Sukses


Daftar Lengkap Kandidat Ballon d'Or 2022 dan Favorit Juaranya: Messi Bye Bye, Ronaldo B Aja, Giliran Karim Benzema?

Bola.com, Jakarta - France Football merilis daftar 30 besar pemain calon peraih Ballon d'Or 2022. Lionel Messi tak ada dalam daftar kandidat peraih penghargaan tersebut.

Ballon d'Or edisi ke-66 tahun ini rencananya bakal dilangsungkan lebih awal dari jadwal biasanya. Ajang malam penghargaan akan dilangsungkan di bulan Oktober, sebelum Piala Dunia 2022.

Ballon d'Or adalah trofi individu paling bergengsi di level dunia. Penghargaan ini diberikan untuk pemain dengan performa terbaik sepanjang musim 2021/22.

Penilaian tersebut mengalami sedikit perubahan. Sebelumnya, performa pemain dinilai sepanjang tahun kalender, kini dinilai berdasarkan musim sebelumnya.

2 dari 5 halaman

Daftar Kandidat

Cara kerja pemilihan juara Ballon d'Or sama seperti tahun-tahun sebelumnya, dimulai dari daftar panjang dan terus mengerucut hingga tiga besar. 

Berikut daftar 30 kandidat: 

Thibaut Courtois (Real Madird)

Mohamed Salah (Liverpool)

Rafael Leao (AC Milan)

Christopher Nkunku (RB Leipzig)

Joshua Kimmich (Bayern Munich)

Trent Alexander-Arnold (Liverpool)

Vinicius Jr (Real Madrid)

Bernardo Silva (Manchester City)

Luis Diaz (Liverpool)

Robert Lewandowski (Barcelona)

Riyad Mahrez (Manchester City)

Casemiro (Real Madrid)

Heung-Min Son (Tottenham)

Fabinho (Liverpool)

Karim Benzema (Real Madrid)

Mike Maignan (AC Milan)

Harry Kane (Tottenham)

Darwin Nunez (Liverpool)

Phil Foden (Manchester City)

Sadio Mane (Bayern Munich)

Sebastien Haller (Borussia Dortmund)

Luka Modric (Real Madrid)

Antonio Rudiger (Real Madrid)

Cristiano Ronaldo (Manchester United)

Kevin de Bruyne (Manchester City)

Dusan Vlahovic (Juventus)

Virgil van Dijk (Liverpool)

Joao Cancelo (Manchester City)

Erling Haaland (Manchester City)

Kylian Mbappe (PSG)

 

Menariknya, tidak ada nama Lionel Messi dan Neymar dalam daftar tersebut. Pertama kalinya sejak tahun 2005, Messi gagal menembus 30 besar calon peraih Ballon d'Or.

3 dari 5 halaman

Kans Karim Benzema

Untuk edisi tahun ini, nama Karim Benzema terus disebut sebagai favorit juara. Striker Prancis itu menjalani musim yang luar biasa bersama Real Madrid.

Benzema membantu Los Blancos menjuarai La Liga dan Liga Champions 2021/22. Performa dan gol-golnya krusial untuk Los Blancos, kepemimpinannya juga penting.

Tentu ada kandidat-kandidat lain yang peru diperhatikan selain Benzema. Kali ini, Sadio Mane, Mohamed Salah, dan Robert Lewandowski juga jadi favorit.

 

4 dari 5 halaman

Kapan Diumunkan

Seremoni Ballon d'Or 2022 bakal dilangsungkan di Theatre du Chatelet, Paris, 17 Oktober 2022. Belum ada keterangan pasti mengenai jam seremoni dimulai. Tentu bukan hanya juara Ballon d'Or yang menarik diperhatikan.

France Football juga menerapkan kategori-kategori lain, seperti Kopa Trophy (pemain terbaik U-21) dan Yashin Trophy (kiper terbaik). Pada edisi 2021, Messi meraih Ballon d'Or, Pedri meraih Kopa Trophy, dan Gianluigi Donnarumma meraih Yashin Trophy. Sumber: France Football

Sumber: France Football, Express

Disadur dari: Bola.net (Richard Andreas, 13/8/2022)

5 dari 5 halaman

Rekor Ronaldo

Sementara itu, Cristiano Ronaldo telah berhasil mempertahankan rekornya yang luar biasa, yakni masuk daftar kandidat Ballon d'Or setiap musim sejak 2004.

Itu berarti dia sekarang telah masuk daftar pendek Ballon d'Or 19 tahun berturut-turut. 

Di urutan kedua ada Lionel Messi yang masuk daftar 30 besar 15 kali, lalu Paolo Maldini (13), Johan Cruyff dan Franz Beckenbauer (12)

Video Populer

Foto Populer