Sukses


Pesona Asia di Pentas Piala Dunia: Baru Korea Selatan yang Fenonemal, Itu Pun Jadi Tuan Rumah

Bola.com, Jakarta - Piala Dunia 2022 Qatar tak lama lagi akan bergulir.

Jika tak ada halangan, pesta bola terakbar empat tahunan akan dimulai pada 21 November mendatang. Dari 32 peserta, enam di antaranya adalah wakil Asia. Keenamnya adalah Jepang, Korea Selatan, Iran, Arab Saudi, Australia, serta tuan rumah Qatar.

Korea Selatan masih menjadi negara Asia satu-satunya yang mampu melangkah hingga ke semifinal. Itu tersuguh di Piala Dunia 2002, kala Korea Selatan bersama Jepang didapuk sebagai tuan rumah.

Sukses Taegeuk Warriors menyentuh babak bergengsi tentunya menjadi pemantik semangat bagi negara Asia lainnya guna memahat pencapaian yang sama. Selain itu, Asia juga jadi kian diperhitungkan oleh kontestan dari benua lainnya.

2 dari 5 halaman

Ledakan Korea Selatan Edisi 2002

Keterlibatan Asia di Piala Dunia FIFA dimulai dengan awal yang tidak menguntungkan pada tahun 1938, ketika Hindia Belanda, perwakilan pertama, dihantam 6-0 oleh Hongaria dan langsung tersingkir dalam satu laga.

Asia menunggu sekian purnama untuk kembali unjuk gigi. Korea Selatan pun mewujudkannya di Piala Dunia 2002. Negeri Ginseng benar-benar memanfaatkan kepercayaan FIFA dengan sangat baik.

Dukungan penuh pendukung setia serta sentuhan magis pelatih asal Belanda, Guus Hiddink, Taeguk Warriors tampil memesona dari fase grup hingga babak gugur.

Sebelum dihentikan Jerman di semifinal, Korea Selatan mempermalukan dua raksasa Eropa yakni Spanyol dan Italia.

3 dari 5 halaman

Tetangga Tak Mau Kalah

Di edisi 2010, Korea juga cemerlang. Meski tak seindah 2002, Korea Selatan mampu melwati fase grup dan mengamankan satu tempat di babak 16 besar. Di laga terakhir, mereka kalah 1-2 dari Uruguay.

Negara Asia lainnya yang juga pernah jadi sorotan adalah Korea Utara. Negara komunis itu ambil bagian di Piala Dunia 1966 Inggris. Laga paling berkesan kala mereka mengalahkan tim kuat Italia 1-0 di fase grup. Kemenangan tersebut sekaligus membawa Korea Utara ke babak 16 besar. Sayang, Korea Utara menyerah 3-5 saat bersua Portugal asuhan Eusebio.

4 dari 5 halaman

Jepang

Jepang tak mau ketinggalan. Samurai Biru lolos ke babak 16 besar pada 2002, 2010, dan 2018. Seperti halnya Korea Selatan, Jepang tak menyia-nyiakan statusnya sebagai tuan rumah Piala Dunia 2002. Itulah kali pertama mampu menyentuh babak fase gugur.

Bagaimana dengan negara Asia lainnya? Pada Piala Dunia 1994, Arab Saudi mengalahkan Maroko dan Belgia untuk menorehkan sejarah. Jika saja tak dikalahkan Swedia di babak 16 besar, Arab Saudi tentunya bisa lebih jauh lagi melangkah.

5 dari 5 halaman

Australia

Australia, yang lolos ke Piala Dunia 2006 sebagai bagian dari konfederasi Oseania sebelum beralih ke Asia, tampil mengesankan. Dilatih Guus Hiddink, Socceroos lolos ke babak 16 besar setelah di fase grup bersaing dengan Jepang, Kroasia, serta tim tangguh Brasil.

Kita berharap, di Piala Dunia 2022 Qatar, wakil Asia bisa menorehkan pencapaian terbaik dari pencapaian sebelumnya. Apa kabar, PSSI? Kapan Indonesia tampil di Piala Dunia?

Video Populer

Foto Populer