Sukses


Bawa AS Roma ke Final Europa Conference League, Jose Mourinho Torehkan Rekor

Bola.com, Jakarta - Pelatih AS Roma, Jose Mourinho, tak hanya berhasil membawa Giallorossi melaju ke final Europa Conference League. Pelatih asal Portugal itu juga berhasil menorehkan rekor lagi sebagai pelatih pertama yang lima kali melangkah ke final dalam tiga kompetisi Eropa berbeda.

AS Roma menang tipis 1-0 atas Leicester City dalam leg kedua semifinal Europa Conference League yang digelar di Olimpico Roma, Jumat (6/5/2022) dini hari WIB. Sebelumnya tim asuhan Jose Mourinho itu menahan imbang Leicester City di King Power Stadium pada leg pertama pekan lalu.

AS Roma lolos ke final dengan kemenangan agregat 2-1. Giallorossi akan menghadapi Feyenoord dalam laga final Europa Conference League pada 26 Mei mendatang.

Satu hal yang menarik, keberhasilan AS Roma melangkah ke final ini terasa istimewa, terutama bagi Jose Mourinho. Pelatih asal Portugal itu menorehkan sebuah rekor baru. Apakah itu?

 

2 dari 3 halaman

5 Final Bersama 4 Klub dalam 3 Kompetisi Eropa

Europa Conference League baru pertama kali digelar pada musim ini. Jose Mourinho pun membuktikan diri sebagai pelatih top pertama yang bisa mencapai panggung final kompetisi debutan Eropa tersebut. Torehan ini pun istimewa bagi Jose Mourinho.

Menurut Opta, Jose Mourinho adalah pelatih pertama yang bisa mencapai final kompetisi Eropa bersama empat klub berbeda. Total, pelatih asal Portugal itu sudah lima kali mencapai final dan berhasil menjadi juara dalam empat kesempatan sebelumnya.

"Saya merasa sangat emosional. Bagi kami, ini adalah Liga Champions kami. Tentu saya pernah merasakan momen yang lebih besar dari ini, tapi perasaan ini bukan untuk saya sendiri. Saya merasa emosional untuk para fans dan pemain saya," ujar Mourinho.

Momentum Jose Mourinho masuk final Kompetisi Eropa: 

  • FC Porto: UEFA Cup (2003), Liga Champions (2004)
  • Inter Milan: Liga Champions (2010)
  • Manchester United: Liga Europa (2017)
  • AS Roma: Conference League (2022)

 

3 dari 3 halaman

Final Pertama bagi AS Roma dalam 30 Tahun

Final Europa Conference League ini bukan hanya menjadi catatan spesial bagi Jose Mourinho, melainkan juga bagi AS Roma sebagai klub. Giallorossi sudah terlalu lama melewatkan trofi kompetisi Eropa.

Menurut Opta, Roma terakhir kali mencapai final kompetisi Eropa pada musim 1990/1991 silam di ajang UEFA Cup. Artinya, sudah 31 tahun Roma tidak merasakan final kompetisi top.

Kini, Roma berpeluang jadi juara dan Mourinho mungkin bisa mempersembahkan trofi pertamanya untuk Giallorossi.

Sumber: AS Roma, Opta

Disadur dari: Bola.net (Richard Andreas, published 6/5/2022)

Video Populer

Foto Populer