Sukses


Mino Raiola Wafat, Berikut Mewahnya Starting XI Pemain yang Berada di Bawah Naungan Sang Super Agen

Bola.com, Jakarta - Kabar mengejutkan datang dari lapangan hijau. Agen super, Mino Raiola telah meninggal dunia, Sabtu (30/4/2022) malam WIB.

Mino Raiola adalah salah satu sosok berpengaruh dalam dunia sepak bola. Pria yang bekerja sebagai agen tersebut memiliki banyak pemain hebat di bawah naungannya.

Sayangnya, Raiola juga memiliki banyak musuh di dunia sepak bola. Sebabnya, ia punya pengaruh yang cukup besar hingga bisa menarik kliennya pindah ke klub lainnya. Rata-rata sosok yang membencinya adalah pelatih atau jajaran direksi klub.

Erling Haaland adalah satu dari sekian banyak pemain hebat yang berada di bawah naungan Raiola. Kalau dikumpul dalam satu starting XI, timnya sudah pasti bisa berbicara banyak di kompetisi bergengsi seperti Liga Champions.

Mau tahu seperti apa starting XI sebuah tim yang beranggotakan klien Mino Raiola? Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

2 dari 5 halaman

Kiper

Donnarumma mendapatkan kesempatan menjalani debutnya bersama AC Milan sejak masih berusia muda, 16 tahun. Karena penampilannya di bawah mistar gawang meyakinkan, publik pun kerap menyamakan dirinya dengan Gianluigi Buffon.

Raiola diketahui berusaha membawa Donnarumma pergi dari Milan. Pada tahun 2017, sang pemain diketahui enggan menambah masa abdinya dengan Rossoneri. Namun pada akhirnya, Milan bisa mengikatnya dengan kontrak baru.

Perlu diketahui bahwa kontrak tersebut hanya berlaku selama empat tahun. Itu artinya, manajemen Milan harus berurusan lagi dengan Raiola untuk memperpanjang kontrak Donnarumma. Sejauh ini, proses negosiasinya dilaporkan berjalan cukup alot.

3 dari 5 halaman

Bek

  • Matthijs de Ligt

De Ligt menarik perhatian publik setelah berhasil mengantar Ajax Amsterdam ke babak semifinal Liga Champions tahun 2019 lalu. Raiola tak sanggup untuk tidak membawanya pergi ke klub lain begitu bursa transfer musim panas dibuka.

Ketika rumor kepergian De Ligt menguak, diketahui ada beberapa klub raksasa Eropa yang meminati jasanya. Namun pada akhirnya, Juventus-lah yang mendapatkan tanda tangan pemain berusia 21 tahun tersebut.

Raiola berhasil membujuk Juventus untuk menggelontorkan dana sebesar 75 juta euro, lengkap dengan tambahan senilai 10 juta euro, untuk merekrut De Ligt dari Ajax. Menurut laporan, Raiola mengantongi komisi sebesar 11 juta euro dari transfer tersebut.

  • Stefan de Vrij

Selain De Ligt, Stefan de Vrij merupakan salah satu klien Raiola yang berasal dari Belanda. Sekarang De Vrij sedang membela salah satu kandidat terkuat pemenang Serie A musim ini, Inter Milan.

Gelar bek terbaik Serie A 2019/20 membuat dirinya dikabarkan masuk dalam daftar buruan Liverpool. Namun sepertinya, klub yang meminati De Vrij harus gigit jari berhubung Inter Milan akan memberinya perpanjangan kontrak.

  • Alessio Romagnoli

Milan nampaknya harus berurusan lebih sering dengan Raiola. Sebab selain Donnarumma, agen berkebangsaan Italia itu juga diketahui menaungi Romagnolli saat ini.

Kontrak Romagnoli sendiri diketahui masih berlaku sampai tahun 2022 mendatang. Namun, agar kejadian seperti Donnarumma tidak terulang, pihak manajemen berencana untuk menyodori kontrak baru kepada sang kapten.

Raiola tidak bersikap lunak. Menurut laporan Gazzetta dello Sport, sang agen mencoba untuk memaksa Milan agar mau menambah gaji sang pemain sebesar dua kali lipat dari yang diterima sekarang.

4 dari 5 halaman

Gelandang

Hirving Lozano

Lozano mulai menarik perhatian publik ketika membela Timnas Meksiko di ajang Piala Dunia 2018 lalu. Bahkan Manchester United pun dikabarkan tertarik menggunakan jasanya pada waktu itu.

Namun pada akhirnya, Lozano memutuskan untuk bertahan di PSV Eindhoven selama satu musim sebelum akhirnya pindah ke Napoli. Raiola yang terlibat dalam negosiasi berhasil meyakinkan Napoli untuk menggelontorkan uang sebesar 42 juta euro.

