Sukses


5 Bek Kiri Termahal Sepanjang Masa: Ada 2 Pemain Chelsea!

Bola.com, Jakarta - Dalam sepak bola modern, posisi bek kiri menjadi sangat krusial bagi banyak tim. Pemain-pemain yang menempati posisi tersebut dituntut punya kemampuan ekstra yang membuat mereka kerap berperan penting dalam kemenangan timnya.

Bek kiri di dunia sepak bola hari ini punya banyak tuntutan yang harus dilakukan. Mereka harus bisa lebih menekan ke depan, berlari sangat cepat, dan memiliki kemampuan untuk menerima umpan dan mengalirkan umpan selayaknya pemain gelandang.

Satu hal yang mengejutkan, cukup banyak pemain berposisi bek kiri yang mampu menjalankan peran seperti itu. Sebut saja Roberto Carlos yang pernah memperkuat Real Madrid dan Timnas Brasil. Kemudian juga ada Jordi Alba di Barcelona dan Timnas Spanyol.

Pemain dengan kemampuan yang begitu lengkap seperti itu tentu saja harus dihargai dengan nilai yang mahal. Kini seperti dilansir dari Sportskeeda, berikut lima bek kiri termahal di dunia saat ini:

2 dari 6 halaman

5. Nuno Mendes (PSG) - 38 Juta Euro

Setelah cukup dominan di kancah domestik, Paris Saint-Germain (PSG) mencoba untuk bisa mendominasi di Eropa dengan merekrut pemain hebat macam Lionel Messi, Gianluigi Donnarumma, Georginio Wijnaldum, dan Achraf Hakimi. Selain itu, mereka mendatangkan bek kiri Nuno Mendes sebagai pemain pinjaman dari Sporting Lisbon.

PSG gagal mendapatkan tujuan mereka pada musim lalu, tapi sejumlah pemain mampu membuat para penggemar terkesan dengan performa yang mereka perlihatkan. Mendes adalah satu di antara pemain yang sukses mencuri perhatian.

Punya kecepatan yang luar biasa dan kreatif, Mendes mampu melakukan akselerasi di sisi kiri kapanpun kesempatan datang. Ia dengan mudah menyatu dengan rekan-rekan setimnya dan tak ragu untuk membantu serangan.

Tampil impresif selama menjadi pemain pinjaman, dengan mencatatkan dua assist dalam 37 pertandingan di semua kompetisi pada musim lalu, PSG pun mempermanen statusnya. Juara Prancis itu mengaktifkan klausul pembelian senilai 38 juta euro dari kontrak Mendes bersama Sporting Lisbon pada musim panas ini.

3 dari 6 halaman

4. Ferland Mendy (Real Madrid) - 48 Juta Euro

 

Setelah Marcelo memasuki senja kariernya, Real Madrid membuat keputusan besar untuk merekrut bek kiri lain pada musim panas 2019. Ferland Mendy diboyong dari Olympique Lyon, di mana Los Blancos melepaskan 48 juta euro untuk mendapatkannya.

Mendy membawa sesuatu yang berbeda jika dibandingkan dengan Marcelo. Pemain asal Prancis ini bukan pemain yang flamboyan untuk maju ke depan, tapi ia tahu bagaimana memperketat lini bertahan.

Ia mencetak sebuah gol dan memberikan empat assist dalam 25 laga di La Liga Spanyol yang dimainkan Real Madrid untuk menjadi juara pada musim lalu.

Pemain berusia 27 tahun itu juga menjadi instrumen penting di balik sukses Real Madrid pada musi 2021/2022. Mendy mencetak dua gol dan liam assist dalam keberhasilan Real Madrid menjuarai Liga Champions dan La Liga Spanyol.

4 dari 6 halaman

3. Ben Chilwell (Chelsea) - 50,2 Juta Euro

 

Chelsea merekrut Ben Chilwell dari Leicester City pada musim panas 2020 dengan nilai 50,2 juta euro. Jebolan Leicester City itu memang tampil mengesankan di Premier League, dengan mencetak enam gol dalam 27 laga untuk akhirnya diboyong ke Stamford Bridge.

Ben Chilwell bermain dalam 42 laga di semua kompetisi bersama Chelsea pada musim 2020/2021, mencatatkan empat gol dan tujuh assist.

Performa impresifnya di Liga Champions memainkan bagian penting di balik keberhasilan Chelsea meraih trofi juara kompetisi elit Eropa itu.

 

5 dari 6 halaman

2. Benjamin Mendy (Man City) - 57,5 Juta Euro

 

Mengesankan bersama AS Monaco, Manchester City merekrut Benjamin Mendy dengan nilai 57,5 juta euro pada musim panas 2017.

Sempat mengalami cedera, Mendy hanya tampil dalam tujuh pertandingan Premier League pada musim debutnya di Inggris, dengan catatan hanya satu assist.

Cedera dan masalah disiplin membuatnya kesulitan selama tiga musim pertama, hanya bermain dalam 65 pertandingan di semua kompetisi dan mencetak dua gol serta 13 assist.

Pada awal musim 2021/2022, Mendy juga sempat mendapatkan masalah karena dugaan penganiayaan seksual, memaksa klub memutuskan semua hubungan dengannya. Pemain tersebut mengaku tidak bersalah untuk sembilan tuduhan pelecehan seksual yang disangkakan kepadanya.

6 dari 6 halaman

1. Marc Cucurella (Chelsea) - 65,3 Juta Euro

Bergabung bersama Chelsea dari Brighton and Hove Albion, Marc Cucurella dihargai 65,3 juta euro, yang membuatnya menjadi bek kiri paling mahal dalam sejarah sepak bola.

Jebolan dari akademi Barcelona ini mendapatkan debut profesionalnya dengan menghadapi Eibar pada musim 2018/2019. Pemain asal Spanyol itu tampil dalam 31 pertandingan liga dan mencetak satu gol serta dua assist.

Ia kemudian bermain bersama Getafe sebelum akhirnya bergabung bersama Brighton dengan nilai 18 juta euro pada musim panas lalu. Ia hanya menccetak satu gol dan satu assisst dalam debutnya di Premier League.

Namun, ia menjadi pemain yang mengesankan dengan kecepatannya yang luar biasa dan kerja kerasnya yang tidak kenal lelah. Kini ia pun memikul beban sebagai bek kiri termahal sepanjang sejarah yang membuatnya menjadi pemain Chelsea yang cukup disorot pada musim ini.

Sumber: Sportskeeda

Video Populer

Foto Populer