Sukses


Statistik Fantastis Robert Lewandowski di Bayern Munchen: Bakal Meninggalkan Lubang Besar jika Hengkang

Bola.com, Jakarta - Striker asal Polandia, Robert Lewandowski, akan meninggalkan Bayern Munchen pada musim panas mendatang. Padahal sejak datang dari Borussia Dortmund pada 2014, Lewandowski menjadi pemain yang benar-benar menjadi andalan di lini serang Tim Bavaria.

Robert Lewandowski direkrut oleh Bayern Munchen dengan status sudah menjadi bintang. Bersama Borussia Dortmund, striker asal Polandia itu menjadi juara Bundesliga dua musim berturut-turut, 2010/2011 dan 2011/2012.

Pada musim terakhirnya sebelum bergabung bersama Bayern Munchen, tepatnya pada musim 2013/2014, Robert Lewandowski menjadi top scorer Bundesliga dengan 20 gol.

Namun, apa daya Borussia Dortmund harus kehilangan striker andalannya itu yang telah menandatangani prakontrak dengan Bayern Munchen sejak November 2013.

Pada 3 Januari 2014, Robert Lewandowski menandatangani kontrak berdurasi lima tahun bersama Bayern Munchen yang dimulai pada musim 2014/2015. Ia diperkenalkan secara resmi sebagai bagian dari Tim Bavaria pada 9 Juli 2014.

2 dari 5 halaman

Prestasi Menggila Bersama Bayern Munchen

Keputusan Robert Lewandowski bergabung bersama Bayern Munchen merupakan hal yang tepat. Pemain asal Polandia itu langsung mengantarkan timnya menjuarai Bundesliga 2014/2015, yang merupakan gelar liga Jerman ketiga dalam karier Lewandowski.

Sejak saat itu, Robert Lewandowski selalu membantu Bayern Munchen mengangkat trofi Bundesliga hingga musim 2021/2022 lalu. Delapan trofi dalam delapan musim diangkat oleh Lewandowski bersama Bayern Munchen yang membuat dominasi mereka tak terbantahkan.

Bahkan enam kali Lewandowski berhasil menjadi top scorer Bundesliga selama membawa Bayern menjadi juara, mulai dari musim 2015/2016 hingga musim lalu 2021/2022. Menariknya, dalam tiga musim terakhirnya bersama Bayern, ia selalu mampu mencetak lebih dari 30 gol di Bundesliga dalam setiap musimnya.

3 dari 5 halaman

Musim Terindah

Musim 2019/2020 menjadi yang terindah bagi Robert Lewandowski di Bayern Munchen. Setelah mengakhiri musim dengan meraih treble winner, yaitu Bundesliga, DFB Pokal, dan Liga Champions, Bayern Munchen juga meraih tiga trofi tambahan, yaitu DFL Supercup, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub.

Sejumlah penghargaan individu pun berhasil diraihnya pada musim tersebut, mulai dari Pemain Terbaik FIFA, Sepatu Emas Piala Dunia Antarklub, Pemain Terbaik Dunia dan Top Scorer Dunia Terbaik versi IFFHS, serta masih banyak penghargaan lainnya.

Dengan begitu banyak prestasi yang diraih oleh Robert Lewandowski, sangat disayangkan penghargaan Ballon d'Or 2020 ditiadakan karena pandemi COVID-19. Padahal bisa dipastikan striker asal Polandia itu sangat layak menerimanya.

Ia kemudian menjadi kandidat Ballon d'Or pada 2021. Namun, ia hanya menempati peringkat runner-up karena kalah 33 suara dari Lionel Messi yang untuk kali ketujuh meraih penghargaan tersebut.

4 dari 5 halaman

Statistik Luar Biasa Robert Lewandowski

Robert Lewandowski berhasil sejajar dengan legenda Bayern Munchen, Gerd Muller, setelah berhasil dua kali meraih Sepatu Emas Eropa. Lewandowski mendapatkan dua penghargaan tersebut setelah mencetak 41 gol pada musim 2021 dan 35 gol pada 2022.

Lewandowski juga menjadi pemain Bayern Munchen yang berada di posisi kedua dalam urusan menjadi top scorer Bundesliga.

Lewandowski enam kali tercatat menjadi top scorer sejak bergabung bersama Bayern Munchen pada 2016. Ia hanya kalah dari Gerd Muller yang tujuh kali menjadi top scorer Bundesliga saat membela Bayern Munchen.

Selain itu, Robert Lewandowski tercatat sebagai pencetak gol terbanyak Bayern Munchen di Liga Champions, yaitu dengan total 69 gol. Ia juga menjadi pemain Bayern Munchen dengan rekor gol terbanyak dalam satu musim Liga Champions, yaitu 15 gol pada musim 2019/2020.

Hingga saat ini, Robert Lewandowski berada di posisi kedua dalam daftar pencetak gol terbanyak sepanjang masa Bayern Munchen dengan total 344 gol, terpaut 219 gol di belakang Gerd Muller yang mencatatkan 563 gol saat aktif bermain pada 1964 hingga 1979.

5 dari 5 halaman

Siapa Bakal Menggantikannya?

Kepergian Robert Lewandowski pada akhir musim ini bakal menciptakan lubang yang sangat besar di lini depan Bayern Munchen. Dengan segala macam prestasi dan jumlah gol yang telah dicetaknya bersama Bayern, sangat sulit bagi Bayern Munchen untuk mencari pemain dengan kualitas serupa dalam waktu dekat.

Pada Bundesliga musim terakhir, 2021/2022, Robert Lewandowski mencatatkan 35 gol dalam 34 pertandingan, di mana ia selalu menjadi starter dan hanya enam kali ditarik keluar di tengah pertandingan. Torehan 35 gol itu luar biasa dan bahkan pencetak gol terbanyak kedua Bayern Munchen, Serge Gnabry, tak bisa mencapai setengah torehan golnya.

Butuh menggabungkan gol Gnabry, Thomas Muller, Leroy Sane, dan Kingsley Coman yang memang secara berurutan menjadi pencetak gol terbanyak berikutnya di Bayern Munchen, untuk bisa menyamai torehan gol Lewandowski pada musim ini.

Bisa dibayangkan ketika empat pemain Bayern Munchen memiliki jumlah gabungan gol yang baru bisa menyamai torehan gol Robert Lewandowski, jelas bukan perkara mudah untuk mencari pengganti pemain berusia 33 tahun itu sebagai mesin gol Bayern Munchen.

Sumber: Dari berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer