Sukses


Sadio Mane Bedah Desanya di Senegal: Bangun Stadion, Rumah Sakit, Sekolah, Pom Bensin, Internet 4G, hingga Nafkahi Warga

Bola.com, Dakar - Sadio Mane tidak pernah lupa dengan tanah kelahirannya. Setiap kali pulang kampung, ia selalu mengabdi untuk Desa Bambali.

Desa Bambali berada di Kota Sedhiou, Senegal. Sadio Mane lahir di sana pada 10 April 1992.

Africa Facts Zone mengabarkan sejak menjadi pesepak bola profesional, terutama pemain bintang di Eropa, Sadio Mane telah mendirikan rumah sakit di Bambali senilai 445 ribu pounds atau setara dengan Rp8,1 miliar.

Selain itu, Sadio Mane juga membangun sekolah gratis seharga Rp4,5 miliar di kampung halamannya.

2 dari 5 halaman

Pengabdian Sadio Mane

Bentuk kontribusi Sadio Mane untuk Bambali lainnya adalah menafkahi setiap keluarga 70 euro (Rp1 juta) per bulan, menyediakan jaringan internet 4G, bagi-bagi laptop dan uang 400 USD (Rp5,9 juta) bagi siswa dan siswi berprestasi.

Africa Facts Zone menyebut Desa Bambali berpenduduk 2 ribu orang.

Sadio Mane dikabarkan juga membangun stasiun pengisian bahan bakar (SPBU) dan kantor pos di Desa Bambali.

3 dari 5 halaman

Stadion di Bambali

Terbaru, Dakar 24 SN melaporkan bahwa Sadio Mane berencana untuk mendirikan stadion di Bambali.

Ketika mudik ke Senegal, penyerang Liverpool yang segera bergabung dengan Bayern Munchen ini rutin bermain di lapangan tanah merah di kampungnya bersama warga Bambali.

4 dari 5 halaman

Pernyataan Sadio Mane

"Saya memutar ulang di tanah bersejarah ini dengan senang hati. Saya sangat suka bermain di tengah hujan di Lapangan Bambali," ujar Sadio Mane dinukil dari Dakar 24 SN.

"Mantan rekan tim masa kecil saya meminta kepada saya. Mereka mengatakan bahwa sudah waktunya untuk mengubah ini. Saya bilang, InsyaAllah saya akan memulai pekerjaannya."

"Dalam 5-6 bulan stadion yang dibangun nantinya bakal mempunyai rumput sintetis. Saya berharap mitra saya bisa bergabung dengan saya," jelas Sadio Mane.

5 dari 5 halaman

Kontribusi Sadio Mane

 Sumber: Africa Facts Zone, Dakar 24 SN

  • Sadio Mané adalah pesepak bola profesional Senegal yang bermain di Liga Premier Liverpool dan tim nasional Senegal.
    Sadio Mané adalah pesepak bola profesional Senegal yang bermain di Liga Premier Liverpool dan tim nasional Senegal.
    Sadio Mané adalah pesepak bola profesional Senegal yang bermain di Liga Premier Liverpool dan tim nasional Senegal.

    Sadio Mane

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana

    Liverpool

  • Bola.com

  • SportBites

Video Populer

Foto Populer