Sukses


AC Milan Butuh Bantuan Cagliari untuk Segel Gelar Juara Liga Italia Akhir Pekan Ini

Bola.com, Jakarta - AC Milan bisa meraih gelar scudetto Serie A musim 2021/2022 akhir pekan ini. Namun, gelar scudetto itu tidak bisa ditentukan hanya dengan hasil yang didapat Rossoneri. Tapi, juga 'bantuan' dari klub lain.

AC Milan saat ini memimpin klasemen Serie A dengan 80 poin dari 36 laga yang dimainkan. Tim racikan Stefano Pioli itu unggul dua poin dari Inter Milan yang berada di bawahnya. Kedua tim hanya punya dua laga tersisa.

Milan terakhir kali scudetto pada musim 2010/2011 lalu. Lebih dari satu dekade berlalu, Rossoneri kini punya peluang besar untuk kembali merayakan gelar juara.

Gelar musim 2021/2022 akan terasa amat manis bagi Milan. Bukan hanya karena sudah lama puasa gelar, tapi Milan juga merebutnya dari sang rival sekota yakni Inter Milan.

Lantas, seperti apa syarat AC Milan bisa merayakan gelar scudetto pekan ini?

 

2 dari 5 halaman

Menang dan 'Bantuan' Cagliari

AC Milan kini berada di puncak klasemen Serie A. Milan unggul dua poin dari Inter Milan dengan dua laga tersisa. Jadi, secara matematis, Rossoneri bisa merayakan gelar juara Serie A akhir pekan ini.

Pada pekan ke-37 ini, Milan akan menjamu Atalanta di San Siro. Sementara, Inter akan menjalani laga tandang ke markas Cagliari.

Milan akan merengkuh scudetto jika mampu menang atas Atalanta. Tapi, itu saja tidak cukup. Milan harus berharap 'bantuan' dari Cagliari untuk menahan imbang atau mengalahkan Inter Milan.

Jika skenario itu terjadi, Milan bakal punya 83 poin. Inter, jika imbang, akan punya 79 poin. Satu laga tersisa dan Inter tidak bisa melewati raihan poin Milan. Sebagai informasi, Cagliari harus menang lawan Inter karena terancam degradasi.

 

3 dari 5 halaman

Bagaimana Jika Imbang atau Kalah?

AC Milan tidak pernah menang ketika berjumpa Atalanta di San Siro pada tujuh laga terakhir. Jadi, duel melawan La Dea tidak akan mudah. Ada potensi Milan gagal mengamankan tiga poin dan meraih scudetto.

Lantas, jika Milan kalah, bagaimana peluang meraih scudetto?

Jika Milan kalah, dan Inter menang, maka Milan akan kehilangan puncak klasemen Serie A. Milan tetap dengan 80 poin dan Inter mendapat 81 poin. Pada laga terakhir, Milan akan berjumpa Sassuolo dan Inter menjamu Sampdoria.

Sementara, jika imbang melawan Atalanta, AC Milan akan mendapat 81 poin. Inter bisa menyamai poin Milan jika menang di kandang Cagliari. Jika poin kedua tim sama, maka Milan akan meraih gelar scudetto.

 

4 dari 5 halaman

Regulasi Jika Poin Sama

Merujuk pada regulasi yang berlaku, ada enam poin yang dipakai untuk menentukan posisi klasemen yakni: poin, head-to-head poin, head-to head selisih gol, selisih gol, jumlah gol dicetak, dan undian.

AC Milan unggul dalam hal head-to-head poin dengan Inter. Sebab, dari dua pertemuan di Serie A musim ini, Milan mampu mengalahkan Inter dengan skor 2-1. Satu laga lain berakhir dengan imbang 1-1. Jadi, jika poin Milan dan Inter sama, Rossoneri akan meraih scudetto.

Sumber: Bola

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, published 14/5/2022)

5 dari 5 halaman

Posisi AC Milan Saat Ini

Video Populer

Foto Populer