Sukses


Presiden Federasi Sepak Bola Kamerun, Samuel Eto'o Dihukum Penjara! Gelapkan Pajak Rp58 Miliar saat Main di Barcelona

Bola.com, Barcelona - Presiden Federasi Sepak Bola Kamerun (CAF), Samuel Eto'o dijatuhi hukuman penjara percobaan selama 22 bulan oleh Pengadilan Ciudad de la Justica di Barcelona, Spanyol, Senin (20/6/2022).

Samuel Eto'o terbukti menggelapkan pajak sebesar 3,2 juta pounds atau setara dengan Rp58,2 miliar ketika masih bermain di Barcelona.

Media Inggris, BBC melaporkan bahwa Samuel Eto'o telah mengakui bersalah atas penggelapan pajak terkait dengan hak citranya di Barcelona.

Samuel Eto'o pernah lima musim beraksi untuk Barcelona pada 2004-2009 dan memenangkan tiga gelar La Liga dan dua trofi Liga Champions.

2 dari 4 halaman

Bayar Utang dan Denda

Pria berusia 41 tahun itu harus kembali membayar uang yang dipinjam plus denda 1,55 juta pounds (Rp28,2 m).

Jaksa menuduh Samuel Eto'o gagal menyatakan pendapatan dari pengalihan hak gambar antara 2006 dan 2009.

Selain Samuel Eto'o, sejumlah figur sepak bola terkenal juga pernah bermasalah dengan penipuan pajak di Spanyol semodel Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, Neymar, hingga Jose Mourinho.

3 dari 4 halaman

Mantan Agennya juga Kena Hukum

Samuel Eto'o datang ke Pengadilan Ciudad de la Justica di Barcelona bersama mantan agennya, Jose Maria Mesalles yang dikenai hukuman percobaan 12 bulan dan denda.

Pengadilan Ciudad de la Justica menganggap Samuel Eto'o mengalihkan hak citranya ke suatu perusahaan yang berbasis di Hongaria, satu di antara negara di Eropa dengan pajak terendah.

4 dari 4 halaman

Komentar Samuel Eto'o

"Saya mengakui fakta dan saya akan membayar apa yang menjadi kewajiban saya," ujar Samuel Eto'o dinukil dari BBC Sport.

"Akan tetapi, ketauhilah bahwa saya masih anak-anak saat itu dan saya selalu melakukan apa yang mantan agen saya minta."

"Mantan agen saya sudah saya anggap seperti ayah, yang meminta saya melakukannya saat itu," tutur pemain terbaik Afrika empat kali ini.

Video Populer

Foto Populer