Paul Pogba

Hubungan Raiola dengan pelatih legendaris Manchester United, Sir Alex Ferguson, memburuk dikarenakan Paul Pogba. Raiola adalah sosok yang berjasa membawa pemain asal Prancis tersebut pindah ke Juventus dengan status bebas transfer pada tahun 2012.

Empat tahun berselang, Raiola malah membawa kembali Pogba ke Manchester United. The Red Devils sampai harus mengeluarkan uang sebesar 89 juta euro untuk membiayai kepindahannya - 20 juta euro diketahui masuk ke kantong pribadi Raiola.

Sekarang, Raiola sedang mencoba membantu Pogba meninggalkan Old Trafford untuk kedua kalinya. Raiola pernah mengatakan kalau masa depan Pogba di Manchester United hanya tinggal beberapa bulan saja. Kata-kata tersebut sukses membuat publik berang.

Marco Verratti

Verratti memutuskan untuk bekerja sama dengan Raiola pada tahun 2017 lalu. Tepat setelah dia memecat Donato di Campli, agennya sebelum Raiola yang berkata kalau Verratti seperti 'tahanan' di PSG.

Raiola patut berterima kasih kepada Zlatan Ibrahimovic yang merekomendasikan dirinya kepada Verratti saat masih di PSG dulu. "Saya mengenal Raiola karena dia adalah agen Ibra," ujar Verratti kepada L'Equipe.

"Satu-satunya hal yang saya katakan kepada dia adalah, 'saya tidak ingin orang-orang berbicara mengenai saya di media'." Benar saja, Verratti terbilang cukup jauh dari rumor-rumor transfer baik pada musim panas maupun musim dingin.

Ryan Gravenberch

Akademi Ajax Amsterdam tidak pernah absen dalam melahirkan talenta baru di dunia sepak bola. Pada musim ini, klub besutan Erik Ten Hag tersebut memperkenalkan Gravenberch kepada khalayak ramai.

Gravenberch dipercaya sebagai pengganti Donny van de Beek yang memutuskan hengkang ke Manchester United di tahun 2020 lalu. Ten Hag nampaknya tidak peduli dengan usia muda Gravenberch dan tetap memberinya ruang di starting XI musim ini.

Beberapa laporan kerap mengaitkan pemain berusia 18 tahun tersebut dengan sejumlah klub raksasa, di antaranya Manchester United dan Barcelona. Namun sepertinya, Gravenbech condong ke Juventus yang memiliki hubungan erat dengan Raiola.

Marcus Thuram

Anak dari pemain legendaris Prancis dan Juventus, Lilian Thuram. Sejak bergabung dengan Borussia Monchengladbach di tahun 2019 lalu, Thuram mulai menunjukkan kalau dirinya pantas disebut sebagai salah satu pemain terbaik di Bundesliga saat ini.

Menurut laporan dari Bild, beberapa klub raksasa Eropa diketahui meminati jasa pemain berusia 23 tahun tersebut. Di antaranya Manchester City, Barcelona, dan juga Juventus.

5 dari 5 halaman

Striker

Erling Haaland

Bintang di bursa transfer musim panas nanti. Borussia Dortmund sedang mencoba sekuat tenaga untuk memagari Haaland dari kejaran klub-klub besar Eropa dengan mematok harga 150 juta euro di kepalanya.

Sebenarnya, klub-klub besar tersebut bisa mendapatkannya dengan harga 75 juta euro saja. Namun mereka harus menanti sampai tahun 2022 mendatang ketika klausul pembelian dalam kontraknya sudah bisa diaktifkan.

Namun, mereka tidak berminat menunggu lebih lama lagi. Saat ini, Raiola sedang bekerja untuk mencari jalan keluar buat kliennya. Dan baru-baru ini, ia diketahui menemui perwakilan Barcelona serta Real Madrid untuk mendiskusikan masa depan kliennya.

Zlatan Ibrahimovic

Ibrahimovic telah bekerja sama dengan Raiola sejak masih bermain untuk Ajax Amsterdam. Itu artinya, pemain asal Swedia tersebut telah berada di bawah naungan Raiola selama hampir dua dekade lamanya.

Raiola telah berurusan dengan banyak klub mengingat Ibrahimovic cukup sering berganti klub. Dan sekarang, di usianya yang hampir mencapai 40 tahun, Ibrahimovic masih aktif bermain di level papan atas bersama AC Milan.

Starting XI Mino Raiola (3-5-2): Gianluigi Donnarumma, Matthijs De Ligt, Stefan de Vrij, Alessio Romagnoli; Hirving Lozano, Paul Pogba, Marco Verratti, Ryan Gravenberch, Marcus Thuram; Erling Haaland, Zlatan Ibrahimovic.

 

Sumber: Planet Football

 

Video Populer

Foto Populer