Sukses


10 Pembelian Termahal Barcelona dan Bagaimana Nasibnya? Robert Lewandowski Harus Lihat Ini

Bola.com, Jakarta - Nasib 10 pembelian termahal Barcelona. Sang raksasa Catalunya musim panas ini menggebrak dengan memboyong Robert Lewandowski dari Bayern Munchen.

Seperti diberitakan sebelumnya, Barcelona merekrut Lewandowski dari Bayern dengan biaya transfer mencapai 45 juta euro plus biaya tambahan senilai 5 juta euro.

Menariknya, angka tersebut nyatanya tak membuat Lewandowski masuk dalam 10 besar pembelian termahal sepanjang sejarah Barcelona. Lewy hanya menduduki peringkat 11.

Lantas, bagaimana nasib para pemain yang menjadi pembelian termahal Barcelona? Berikut ulasan selengkapnya.

2 dari 11 halaman

Ferran Torres

Barcelona memboyong Ferran Torres dari Manchester City pada akhir Desember 2021 kemarin dengan biaya transfer senilai 55 juta euro.

Dengan usianya yang masih muda, Barca menganggap Torres sebagai aset emas mereka. Barca memasang klausul rilis senilai 1 miliar euro terhadap pemain 22 tahun itu.

Namun, Torres sejauh ini belum mampu menunjukkan performa terbaiknya di skuad asuhan Xavi. Dari 26 laga yang sudah ia lakoni, Torres baru menciptakan tujuh gol.

3 dari 11 halaman

Raphinha

Raphinha dibeli Barcelona dari Leeds United dengan mahar sebesar 58 juta euro dan klausul tambahan hingga mencapai 67 juta euro. Ia akan diikat dengan durasi kontrak selama lima musim hingga 2027 mendatang.

Dalam dua musim merumput bersama Leeds, Raphinha tercatat bermain sebanyak 67 kali dengan menciptakan 17 gol di semua kompetisi.

Menarik dinanti bagaimana kiprah Raphinha bersama tim Barcelona asuhan Xavi di musim 2022/23 ini.

4 dari 11 halaman

Miralem Pjanic

Pjanic bisa dibilang perekrutan gagal Barcelona. Ia direkrut dari Juventus pada 2020 lalu dengan skema tukar pemain yang melibatkan Arthur Melo. Barca menghargai Pjanic senilai 60 juta euro.

Karier Pjanic di Barcelona tak berkembang. Bahkan, sejak Barca dibesut Ronald Koeman, nama gelandang asal Bosnia & Herzegovina itu praktis tersingkir.

Musim lalu Pjanic menjalani masa peminjaman di klub Turki, Besiktas. Hingga kini masa depannya di Barca masih belum menemui kejelasan.

5 dari 11 halaman

Zlatan Ibrahimovic

Barcelona dan Inter Milan sepakat menukar Samuel Eto'o dengan Zlatan Ibrahimovic pada musim panas 2009 silam.

Barca menghargai Ibrahimovic dengan nilai transfer mencapai 69,5 juta euro. Ekspektasi tinggi disematkan Barca kepada bomber asal Swedia tersebut.

Sayang, Ibrahimovic hanya bertahan selama satu musim di Camp Nou karena berselisih dengan Josep Guardiola. Dia akhirnya dipinjamkan dan dipermanenkan oleh AC Milan.

6 dari 11 halaman

Luis Suarez

Performa fantastis yang ditunjukkan Luis Suarez bersama Liverpool sepanjang musim 2013/14 membuat Barcelona berani keluar 81,72 juta euro untuk merekrutnya setelah Piala Dunia 2014.

Barcelona ternyata tidak sia-sia mengeluarkan banyak uang untuk mendatangkan Suarez ke Camp Nou. Selama membela Barca, Suarez tampil sangat tajam di lini depan Blaugrana.

Selama enam musim berseragam Barca, Suarez tercatat bermain sebanyak 283 kali dengan mencetak 198 gol. Ia juga mempersembahkan sederet trofi termasuk satu gelar Liga Champions.

7 dari 11 halaman

Frenkie de Jong

Setelah tampil mengesankan bersama Ajax, Frankie de Jong diboyong oleh Barcelona pada musim panas 2019. Kepindahan De Jong ke Camp Nou memakan biaya sebesar 86 juta euro.

Meski sempat mengalami kesulitan, De Jong kini menjadi andalan di lini tengah Barca. Gelandang berusia 24 tahun tersebut sudah memainkan 140 pertandingan bersama Blaugrana.

Musim panas ini, Barca sejatinya sudah sepakat melepas De Jong ke Manchester United. Namun, gelandang asal Belanda itu ngotot untuk bertahan di Camp Nou.

8 dari 11 halaman

Neymar

Neymar dibeli Barcelona dari klub Brasil Santos pada musim panas 2013. Tak tanggung-tanggung, Blaugrana mengeluarkan 88,2 juta euro untuk mendatangkan sang pemain ke Camp Nou.

Neymar menunjukkan performa yang mengesankan di lini depan Barcelona. Selama empat musim berseragam Barca, pemain berusia 29 tahun ini mampu mencetak 105 gol dan memenangkan sembilan trofi.

Pada 2017 silam, Neymar dan Barca sempat berseteru dan berujung pada kepindahan sang bomber ke PSG dengan biaya fantastis, yakni 222 juta euro.

9 dari 11 halaman

Antoine Griezmann

Antoine Griezmann datang ke Barcelona dari Atletico Madrid pada musim panas 2019. Blaugrana harus menggelontorkan uang sebesar 120 juta euro untuk pemain asal Prancis tersebut.

Sayang, Griezmann tak mampu menunjukkan permainan terbaiknya setelah datang ke Camp Nou. Pada awal musim 2021/22 kemarin, Griezmann akhirnya kembali ke Atletico Madrid dengan status pinjaman.

Atletico bakal wajib mempermanenkan status Griezmann pada 2023 mendatang dengan biaya senilai 40 juta euro.

10 dari 11 halaman

Ousmane Dembele

Ousmane Dembele menunjukkan performa yang menjanjikan bersama Borussia Dortmund. Pemain asal Prancis tersebut akhirnya diboyong ke Barcelona pada musim panas 2017 dengan biaya transfer total yang mencapai 145 juta euro.

Sayangnya, karier Dembele bersama Barcelona kerap diganggu masalah cedera. Di paruh kedua musim lalu, Dembele menjad salah satu pemain kunci kebangkitan Barca.

Setelah serangkaian drama negosiasi, baru-baru ini Barcelona akhirnya resmi memperpanjang kontrak Dembele hingga 2024 mendatang.

11 dari 11 halaman

Philippe Coutinho

Barcelona menggaetnya dari Liverpool dengan biaya total senilai 160 juta euro pada 2018 silam. Coutinho pun menjadi pembelian termahal sepanjang sejarah Barca.

Sayang, performa Coutinho di Barca tak sesuai harapan. Bahkan, pemain asal Brasil tersebut sempat dipinjamkan ke Bayern Munchen pada musim 2019/2020.

Di paruh kedua musim lalu, Coutinho menjalani masa peminjaman di Aston Vila. Musim panas ini, Aston Vila mempermanenkan status Coutinho dengan biaya 'hanya' 20 juta euro.

Sumber: Transfermarkt

Disadur dari: Bola.net (Ari Prayoga, Published 18/07/2022)

Video Populer

Foto Populer