Sukses


Menggila Ceploskan 5 Gol, Lionel Messi Naik ke Peringkat 4 Pencetak Gol Internasional Terbanyak

Bola.com, Jakarta - Lionel Messi membukukan dua rekor fenomenal sekaligus saat menggila dengan memborong lima gol dalam laga persahabatan Timnas Argentina kontra Estonia, Senin (6/7/2022) dini hari WIB. Timnas Argentina mencukur Estonia 5-0. 

Lionel Messi membuka pundi-pundi golnya pada menit kedelapan melalui titik penalti. Dia menggandakan keunggulan Argentina pada pengujung babak pertama, tepatnya menit ke-45. 

Ternyata, pemain PSG itu makin menggila pada babak kedua. La Pulga berhasil melesakkan tiga gol tambahan untuk Argentina, yaitu pada menit 47, 71, dan 76. 

Raihan itu menegaskan performa luar biasa Messi dalam sepekan terakhir. Sebelumnya ia jadi maestro dengan mengkreasi dua dari tiga gol Argentina saat mengalahkan Italia di Finalissima 2022. Kali ini, Messi sendiri mencatatkan namanya di papan skor, langsung memborong lima gol. 

Apa rekor istimewa yang dicatatkan Lionel Messi kali ini? 

 

2 dari 5 halaman

Peringkat 4 Top Scorer di Ajang Internasional

Tambahan lima gol ke jala Estonia membuat Lionel Messi total mengoleksi 82 gol di ajang internasional. Gol sebanyak itu dicetak La Pulga dalam 162 pertandingan bersama Argentina. 

Kini, Messi merangsek ke peringkat empat pencetak gol terbanyak sepanjang masa di level internasional sepak bola pria. Dia menyalip Ferenc Puskas yang mengoleksi 94 gol. 

Messi hanya kalah dari tiga pemain lainnya, yaitu Cristiano Ronaldo (117 gol), Ali Daei (109 gol), dan Mokhtar Dahari (89 gol). 

 

 

3 dari 5 halaman

Samai Rekor di Timnas Argentina

Ini bukan kali pertama Lionel Messi mencetak lima gol dalam satu pertandingan sepanjang kariernya. Sebelumnya, Messi pernah mencatat lima gol juga saat Barcelona membantai Bayer Leverkusen 7-1 pada Maret 2012. 

Seperti dikutip Mirror, Messi juga menyamai performa pencetak gol terbaik Argentina dalam satu laga. Kini, Messi menyamai Manuel Seoane pada 1925 dan Juan Marvezzi pada 1941 dengan menjaringkan lima kali dalam satu pertandingan.

Artinya, Messi menyamai rekor di Timnas Argentina yang sudah bertahan selama 81 tahun. 

 

 

4 dari 5 halaman

Proses Gol-gol Lionel Messi

Gol pertama tercipta ketika pertandingan baru berjalan delapan menit. Messi bertugas sebagai algojo penalti setelah German Pezzella dijatuhkan Igonen di kotak terlarang. Tanpa kesalahan, Messi mengeksekusi penalti dengan sangat baik.

Berbagai peluang diciptakan oleh Argentina selama babak pertama berlangsung. Kebanyakan berasal dari Messi. Namun Argentina beserta sang bintang harus menunggu sampai akhir untuk mendapatkan gol kedua.

Tepatnya pada menit ke-45, Lionel Messi kembali membubuhkan namanya di papan skor. Kali ini ia dibantu oleh Papu Gomez selaku pemberi asis. Messi menerima bola dengan melewati Joaquin Correa yang terjebak offside, dan mengarahkan bola ke pojok tiang gawang.

 

5 dari 5 halaman

Lionel Messi Belum Puas

Dua gol saja tidak membuat Messi puas. Dua menit selang kick-off, ia kembali membuat jala gawang Estonia bergetar. Umpan Nahuel Molina mengarah tepat ke Messi yang sudah menanti di kotak penalti untuk mencetak gol ketiga buat Argentina. 3-0!

Hat-trick telah didapatkan, tapi Messi tak kunjung puas. Gol keempat pun tercipta pada menit ke-71. Prosesnya diawali saat Gomez dijatuhkan, tapi wasit tak menganggapnya pelanggaran. Messi mengambil bola liar dan membawanya sendiri hingga membobol gawang Igonen.

Lima menit berselang, gol kelima tiba. Gol kali ini tercipta dalam situasi kemelut. Nico Gonzales pertama melepaskan tembakan dan dihalau Igonen. Paulo Dybala menyambar bola liar, tapi tembakannya berhasil diblok.

Begitu juga Julian Alvarez. Messi kemudian mengakhiri rangkaian tembakan itu dengan gol kelimanya di laga ini.

Sumber: Squawka, Mirror

 

Video Populer

Foto Populer