Sukses


5 Tim Ini Menjual Pemain Bintangnya tapi Penggantinya Justru Kacrut: Liverpool, Real Madrid sampai Barcelona Pernah Melakukannya!

Bola.com, Jakarta - Setiap klub pasti ingin mempertahankan pemain terbaiknya. Namun, ada kalanya mereka harus menjual para pemain bintangnya di bursa transfer.

Banyak alasan klub-klub akhirnya harus berpisah dengan para pemain terbaiknya. Biasanya sang pemain ingin hengkang ke klub yang lebih besar.

Alasan lainya karena klub butuh dana yang besar. Karena itu, mereka terpaksa melego pemain bintangnya demi pundi-pundi uang.

Klub bisa mendapatkan keuntungan besar dari penjualan pemain bintangnya. Uang penjualan tersebut pasti akan digunakan untuk mendatangkan pemain pengganti yang dianggap sepadan.

Sayangnya, tidak semua klub bisa beruntung di bursa transfer. Ada kalanya klub bernasib apes karena mengganti pemain bintang mereka dengan pemain yang gagal.

2 dari 6 halaman

Tottenham

Tottenham menjual Gareth Bale ke Real Madrid dengan harga yang mencapai 85,3 juta pounds pada musim panas 2013. Spurs kemudian menggunakan uang penjualan Bale untuk merekrut sejumlah pemain.

Salah satu pemain yang didatangkan Tottenham adalah Erik Lamela. Spurs bahkan memecahkan rekor transfer klub saat mendatangkan pemain asal Argentina tersebut dari AS Roma.

Sama-sama berposisi winger kanan, Lamela dianggap sebagai pengganti langsung Bale. Akan tetapi, Lamela justru sering diganggu cedera selama waktunya bersama Spurs.

3 dari 6 halaman

Aston Villa

Jack Grealish mempunyai peran yang vital di Aston Villa. Namun, tawaran sebesar 100 juta poundsterling dari Manchester City terlalu sulit ditolak.

Leon Bailey kemudian terpilih sebagai pengganti Grealish di Villa Park. Pemain timnas Jamaika tersebut direkrut dari Bayer Leverskusen sebesar 40 juta poundsterling.

Akan tetapi, kehadiran Bailey masih belum mampu mendongrak performa Villa. The Villans sekarang terseok-seok di Premier League dan menghuni posisi ke-11.

4 dari 6 halaman

Real Madrid

Real Madrid berpisah dengan Cristiano Ronaldo pada musim panas 2018. Sang pemain sepakat pindah ke Juventus setelah memenangkan empat trofi Liga Champions di Santiago Bernabeu.

Untuk menggantikan Ronaldo, Real Madrid memulangkan Mariano Diaz yang tampil apik bersama Olympique Lyon. Mariano pun diberi kehormatan untuk mewarisi nomor punggung 7 peninggalan CR7.

Namun, hingga kini Mariano belum mampu menjawab ekspektasi besar yang disematkan padanya. Pemain Republik Dominika jarang terlihat di atas lapangan karena sering mengalami cedera.

5 dari 6 halaman

Barcelona

Barcelona harus kehilangan Neymar pada musim panas 2017. Bintang asal Brasil tersebut memutuskan mengakhiri empat tahun karirnya di Catalan usai PSG menebus klausulnya yang mencapai 222 juta euro.

Usai kepergian Neymar, Barcelona kemudian membeli Ousmane Dembele dari Borussia Dortmund dengan harga yang mencapai 105 juta euro. Pemain Prancis itu diperkirakan akan jadi pengganti yang pas untuk Neymar setelah tampil apik bersama Dortmund.

Namun, karier Dembele di Camp Nou tidak berjalan dengan mulus. Dia lebih sering masuk ruang perawatan karena cedera sehingga kontribusinya untuk Barcelona kurang maksimal.

6 dari 6 halaman

Liverpool

Fernando Torres tampil sangat tajam bersama Liverpool. Hal itu membuat Chelsea memutuskan untuk mengeluarkan banyak uang untuk merekrutnya di pertengahan musim 2010/11.

Untuk menggantikan Torres, Liverpool kemudian merekrut Andy Carroll dari Newcastle. Akan tetapi, penampilan Carroll selama berada di Anfield tidak sesuai harapan.

Liverpool juga memilih pemain yang salah untuk menggantikan Luis Suarez. Mario Balotelli yang direkrut dari AC Milan justru menjadi pembelian gagal The Reds.

Sumber asli: Daily Star 

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, Published 10/05/2022)

Video Populer

Foto Populer