Sukses


3 Fakta Menarik Nepal, Tolong Timnas Indonesia Jangan Anggap Remeh!

Bola.com, Jakarta - Fase ketiga babak kualifikasi Piala Asia 2023 tak lama lagi akan digelar. Ajang itu bakal dimulai pada 8 Juni 2022. Timnas Indonesia ada di Grup A pada ajang tersebut.

Skuad Garuda akan bersaing dengan Kuwait, Nepal, dan Yordania. Kuwait akan bertindak sebagai tuan rumah.

Dari empat kontestan di Grup A, Nepal bisa dikatakan sebagai tim yang paling tidak diunggulkan. Mereka ada di ranking FIFA paling rendah.

Yordania kini ada di posisi 91 FIFA. Mereka punya rangking terbaik dibandingkan tiga kontestan yang lain.Kemudian disusul oleh Kuwait yang ada di posisi ke-146. Lalu ada Indonesia di posisi ke-159. Sementara Nepal ada di posisi 168 FIFA.

Meski demikian, Nepal tak bisa diremehkan begitu saja. Mereka bisa saja memberikan kejutan terutama untuk Timnas Indonesia.

2 dari 5 halaman

Ada Rohit Chand

Nepal memang tidak punya industri atau euforia sepak bola layaknya Indonesia. Namun, bukan berarti mereka tidak bisa menghasilkan pemain berkualitas.

Salah satu pemain berkualitas yang dimiliki tetangga Bangladesh itu adalah Rohit Chand. Menariknya, Rohit menghabiskan sebagian besar kariernya di Indonesia.

Sejauh ini sudah ada tiga klub yang pernah diperkuat pemain berjuluk Himalayan Tiger itu, yakni PSIS Pekanbaru, Persija Jakarta, dan Persik Kediri.

Rohit pernah meraih prestasi tertinggi di Indonesia. Membawa Persija juara Liga 1 2018 dan meraih pemain terbaik di musim tersebut.

Di Timnas Nepal, peran Rohit Chand juga cukup sentral. Ia sejauh ini sudah punya 46 caps di Nepal.

3 dari 5 halaman

Tanpa Beban

Nepal bisa dikatakan paling inferior dibandingkan tiga kontestan lain di Kualifikasi Piala Asia 2023. Namun, itu justru bisa menjadi senjata tersendiri bagi mereka.

Tim asuhan Abdullah Al Mutairi bisa tampil tanpa beban. Kondisi itu bisa membuat mereka tampil mengejutkan dan meraih poin di Kuwait nanti.

Selain itu, Nepal juga bakal diperkuat banyak pemain muda. Sebagian besar malah berusia dibawah 23 tahun.

Sebut saja penyerang muda Manis Dangi (20). Ada pula gelandang bertahan Sesahang Angdembe (21) ada pula kiper yang masih berusia 20 tahun, Bishal Sunawar.

4 dari 5 halaman

Karakter Mirip Bangladesh

Timnas Indonesia pernah berhadapan dengan Nepal di sebuah laga uji coba. Namun, itu terjadi cukup lama yakni pada tahun 2014 lalu.

Saat itu laga dilangsungkan di Malang. Indonesia menang 2-0 berkat gol dari Hendro Siswanto dan Samsul Arif.

Namun, Indonesia patut berhati-hati dengan Nepal. Sebab, karakter mereka mirip dengan Bangladesh sebagai tim yang berasal dari Asia Selatan.

Indonesia sendiri gagal mengalahkan Bangladesh saat keduanya bertemu di Kabupaten Bandung belum lama ini.

5 dari 5 halaman

Jadwal Kualifikasi Piala Asia 2023

Kuwait Vs Timnas Indonesia

  • Rabu, 8 Juni 2022
  • Venue: Jaber Al-Ahmad International Stadium
  • Kickoff: 23:15 WIB

Timnas Indonesia Vs Yordania

  • Sabtu, 11 Juni 2022
  • Venue: Jaber Al-Ahmad International Stadium
  • Kickoff: 02:15 WIB

Timnas Indonesia Vs Nepal

  • Selasa, 14 Juni 2022
  • Venue: Jaber Al-Ahmad International Stadium
  • Kickoff: 02:15 WIB

 

Video Populer

Foto Populer