Sukses


5 Klub Eropa yang Paling Cuan dari Penjualan Pemain Sejak 2000: Juventus Juaranya!

Bola.com, Jakarta - Juventus di urutan pertama dalam daftar klub paling cuan dari penjualan pemain.

Bisnis pemain di sepak bola dunia memang sangat menggiurkan. Klub-klub yang memiliki pemain berbakat pun kebanjiran rezeki. Mereka mendapatkan untung yang luar biasa besar dari penjualan pemain.

Klub-klub ini seringkali bukan bagian dari klub-klub elite macam Real Madrid, Manchester United, atau PSG dan Manchester City yang bergelimang harta.

Umumnya, mereka justru menjadi pembeli. Sebaliknya, mereka cenderung beroperasi dengan membeli dan menjual tinggi atau berhasil mencari bakat lebih awal sambil mengembangkan pemain mereka sendiri.

Selain Juventus, siapa lagi yang paling cuan dari penjualan pemain sejak 2000 menurut Sportskeeda?

2 dari 6 halaman

Juventus

Juventus duduk di urutan teratas. Bianconeri menghasilkan 1,579 juta euro dari penjualan pemain.

Paul Pogba, yang baru-baru ini kembali bergabung gratisan, adalah penjualan paling cuan dalam sejarah Juve. Juve mendapatkan Pogba dari Manchester United pada 2012 secara gratis. Juve lalu menjual Pogba ke MU 105 juta euro pada 2016.

Zinedine Zidane di urutan kedua dalam daftar. Juve menjual Zidane 77,5 juta euroke Real Madrid pada tahun 2001.

Kemudian Matthijs de Ligt, yang bergabung dengan Bayern Munich dengan harga 67 juta euro pada musim panas 2022.

3 dari 6 halaman

Benfica

Benfica adalah gudang calon pemain mahal. Juara Portugal 37 kali itu menghasilkan 1,408 juta euro dari penjualan pemain sejak tahun 2000. Ini menjadi bukti kemampuan mereka untuk memelihara talenta yang menonjol dan kemudian menjualnya dengan harga yang tepat.

Siapa saja produk Benfica?

Joao Felix dijual€ 127,2 juta euro ke Atletico Madrid pada 2019. Kemudian Darwin yang bergabung dengan Liverpool dengan biaya75 juta euro musim panas 2022.

Benfica mendapat 68 juta euro dari penjualan Ruben Dias ke Manchester City pada tahun 2020.

4 dari 6 halaman

Porto

 

FC Porto tidak pernah malu menjual bintang terbesar mereka dengan harga yang tepat. Strategi penjualan mereka telah memberi keuntungan 1,355 juta euro.

Eder Militao, yang bergabung dengan Real Madrid dengan biaya 50 juta europada 2019, adalah rekor penjualan terbesar Porto.

Luis Diaz, yang gabung Liverpool pada Januari 2022 dengan harga 47,5 juta euro berada di urutan kedua.

Mantan bek Manchester City, Eliaquim Mangala menempati posisi ketiga, ia dijual ke dengan 45 juta euro pada tahun 2014.

5 dari 6 halaman

Chelsea

Meski terhitung klub yang boros dalam membeli pemain, Chelsea ternyata cuan juga. Mereka mendapat 1350 juta euro dari penjualan pemain.

Chelsea, yang memiliki dua trofi Liga Champions dan enam gelar liga Inggris, mendapat jackpot ketika mereka menjual Eden Hazard ke Real Madrid pada 2019.

Pemain Belgia itu pergi dengan harga 115 juta euro, menjadikannya rekor penjualan termahal The Blues.

Diego Costa bergabung dengan Atletico Madrid dengan biaya 60 juta euro pada tahun 2017.

Tempat ketiga dihuni oleh Oscar, yang anehnya bergabung dengan Shanghai SIPG seharga 60 juta euro pada tahun 2016, ketika dia baru berusia 25 tahun.

6 dari 6 halaman

Real Madrid

 

Los blancos telah memperoleh 1,345 juta euri dari penjualan pemain sejak pergantian abad. Cristiano Ronaldo, yang pergi setelah sembilan musim di klub, telah menjadi penghasil uang terbesar mereka sejauh ini, dengan dia dijual ke Juventus 117,5 juta euro pada 2018.

Juara Eropa 14 kali dan juara La Liga 35 kali selalu memiliki kecenderungan untuk merekrut pemain terbesar. Sebagian besar dana berasal dari penjualan pemain.

Berkat skuat Los Blancos yang brilian secara historis, sangat sedikit bintang akademi yang berhasil menjadi tua di klub. Pemain yang lebih tua juga dijual ketika tawaran yang menggiurkan datang. 

Sumber: Sportskeeda

Video Populer

Foto Populer