusia 30 tahun tersebut sudah mencetak 116 gol dan 46 assist dari 261 pertandingan selama memperkuat The Reds.

Video Populer

Foto Populer