Sukses


Butuh Berapa Musim Lagi buat Lionel Messi Mengangkangi Rekor Cristiano Ronaldo di Liga Champions?

Bola.com, Jakarta - Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi mendekati akhir dari karier panjang dan luar biasa sukses mereka di sepak bola. Di Liga Champions, jika trofi kedua pemain digabungkan maka akan ada sembilan gelar yang terkumpul.

Ketika saatnya tiba untuk gantung sepatu, mereka hampir pasti akan menjadi dua pencetak gol terbanyak dalam sejarah Liga Champions.

Ronaldo saat ini adalah pencetak gol terbanyak sepanjang masa kompetisi sepak bola antarklub Eropa dengan 140 gol dalam kompetisi. Messi berada 15 gol di belakangnya, yakni 125 gol.

Berikutnya ada Robert Lewandowski dan Karim Benzema, keduanya sama-sama mengoleksi 86 gol. Besar kemungkinan suatu hari nanti Erling Haaland dan Kylian Mbappe yang akan melampaui rekor gol Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi di Liga Champions.

2 dari 6 halaman

Katanya, Sih, Tidak Peduli Rekor Individu

Pada 2019, Cristiano Ronaldo pernah mengaku tidak memedulikan rekor gol atau raihan individu.

"Saya tidak terobsesi dengan hadiah individu," kata Ronaldo kepada harian olahraga Portugal, Record pada 2019.

"Yang paling penting adalah memenangkan trofi kolektif dan membantu tim. Sisanya datang secara alami."

"Saya tidak berpikir sepanjang waktu untuk memecahkan rekor. Saya bekerja di atas segalanya untuk membantu klub dan berada di level terbaik saya."

3 dari 6 halaman

Tapi Kok Mau Cabut dari MU? Takut Rekor di Liga Champions Disalip?

Namun, sebuah laporan dari The Athletic mengklaim bahwa Ronaldo telah menegaskan kembali keinginannya untuk meninggalkan Manchester United musim panas ini karena dia sangat ingin tetap berada di Liga Champions.

"Setelah berdiskusi, terasa bahwa tujuan utama Ronaldo yang ingin pergi adalah menghabiskan musim 2022/2023 di klub Liga Champions sehingga dia bisa memperkuat rekor golnya di kompetisi itu," tulis koresponden Laurie Whitwell.

Narasi dari The Athletic bisa disimpulkan bahwa Ronaldo takut rekornya lenyap. Apalagi dengan usia yang menua, ditambah MU tak menjamin apakah musim 2023/2024 bisa kembali ke Liga Champions, dapat dimaklumi kalau ia ngotot pindah klub.

Lionel Messi jadi kandidat terkuat menggeser rekor Ronaldo. Pertanyaannya adalah, berapa lama waktunya? Nah berikut ini ulasan singkatnya:

4 dari 6 halaman

Paling Cepat Dua Musim

Kecil kemungkinan Messi bisa memecahkan rekor Ronaldo musim ini. Musim terbaiknya dalam satu musim kompetisi adalah ketika ia mencetak 50 gol di La Liga dan 73 di semua kompetisi untuk Barcelona pada 2011/2012.

Sebanyak 14 dari 73 gol Messi musim tersebut diperoleh di Liga Champions. Saat itu pula ia menjadi top scorer.

Sejak menembus tim utama Barcelona pada 2005/2006, Messi mencetak rata-rata 7,8 gol Liga Champions per musim. Dengan begitu, secara matematis, Messi akan membutuhkan setidaknya dua musim lagi untuk mencetak 16 gol lebih banyak dan melampaui penghitungan 140 Ronaldo.

5 dari 6 halaman

Performa Lionel Messi di Liga Champions Cenderung Menurun

Di sisi lain, tingkat mencetak gol Messi di Eropa telah menurun dalam beberapa tahun terakhir. Dia hanya mencetak 13 gol Liga Champions dalam tiga musim terakhir. Dengan kata lain, Messi akan membutuhkan setidaknya empat musim lagi untuk melampaui Ronaldo.

Peran Messi di PSG berbeda dengan apa yang biasa kita lihat di Barcelona dan Argentina. Dia sekarang lebih sebagai pelengkap, dengan Kylian Mbappe berada di depan sebagai pencetak gol terbanyak mereka dengan 39 gol di semua kompetisi musim lalu.

Sebaliknya, Messi hanya mencetak enam gol liga dan 11 di semua kompetisi. Itu merupakan pencapaian terendahnya sejak 2005/2006.

6 dari 6 halaman

Itu Juga Kalau Messi Tidak Pensiun

Masih harus dilihat apa yang terjadi di luar musim ini. Messi akan berusia 36 tahun ketika kontraknya saat ini berakhir di PSG musim panas mendatang, dan dia sudah mengajukan pertanyaan tentang masa depannya.

"Setelah Qatar, saya harus menimbang kembali banyak hal," kata Messi soal masa depannya.

Semuanya akan terjawab pada musim ini. Lionel Messi mungkin akan tampil tanpa beban alias legawa ketika mengetahui Cristiano Ronaldo pindah ke klub yang bermain di Liga Champions.

Tapi sebaliknya, jika CR7 menetap di MU, bisa jadi Messi bakal termotivasi untuk mencetak banyak gol di Liga Champions. Menurut sobat Bola.com bagaimana?

Sumber: Berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer